Page 2 of 8
Posted: 10 Sep 2007, 11:04
by fikri
Hati2 om-om..menurut safety regulation dilarang menyalakan perangkat elektronik pada saat pesawat akan take off dan akan landing
kalau perangkat radio malah dilarang dinyalakan mulai kita naik ke pesawat..pengen tracking pake Gps?? ..dititipin ma pilotnya aja..biasanya mereka mau kok..dah pernah coba tapi untuk penerbangan perintis..ga tau yah kalo penerbangan regular mau apa ga?

Posted: 10 Sep 2007, 11:08
by wawan
waahh... ternyata mas ini termasuk pakar penerbangan juga ya..
Posted: 10 Sep 2007, 11:58
by fikri
nggak om..cuman hobby aja kok..
Posted: 10 Sep 2007, 15:16
by flytosky
GPS setau saya ga bermasalah koq untuk dinyalakan dalam dunia penerbangan. atau yang saya tau itu ngawur ya? mohon koreksi nya ya.
Posted: 10 Sep 2007, 16:20
by bayukaze
fotonya flap bagus, gak goyang (pantas namanya mr.blitz)
saya kalu cek-in sengaja minta kursi yang dekat jendela, trus agak keblkg biar bisa lihat awan&sayap. tapi tidak berani mau njepret gambar apalagi wkt takeoff/landg. eman2 naik pesawat kok pada tidur.
ask:
1.cerobong engine yang njeplak itu untuk mengerem laju pesawat saat landing gear sudah nyentuh tanah kan?
2.kenapa durasi landing lebih lama dari take off? biasanya kalau boeing sekelas domestik antara (30-40dtk), landing lebih lama.
Posted: 10 Sep 2007, 17:49
by flytosky
@bayukaze,
1. yup. buat menghentikan laju pesawat dengan memanfaatkan thrust reversal. kalau mau jujur sih, efek dari thrust reversal ini hanya sekitar 15 - 20 % aja. bahkan ada pesawat jet yang tidak mengadopsi sistem thrust reversal, contohnya, Fokker F-28 Fellowship.
2. landing kan bebannya besar dan kecepatannya tinggi. pesawat tidak bisa langsung di rem seperti motor, karena suhu breaknya bisa melonjak drastis yang berakibat meledaknya landing gear. pesawat (misal 767 nih) waktu landing beratnya antara 136-146ton dan larinya kira2 270km/h direm+reverse sampai 20km/h dalam waktu gak sampai semenit dgn rem yg kalo diperhatiin kaya'nya kekecilan buat ukurannya jadi kerjanya jelas sangat berat.
Posted: 10 Sep 2007, 18:22
by wawan
Makanya kalau pesawat udah mau landing apalagi kondisi runway tidak terlalu panjang pengereman pesawat sangat kritis. diperlukan kemahiran yang bagus buat pilotnya. Bahkan sampe ujung runway saja mesin dipaksa untuk reverse sehingga suara hampir nggak ada bedanya take-off sama landing.
Kalau ditempatku ujung runway sebelah utara udah menghadap jurang (dibawahnya perkampungan penduduk) jadi kalau kelewatan dari landasan nggak bisa dibayangin deh...
Posted: 10 Sep 2007, 18:38
by NF
hehehe.....gak nakut nakutin.......,saya kalo naik pesawat selalu minta jatah kursi paling belakang.......,biasa krn menurut data, yg belakang banyak yg selamet....
Posted: 10 Sep 2007, 19:05
by wawan
Kalau ntar banyak milih tempat duduk dibelakang jadi rebutan dong... kelas VIP nggak lagi ditaruh paling depan alias dipindah kebelakang semua. Bahkan cockpit pilot pada pingin pindah kebelakang. Jadi yang depan akan diambil alih untuk bagasi.
Posted: 10 Sep 2007, 20:36
by fikri
flytosky wrote:GPS setau saya ga bermasalah koq untuk dinyalakan dalam dunia penerbangan. atau yang saya tau itu ngawur ya? mohon koreksi nya ya.
aku juga ga tahu om..hehehehe...tapi susah dapet satelitnya kali om kalo didalam pesawat yah...mohon koreksinya juga..
naek pesawat sekarang kan banyak pantangannya om..hehehehe