Boeing 737-300 Air Asia

Diskusi ttg pesawat sipil / airliners dalam dan luar negeri

Moderators: NF, stefendy

Post Reply
User avatar
fikri
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 18 Jun 2007, 15:24
Location: Manado
Contact:

Post by fikri »

Hati2 om-om..menurut safety regulation dilarang menyalakan perangkat elektronik pada saat pesawat akan take off dan akan landing :)

kalau perangkat radio malah dilarang dinyalakan mulai kita naik ke pesawat..pengen tracking pake Gps?? ..dititipin ma pilotnya aja..biasanya mereka mau kok..dah pernah coba tapi untuk penerbangan perintis..ga tau yah kalo penerbangan regular mau apa ga? :)
User avatar
wawan
Posts: 6
Joined: 06 Sep 2007, 23:28
Location: Palangkaraya
Contact:

Post by wawan »

waahh... ternyata mas ini termasuk pakar penerbangan juga ya..
User avatar
fikri
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 18 Jun 2007, 15:24
Location: Manado
Contact:

Post by fikri »

nggak om..cuman hobby aja kok..
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

GPS setau saya ga bermasalah koq untuk dinyalakan dalam dunia penerbangan. atau yang saya tau itu ngawur ya? mohon koreksi nya ya.
User avatar
bayukaze
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 179
Joined: 03 Jul 2007, 16:43
Location: semarang for a moment
Contact:

Post by bayukaze »

fotonya flap bagus, gak goyang (pantas namanya mr.blitz)
saya kalu cek-in sengaja minta kursi yang dekat jendela, trus agak keblkg biar bisa lihat awan&sayap. tapi tidak berani mau njepret gambar apalagi wkt takeoff/landg. eman2 naik pesawat kok pada tidur.
ask:
1.cerobong engine yang njeplak itu untuk mengerem laju pesawat saat landing gear sudah nyentuh tanah kan?
2.kenapa durasi landing lebih lama dari take off? biasanya kalau boeing sekelas domestik antara (30-40dtk), landing lebih lama.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

@bayukaze,
1. yup. buat menghentikan laju pesawat dengan memanfaatkan thrust reversal. kalau mau jujur sih, efek dari thrust reversal ini hanya sekitar 15 - 20 % aja. bahkan ada pesawat jet yang tidak mengadopsi sistem thrust reversal, contohnya, Fokker F-28 Fellowship.

2. landing kan bebannya besar dan kecepatannya tinggi. pesawat tidak bisa langsung di rem seperti motor, karena suhu breaknya bisa melonjak drastis yang berakibat meledaknya landing gear. pesawat (misal 767 nih) waktu landing beratnya antara 136-146ton dan larinya kira2 270km/h direm+reverse sampai 20km/h dalam waktu gak sampai semenit dgn rem yg kalo diperhatiin kaya'nya kekecilan buat ukurannya jadi kerjanya jelas sangat berat.
User avatar
wawan
Posts: 6
Joined: 06 Sep 2007, 23:28
Location: Palangkaraya
Contact:

Post by wawan »

Makanya kalau pesawat udah mau landing apalagi kondisi runway tidak terlalu panjang pengereman pesawat sangat kritis. diperlukan kemahiran yang bagus buat pilotnya. Bahkan sampe ujung runway saja mesin dipaksa untuk reverse sehingga suara hampir nggak ada bedanya take-off sama landing.
Kalau ditempatku ujung runway sebelah utara udah menghadap jurang (dibawahnya perkampungan penduduk) jadi kalau kelewatan dari landasan nggak bisa dibayangin deh...
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

hehehe.....gak nakut nakutin.......,saya kalo naik pesawat selalu minta jatah kursi paling belakang.......,biasa krn menurut data, yg belakang banyak yg selamet....
User avatar
wawan
Posts: 6
Joined: 06 Sep 2007, 23:28
Location: Palangkaraya
Contact:

Post by wawan »

Kalau ntar banyak milih tempat duduk dibelakang jadi rebutan dong... kelas VIP nggak lagi ditaruh paling depan alias dipindah kebelakang semua. Bahkan cockpit pilot pada pingin pindah kebelakang. Jadi yang depan akan diambil alih untuk bagasi.
User avatar
fikri
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 18 Jun 2007, 15:24
Location: Manado
Contact:

Post by fikri »

flytosky wrote:GPS setau saya ga bermasalah koq untuk dinyalakan dalam dunia penerbangan. atau yang saya tau itu ngawur ya? mohon koreksi nya ya.


aku juga ga tahu om..hehehehe...tapi susah dapet satelitnya kali om kalo didalam pesawat yah...mohon koreksinya juga.. :)

naek pesawat sekarang kan banyak pantangannya om..hehehehe
Post Reply