Boeing 737-300 Air Asia

Diskusi ttg pesawat sipil / airliners dalam dan luar negeri

Moderators: NF, stefendy

Post Reply
User avatar
blitsz
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 62
Joined: 24 Jan 2007, 20:22
Location: Banyuwangi
Contact:

Boeing 737-300 Air Asia

Post by blitsz »

sengaja cari tempat duduk di belakang sayap.... penasaran sama apa yang terjadi dengan sayap 737-300 pas mau landing :)

sekitar 2 menit sebelum mendarat...



Image


di atas hanggar Merpati Juanda...


Image


landing....

Image


kok ada bagian sayap yg turun dan naik yah... ada yg bisa kasih penjelasan? :-k
User avatar
tomee
Airman
Airman
Posts: 40
Joined: 23 Jan 2007, 16:40
Location: jakarta
Contact:

Post by tomee »

teorinya sih...
yang turun buat descent, yang naik buat ngerem alias fungsi flap...

mohon koreksi kalo salah...
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

yg bawah itu menahan
biar nga stall yah ??

atau yg airbrake menahan pesawat ke bawah
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

yang turun kebawah itu, namanya flaps. biasa kalau take off, itu hanya keluar dikit (sekitar 5 - 15 derajat), kalau landing bisa sekitar 20 - 45 derajat (umumnya sih full flaps alias 45 derajat). fungsinya untuk menambah gaya angkat pada kecepatan rendah. jadi, walaupun pesawat udah pada kecepatan rendah (150 - 120 kias), pesawat tetap bisa glide, padahal kalau tanpa flaps, pesawatnya udah stall dari kapan kapan coba.

untuk jenis jenis flaps dan fungsinya, bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Flap_%28aircraft%29

trus yang naik keatas itu namanya spoiler. kalau di udara, fungsinya sebagai airbrake yang gunanya untuk mengurangi kecepatan atau ketinggian. nah, spoiler ini biasanya berfungsi untuk landing. biasanya sebelum landing, spoiler di arm, agar begitu roda menyentuh landasan, itu spoiler (kalau landing lebih umum disebut sebagai lift dumper) langsung aktif, berfungsi untuk menghancurkan aliran udara agar pesawat tidak airborne lagi.

http://en.wikipedia.org/wiki/Spoiler_%28aeronautics%29

ada satu lagi yang unik kalau naik Boeing 737-200. karena dia pake engine JT8D classic, jadi reverser akan mengembang seperti ember pecah seperti pic dibawah ini
Image
Image
fungsinya untuk menahan semburan mesin jet, sehingga semburan nya jadi membalik kearah depan yang mana sedikit banyak membantu mengurangi kecepatan pesawat. reverser ini hanya bisa aktif waktu didaratan, tapi tidak diudara.

kenapa di Boeing 737 seri selain 300 ga ada reverser seperti di 737-200? ada, tapi bentuknya lain karena mesin yang digunakan bukan JT8D (the most expensive carosene stove in the world, kata temen gw), tapi udah make CFM56 ( http://en.wikipedia.org/wiki/CFM_International_CFM56 ). kalau JT8D bentuk thrust reversernya mengembang ke atas dan bawah, kalau CFM56 dan mesin mesin terbaru sekarang udah menganut sistem sliding ke belakang.

mudah mudahan membantu.
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 730
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

penjelasannya lengkap sekali van.. jangan2 irvan ini pilot benaran yang dah pensiun dan beralih ke RC nih. btw untuk spoiler saya rasa masih belum ada yang coba di RC plane ya..
User avatar
blitsz
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 62
Joined: 24 Jan 2007, 20:22
Location: Banyuwangi
Contact:

Post by blitsz »

=D> =D>

hebat si Irvan euy....

cerita (dongeng) dan narasinya selalu komplit =P~

@ravenchan: sepertinya emang belum ada yg coba pake spoiler.. boros di servo kali... :)
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

aeromodeler kalo jadi penumpang pesawat terbang..........ya begitulah,.....apa yang ada di plototin sampe puas....(except miss stewardesnya)...
kadang merhati'in wing dan engine...kadang malah bawa gps pribadi buat track tujuan......
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

hihihi..........aku pernah tuh liat yg mesin nya gitu

sampe bingung dikira mesinnya jebol hahah!!
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Sayap depanpun juga ikut nunduk kebawah pada saat mau landing sehingga profil sayapnya menyerupai sayap glider agar daya angkatnya bertambah. Itulah geniusnya perancang pesawat yang berkecepatan tinggi pada saat menjelajah tetapi terbang slow pada saat mau mendarat dengan tanpa stol.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

ohya, flaps dibagian sayap depan itu namanya Slats. fungsinya untuk meningkatkan AoA (Angel of Attack / sudut serang ) pesawat pada kecepatan rendah. biasanya digunakan untuk bermanuver pada kecepatan rendah atau untuk landing.
Image

koreksi sedikit pak Ja'i, bukan stol tapi stall. stol itu berarti Short Take-off / Landing. sedangkan stall berarti kehilangan gaya angkat karena kecepatan pesawat yang terlalu rendah (maaf, bukan bermaksud menggurui lho pak. tapi sering kita salah tulis istilah dalam dunia penerbangan yang kadang bisa bermaksud lain)

@Ravenchan, spoiler udah ada yang menerapkan di aeromodelling koq. waktu sy liat di video Joe Nall 2005, pada pake spoiler, terutama untuk pesawat pesawat yang kecepatannya sangat tinggi seperti turbine.

@NF, wakkakaka...tau aja sy ga pernah pelototin cabin crew nya? hahaha...lebih merdu suara JT8D daripada sapaan cabin crew. hahahaha...teman saya pernah tuh bawa GPS buat tracking, bahkan waypointnya pun udah sama persis. bahkan ada yang lebih gila lagi, bawa laptop, main flight simulator sesuai airport departure - airport destination. hasilnya sama persis waktunya. wakakakaka....

kalau pada jeli, di aeromodelling udah ada yang menerapkan thrust reverser lho. itu pesawat 4D yang pake Variable Pitch Props, fungsinya sama dengan thrust reverser.
Post Reply