bisa ngirit lipo ?

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

bisa ngirit lipo ?

Post by anelah »

Bagaimana setting throttle dan pitch curve pada tx, normal flight agar bisa ngirit lipo? :)
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by toto »

Halo bang kakak anelah, kalau menurut saya ya soal bagaimana mengirit lipo salah satu nya lebih dominan ke gaya terbang sang pilot nya deh selain dari type pesawat, wing loading dan masih ada unsur lainnya jadi soal settingan remote saya belum nemu nih hubungannya ..... Sekali lagi ini menurut saya loh ya dan untuk ini saya juga masih menunggu fatwa dari para suhu2 lainnya ...... :ktk





Salam
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by iwan21 »

kalo liat setting nya throttle dan pitch curve , hely ya?, wah nunggu master suhu hely aja deh.
.
.
..
ikut mojok jongkok bareng waksuhu Toto
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 614
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by doditsky »

Pakde Anelah...betul sekali yang disampaikan Master Toto.....kalo kita sering menaikkan turunkan stik trottle secara tiba2 apalagi sampai maximal dalam waktu lama akan mempercepat lipo habis...mungkin banyak faktor juga....kalo pitch dan trott mungkin ini di hely ya pakde....hely patroli sama hover menurut saya lebih cepat habis batt kalo hanya hover apalagi dinaik turunkan cepat...hahaha palagi buat jumpalitan....seting hely yang anteng dan hanya buat patroli akan lebih hemat dari pada 3D ...seting pas biar hely nggak angguk2 atau seanteng mungkin bagi saya sangat membantu hemat batt...hehehehe karena belum bisa 3D Pakde...

salam
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1444
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by KBSantoso »

Saya juga mau jongkok di samping Om Iwan dah....
Newbie lagi belajar heli nih....

Nah suhu dari Kudus sudah memberi wejangan.... :hre
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by Budiman »

Intinya, jangan terlalu kelamaan hover jika ingin irit power..
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2003
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by sahid »

anelah wrote:Bagaimana setting throttle dan pitch curve pada tx, normal flight agar bisa ngirit lipo? :)


ketika heli sudah bisa hover dengan tenang itu menandakan daya angkat sdh optimum..., disitu sebenarnya perbandingan besarnya pitch dan "bukaan" thortle sdh harmonis....tapi tetap saja pasti susah ya menghemat batt di heli...
entar dikecilin"bukaan tortle" heli jadi manggut-manggut... :hmm

coba pak lakukan ini...-.blade yg dipakai seringan mungkin dan presisi (balanced) selalu carbon blade, lumasi gear dg silicon grease, atur celah kerenggangan antara pinion gear dg main gear, kalo tail drive nya msh menggunakan belt atur kekencanganya

pertanyaan singgkat...susah menjawabnya :hi3
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by anelah »

(iya ini untuk heli)

ikut nongkrong juga dipojokan sambil menunggu jawaban suhu2 yang lainnya hehehehe...

maksudku...

putaran motor berbanding dengan throttle, sesuai throttle curvenya. kalau rpmnya sudah tinggi (artinya boros di lipo) tapi sudut pitch belum tepat, sesuai pitch curve, heli tidak akan naik bukan. pitch curve mengikuti manual. nah kalau rpm nya sudah tinggi (dari suaranya lho, nggak pakai alat ukur) dan pitch masih dibawah 0deg, suaranya melengking (boros di lipo kan?) gimana cara settingnya. :ktk
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by panjitohaga »

Heli nya apa om?

Biasanya buat nambah jam terbang (flight time) yang disesuaikan itu pemilihan headspeed dan berat helinya tersebut, dasarnya kalo headspeed nya tinggi heli jadi lebih aggresif dan responsif tapi kekurangannya tentu lebih membutuhkan energy yg lebih besar jadinya battery lebih boros.

Headspeed yg rendah butuh energy yg lebih kecil dan lebih hemat battery tapi kekurangannya daya angkat dan respon heli tidak secepat HS tinggi. Supaya mendapatkan hasil yang efficient dan optimal, setidaknya kombinasi motor dan pinion nya harus disesuaikan dengan headspeed yg dimau.

Kebetulan saya senang utak atik headspeed dan berat di heli saya - salah satunya heli kelas 550/600 di set di 3 headspeed yg berbeda:

1600 rpm = 8 - 9 menit terbang
1850 rpm = 6 - 7 menit terbang
2250 rpm = 5 menit terbang

dan tentunya tergantung gaya terbang/manuver yg dilakukan dan seperti yg om sahid bilang di atas celah kerenggangan pinion + main gear di optimalkan (kekencangan belt untuk tail drive juga - kalo pakai)
User avatar
bonojoker
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 130
Joined: 23 Nov 2011, 10:49
Location: Pekanbaru
Contact:

Re: bisa ngirit lipo ?

Post by bonojoker »

panjitohaga wrote:Heli nya apa om?

Biasanya buat nambah jam terbang (flight time) yang disesuaikan itu pemilihan headspeed dan berat helinya tersebut, dasarnya kalo headspeed nya tinggi heli jadi lebih aggresif dan responsif tapi kekurangannya tentu lebih membutuhkan energy yg lebih besar jadinya battery lebih boros.

Headspeed yg rendah butuh energy yg lebih kecil dan lebih hemat battery tapi kekurangannya daya angkat dan respon heli tidak secepat HS tinggi. Supaya mendapatkan hasil yang efficient dan optimal, setidaknya kombinasi motor dan pinion nya harus disesuaikan dengan headspeed yg dimau.

Kebetulan saya senang utak atik headspeed dan berat di heli saya - salah satunya heli kelas 550/600 di set di 3 headspeed yg berbeda:

1600 rpm = 8 - 9 menit terbang
1850 rpm = 6 - 7 menit terbang
2250 rpm = 5 menit terbang

dan tentunya tergantung gaya terbang/manuver yg dilakukan dan seperti yg om sahid bilang di atas celah kerenggangan pinion + main gear di optimalkan (kekencangan belt untuk tail drive juga - kalo pakai)


Begitu ya Om... :kgt
Untuk mengecilkan RPM, gear pinion nya harus lebih banyak kah
misalnya dari 11 di naik kan menjadi 13
kemudian untuk celah antara pinion dan gear berapaan ya Om ?
lebih rapet atau renggang
ideal ny brp :?

jika diperlakukan untuk heli 450
Post Reply