
Salam
bonojoker wrote:Begitu ya Om...![]()
Untuk mengecilkan RPM, gear pinion nya harus lebih banyak kah
misalnya dari 11 di naik kan menjadi 13
kemudian untuk celah antara pinion dan gear berapaan ya Om ?
lebih rapet atau renggang
ideal ny brp![]()
jika diperlakukan untuk heli 450
KBSantoso wrote:Saya juga mau jongkok di samping Om Iwan dah....
Newbie lagi belajar heli nih....
Nah suhu dari Kudus sudah memberi wejangan....
panjitohaga wrote:Heli nya apa om?
Biasanya buat nambah jam terbang (flight time) yang disesuaikan itu pemilihan headspeed dan berat helinya tersebut, dasarnya kalo headspeed nya tinggi heli jadi lebih aggresif dan responsif tapi kekurangannya tentu lebih membutuhkan energy yg lebih besar jadinya battery lebih boros.
Headspeed yg rendah butuh energy yg lebih kecil dan lebih hemat battery tapi kekurangannya daya angkat dan respon heli tidak secepat HS tinggi. Supaya mendapatkan hasil yang efficient dan optimal, setidaknya kombinasi motor dan pinion nya harus disesuaikan dengan headspeed yg dimau.
Kebetulan saya senang utak atik headspeed dan berat di heli saya - salah satunya heli kelas 550/600 di set di 3 headspeed yg berbeda:
1600 rpm = 8 - 9 menit terbang
1850 rpm = 6 - 7 menit terbang
2250 rpm = 5 menit terbang
dan tentunya tergantung gaya terbang/manuver yg dilakukan dan seperti yg om sahid bilang di atas celah kerenggangan pinion + main gear di optimalkan (kekencangan belt untuk tail drive juga - kalo pakai)
panjitohaga wrote:
dengan motor dan nilai throttle yg sama, kalo pinion lebih besar berarti RPM lebih tinggi. Nurunin RPM kan bisa dari setingan throttle, jadi banyak orang yg pengen low headspeed (tanpa governor) dengan ngeset nilai throttle yg rendah tapi nilai throttle yg rendah malah bisa ngga efficient karena bisa menyebabkan ESC dan motor gampang panas.
Motor dan ESC biasanya lebih efficient di angka mendekati 100% throttle, coba kita ambil contoh heli kelas 450 kaya punya om bonojoker, untuk mendapatkan headspeed sekitar 3000rpm:
battery 3s + motor 3700kv + main gear 150 + pinion 11t = angka throttle diset disekitar 95%
battery 3s + motor 3700kv + main gear 150 + pinion 14t = angka throttle diset disekitar 74%
(biar gampang pakai HS calculator di http://www.readyheli.com/headspeed-calculator.html)
kalo saya cara ngeset celah pinion + main gear (gear mesh): ketika pinion sudah di tempelkan ke main gear, putar main gear nya sampai nemu posisi gigi main gear yg paling rapat dengan pinion ini dilakukan karena biasanya main gear tidak 100% sempurna bundar jadi setiap posisi bisa berbeda kerapatannya .
Posisi ini dijadikan referensi (tandain pakai spidol) dan diposisi itu di set celahnya dengan merubah posisi pinion/motor sampai cuma ada sedikit sekali celah (di tes dgn di pegang motornya trus putar main gear nya ke depan belakang).
Beberapa orang ada yg pakai secarik kertas trus di masukin di antara celahnya itu untuk ngecek segimana rapat/renggang celahnya - untuk ini bisa coba cari di youtube karena biasanya lebih jelas kalo dilihat langsung om.
semoga membantu om dan silahkan di koreksi
andryan pratama wrote:KBSantoso wrote:Saya juga mau jongkok di samping Om Iwan dah....
Newbie lagi belajar heli nih....
Nah suhu dari Kudus sudah memberi wejangan....
ikutan nangkring juga aahhh
Maria Nindhya wrote:andryan pratama wrote:KBSantoso wrote:Saya juga mau jongkok di samping Om Iwan dah....
Newbie lagi belajar heli nih....
Nah suhu dari Kudus sudah memberi wejangan....
ikutan nangkring juga aahhh
ikut nangkring juga sambil menyimak.. eh, ada gorengan.. mau ?.. he.. he.. he..
anelah wrote:
maksudku...
putaran motor berbanding dengan throttle, sesuai throttle curvenya. kalau rpmnya sudah tinggi (artinya boros di lipo) tapi sudut pitch belum tepat, sesuai pitch curve, heli tidak akan naik bukan. pitch curve mengikuti manual. nah kalau rpm nya sudah tinggi (dari suaranya lho, nggak pakai alat ukur) dan pitch masih dibawah 0deg, suaranya melengking (boros di lipo kan?) gimana cara settingnya.