Cara Ngitung Wing Load..

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
joko
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 783
Joined: 24 Jan 2007, 12:52
Location: Depok

Post by joko »

Master Darwin,...

selama 2 hari ini saya dihantui pikiran yang berkecamuk di benak saya,...
kok sepertinya simple sekali, metoda penghitungan wing loading yang Master kemukakan,...

Sejauh ini yang saya tau,..wing loading yang saya kenal mempunyai satuan Ounce/sq.feet (sq=kuadrat atau pangkat 2),...dan untuk pswt trainer/elektrik itu mempunyai WL tidak lebih dari 10 ounce/ sq. feet.

Jadi, dg paparan master Darwin dg hasil satuannya gram /sq.dm,...apakah sama dg hasil ounce/sq. feet ?.... yuk, kita coba!

Diketahui :
WS: 100 cm
chord: 20 cm
Berat : 400 gram


Konversikan cm2 ke sq.feet
yang saya tau 1 cm2 = 0,155 sq.In
dan 1 sq.In = 1/144 sq.feet

Jadi dg luas 2000 cm2 dikonversikan ke sq.In = 2000 x 0,155
= 310 sq. in.

310 sq. in. dikonversikan ke sq. feet = 310/144
= 2.15 sq. feet

Berat 400 dikonversikan ke ounce adalah:

1 gr =0.0353 ounce

jadi 400 gr = 400 x 0,0353 ounce
= 14.12 ounce

Wing loading = 14,12 ounce/ 2,15 sq. feet
= 6,56 ounce/sq.feet

Begitu master Darwin, perhitungan wing loading menurut saya......
Mohon koreksi kalau ada kesalahan formula, nilai konversi,. atau perhitungan kalkulasi....
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Thanks suhu joko .
Karena di Indonesia ini kita menerapkan sistem metrik ( warisan dari Belanda ) , maka satuan yang dipakai adalah gram dan desimeter . Sistem satuan yang dikemukan pak Joko umumnya diterapkan di Amerika dan Inggris .
Sama sama boleh dipakai pak , itu masalah preference saja .
User avatar
ajo.naim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 100
Joined: 07 Mar 2007, 13:58
Location: Palembang / Pekanbaru
Contact:

Post by ajo.naim »

Perhitungan om WR = gram/ dm2
Perhitungan om Joko = ounce/sq.feet

kedua perhitungan diatas dalam satuan : massa/luas permukaan
Untuk detail satuan tergantung kebiasaan pakai yang mana, USA biasa pakai satuan US, mis. inchi, ounce, ponds dll, negara2 asia dan kebanyakan eropa biasa pakai satuan Metric/ISO mis. meter, gram dsb
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 808
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

klo sy suka pake ini http://sky.prohosting.com/air2/cg_calc.htm
sambil cari posisi CG, bisa sekalian ngitung wing loading dlm gr/dm² ato dlm oz/sq.ft
User avatar
han_solo
trainee
trainee
Posts: 16
Joined: 02 Dec 2008, 11:10
Location: tanjung barat, Jakarta

Re: Cara Ngitung Wing Load..

Post by han_solo »

terus gunanaya yang banyak rumus diatas itu untuk apasih suhu ?? maklum saya orang laut yang mencoba terbang, heheheheh...... please terangin ajah yah
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cara Ngitung Wing Load..

Post by iwan21 »

han_solo wrote:terus gunanaya yang banyak rumus diatas itu untuk apasih suhu ?? maklum saya orang laut yang mencoba terbang, heheheheh...... please terangin ajah yah


sederhananya gini om, waktu terbang kan beban berat pesawat cuman di tanggung sama sayapnya yg luasnya terbatas
maka supaya entu pesawat bisa ngapung mestinya bebana yg ditanggung sayap tentu juga dibatasin, artinya disini adalah massa per satuan luasnya ( dalam aeromodelling kita ngitungnya dg gr/dm2, saya gak pake oz/sqr ft karena males konversinya)
oleh karena itu perlu banget diperhatiken faktor wingload tsb jangan sampe entu pesawat jadi kayak batu.
yg saya inget patokannya gini ( untuk elektrik ya,tolong dikoreksi kalo salah..kalo utk kelas engine saya kurang tau) :
1. mikro flyer : 5 s/d 10 gr/dm2
2. glider : 10 s/d 15 gr/dm2
3.Slow flyer : 15 s/d 25 gr/dm2
4. sport : 25 s/d 30 gr/dm2
User avatar
NGL
Airman
Airman
Posts: 25
Joined: 23 Jan 2007, 13:30
Location: Cimahi

Re: Cara Ngitung Wing Load..

Post by NGL »

Saya hanya nambahin untuk meluruskan persepsi dan istilah saja.
Semua yang dibahas diatas adalah betul "wingloading", yaitu berat pesawat dibagi luas (sayap). Artinya, berapa beban yang harus dibawa persatuan luas sayap; atau berapa gaya angkat yang harus dihasilkan persatuan luas sayap agar pesawat bisa terbang datar. Seperti yang diuraikan om Iwan memang betul. Biasanya kisaran harga wingloading ini juga berkaitan dengan kecepatan beroperasinya pesawat. Semakin besar wingloading, berarti pesawat harus terbang lebih cepat.

Kalau "Wingload" terminologinya berbeda lagi. Ini terminologi dalam membicarakan kekuatan struktur sayap. Wingload berbeda-beda tergantung kondisi terbang (berat, kecepatan, AOA, manuver, flap, dll). Kalau wingloading hanya kondisi terbang level, tetapi wingload mencakup semua kondisi terbang dan sayap harus kuat menahan beban tersebut.
Semoga tidak membingungkan.

Salam,
NGL
Post Reply