Page 2 of 4
Re: servo rudder panas
Posted: 28 May 2010, 12:24
by Syafik
pastinya ada masalah dengan servo atau gyro, coba dicek salah satu... pergerakan horn mulus atau seret, kalau memang mulus perlu ngetes dg servo lain.. kalau servo lainnya sama panas pasti gyronya yg bermasalah, tapi diganti servo dan tidak panas/normal artinya servonya minta ganti...
Re: servo rudder panas
Posted: 28 May 2010, 13:29
by sahid
cengwahyuni wrote:
......... siap crash br sy cek servo ruddernya,ternyata terbang 1 tenki sudah panas.
Linkage sampai tail unit aman.
Tailboom lurus dan aman
aman nya gmn oom? kelihatan g' berubah...masih lurus....? coba tail slidernya.....bengkok dikit aja menyebabkan gerakan slider seret....yg akibatnya ditanggung oleh swervo rudder.....kalo emg semua beres....barangkali waktu crash....pushroad binding ke salah satu arah dg berlebihan yg lagi-lagi ini ditanggung oleh servo rudder.....

Re: servo rudder panas
Posted: 29 May 2010, 00:12
by Budiman
cengwahyuni wrote:Budiman wrote:Alo Uda cengwahyuni,
salam kenal..saya coba bantu ya...servo rudder Anda panas pasca heli crashed,pd hal sebelumnya tidak..ato kah memang servo rudder sudah menunjukkan indikasi panas sebelumnya?
Servo rudder pd kondisi normal selalu bergerak cepat, krn memang dirancang sbg hi speed servo, ini dikarenakan servo mendapat signal dr gyro secara terus-menerus. Oleh karena itu.servo rudder biasanya telah disesuaikan dg kecepatan signal Gyro sbg mitra kerjanya..misalkan..Gyro Futaba 401 selalu dipasangkan dg servo Futaba 9254 ato 9257..dsb,..jika 401 dipasangkan dg servo jenis yg lain bahkan sama merk tapi berbeda serialnya..maka servo akan mengalami over heated, krn tidak mampu menerima kecepatan signal dr Gyro 401.
Pada beberapa kasus, spt pada heli T-Rex 450 EP, dg gyro 4901 dan 9254 sbg servo ruddernya, ada indikasi 9254 mengalami sedikit kenaikan pd suhunya, biasanya diredam dg semacam power regulator yg dipasangkan pd line signal gyro menuju ke servo.
Yang saya belum jelas di sini adalah..Gyro dan servo rudder apa yg Anda gunakan saat ini?..krn spesifikasi keduanya harus cocok utk aplikasi rudder control pada heli..
Anda menggunakan Heli T-Rex 600 yg seri apa?..Sport, Nitro Pro, Nitro Super Pro ,LE?...
Kemudian..jika heli saat sebelum jatuh bagaimana kerja Gyro dan servo rudder?...apakah servo mengalami kepanasan?...jika tidak, maka Gyro dan servo rudder memang pd kondisi dan spesifikasi yg tepat.
Lalu..setelah heli jatuh, Anda mengungkapkan servo rudder mengalami kepanasan...bisa jadi ada mechanical linkages mengalami kegagalan,Pak...ato shaft tail rotor heli Anda bengkok....hal2 yg demikian akan mengakibatkan kerja dr servo rudder menjadi terhambat dan mengalami kepanasan juga..
Saran saya..silahkan Anda periksa kembali antara lain sbb:
1. posisi servo rudder jika Anda memasang servo rudder pd tail boom..berubah ato masi sama?
2. mechanical linkage dr servo rudder hingga pada rudder control pd tail unit...bengkok ato lurus?
3.tail boom..masi lurus ato tidak?
4.rudder control system..termasuk slidder pd tail rotor shaft..lalu tail pitch control system..pokoknya pd tail rotor..apakah mengalami hambatan ato tidak dlm pergerakannya?...
5.spt yg telah saya sebutkan tadi..tail rotor shaft...bengkok ato tidak?..
6.bagaimana kondisi gyro Anda?...apakah gyro mengalami impact?..
7.bagaimana kondisi dr servo rudder Anda?...apakah mengalami gangguan bila servo dilepas dr linkage yg menuju ke tail unit?...ato masi tetap normal?..
8.Setelah heli crashed dan diperbaiki..apakah Anda sudah menemukan titik netral yg sama pd tail shaft,sama spt heli sebelumnya?
Mungkin beberapa hal diatas bisa memberikan petunjuk bagi Anda...Saya persilahkan untuk mencoba dan bertanya bila ada yg dirasakan kurang jelas..jangan menyerah dulu dg heli Anda,Pak..

Btw, terbang di Bukittinggi enak juga ne...adem sekali buat engine..hehehehe...saya dulu perna iseng2 terbang di kampus UNAND ..jadi terkenang masa lalu..

)
salam,
Budiman
salam kenal juga om budiman,sebelum crash heli terbangnya sangat nyaman.sebelum crash belum pernah sy cek servonya.sy pakai trex 600LE dengan gyro GP750+DS620. siap crash br sy cek servo ruddernya,ternyata terbang 1 tenki sudah panas.
Linkage sampai tail unit aman.
Tailboom lurus dan aman
Ok Uda..saya baru ngintip struktur dari T-Rex 600 LE..rancak bana ..
Tail rotor assembly pun sampe di upgrade dg part metal...sangat elok...namun sebenarnya upgrading ini kalo menurut saya, malah tidak bagus...
Kita abaikan dulu Gyro dan servo rudder Anda..krn pengalaman yg sudah2. kedua part ini sebenarnya jarang sekali utk rusak setelah heli crashed...asalkan heli tidak crashed di sungai, kali ato got..
Berbagi pengalaman saja dg Anda dan rekan2 yg lain...saya memiliki T-Rex 600 NP, yg telah saya up grade semua partnya dg metal..mulai Rotor head Assy sampe dg Tail Rotor Assy..khusus utk tail rotor assy yg orisinil sebelumnya adalah plastik. Suatu hari heli saya ini jatuh...hingga tail rotor assy metal ini pun juga patah sekrupnya..
setelah itu saya temukan juga, pada bagian slider pd tail rotor shaft bengkok...sehingga fungsi rudder control pun gagal.Dari sini saya mengambil kesimpulan bahwa tail assy berbahan plastik orisinilnya justru masi memberikan kelembaman yg efektif, saat bagian heli mengalami impact dg benda apapun.
Coba sekali lagi, Anda periksa lagi gerak slider pd tail shaft rotor heli Anda..apakah terasa smooth ato kah agak seret?...cara periksanya dg digerakkan tangan , bukan dg servo rudder Anda..jika terasa smooth dan lancar, maka servo seharusnya akan bekerja lebih santai...Perlu diingat servo rudder adalah jenis servo dg Hi speed,pada umumnya...Torque dr servo rudder justru tidak dihiraukan..System kendali pada rudder hanya membutuhkan kecepatan, bukan torque...
Kemudian cek lagi tail rotor shaft..apakah masi lurus??...dicek dg cara diputar pake tangan juga...main blade digerakkan tanpa engine menyala...
Mudah2an bisa membantu Anda..silahkan kembali bertanya ya..dan jangan lupa dipostingkan hasil investigasi Anda
Selamat mencoba, Uda
Salam,
Budiman
Re: servo rudder panas
Posted: 01 Jun 2010, 19:17
by cengwahyuni
saya cek di heli semuanya saya rasa aman.waktu masih pakai ds 620 ngak pernah saya cek,pas ds 620 jebol saya pakai ds610,pas saya cek ternyata panasnya minta ampun.apa ada settingan yang salah ya om?
Re: servo rudder panas
Posted: 01 Jun 2010, 22:29
by Budiman
Pak,
Jika Anda merasa semua mekanikal pd linkage dr servo rudder ke rudder Assy, ok...maksud saya dg Ok ini adalah..semua mekanikal terasa lancar jika digerakkan dg tangan, artinya linkage dilepas semua dr servo..krn jujur saya masi kurang paham dg istilah "aman" ini...krn saya rasa,namanya "aman"..mungkin secara visual semuanya OK, namun bagaimana pergerakan secara mekanisnya??...semua nampak lurus dan aman, namun belum tentu semua pergerakkan lancar juga..perlu di tes dg digerakkan scr manual, yaitu dg tangan..tanpa elektronis.Heli memerlukan kepresisian di semua bagiannya
Servo jebol, pada umumnya krn ada hambatan secara mekanis, servo rudder hanya menghasilkan speed, bukan torque...jika secara mekanis, servo terhambat..ya tidaklah heran jika servo panas dan jebol..
Servo rudder juga bisa mengalami panas, dikarenakan servo tidak mampu menerima kecepatan signal dr Gyro.Oleh karena itu servo rudder dipilih bukan dr spesifikasi sembarangan saja..misalkan, semua servo digital yg hi speed bisa digunakan utk aplikasi servo rudder...ini kurang tepat..
Servo DS 610 idealnya hanya digunakan utk fungsi cyclic, bukan rudder...krn DS610 adalah kelas servo Hi Speed Hi Torque, saya rasa DS 620 adalah kurang lebih sama dg DS 610, namun sepanjang yg saya tau DS 620 juga utk aplikasi dlm fungsi cyclic utk T-Rex 700..dan juga bukan utk rudder.
Contoh gampangnya, coba Anda ganti servo steering Revo 3.3 dg DS 610...saya bisa prediksikan akan jebol juga..krn impact yg besar selama Revo Anda berjalan,meskipun telah dilengkapi dg servo saver..jadi singkat kata ada salah aplikasi di sini..krn steering servo pd R/C Car off road 1/8 size, rata2 memerlukan servo Hi Torque saja...lebi besar torquenya dr pd DS 610..
Jika Heli Anda sebelum jatuh, terbang OK...seharusnya tidak ada yg salah secara setting elektronis, spt gyro,asalkan semua sett.point nya tidak di-utak-atik lagi....Bagaimana dg kondisi Gyro Anda?...apakah pecah?...
Saya kira GP 750 justru berpasangan dg servo rudder DS650, bukan DS620 atopun DS610...karena DS 650 mampu menerima kecepatan signal sebsar 1520 micro second dr GP 750. Apakah DS620 dan DS610 disebutkan berkemampuan yg sama dg DS650?????...ini yg perlu kita perhatikan.
salam,
Budiman
Re: servo rudder panas
Posted: 02 Jun 2010, 08:23
by sahid
Mas Ceng Wahyuni....sekali lagi kata
AMAN....ini seyogyanya di luruskan...spt yg kami maksud di atas ataupun yg di maksud Udha Budhiman....
AMAN sama dengan
1. tidak ada binding baik di tail slider maupun pushroad....ini bisa di cek dg melepas ball link dan gerakan dg tangan tail slider maupun pushroadnya.
2. shaft tail slider tidak bengkok...cirinya seret jika kita gerakkan mekanikal tail slider tsb.
3. shaft tail blade holder, ini jg g' kelihatan secara fisik...kalo g' diperiksa
4.Baut2 yg menghubungkan tail blade holder dg mekanisme gerak tail slider....
Jika semua memang sudah AMAN....
1. DS 610 kecepatan signalnya sama standar di 1520 mu s (ms) jadi masih bisa dipakai tanpa merubah setting di gyro yg membedakan hanya torsi dan speednya....sedangkan ds 650 mampu menerima signal 760 ms , spt yg udha Budiman bilang....ini sangat rekomended utk dipasangkan dg gp 750 krn speednya lbih kuennnnceng....
2. saya pernah memasangkan GP 750 dg. Ds 620,610,650.....seyogyanya dg yg tengah g' usah walaupun kalo sekedar terbang patroli dan 3d ringan masih bisa....
3. Apa ada kemungkinan salah setting gyro ini hanya sampeyan yg tau....jangan2 tertekan/ terseting di 760 ms....yang pastinya ds 610 atw ds 620 tdk mampu utk menghendle signal tsb...
kira2 itu pengalaman sy dg ketiga servo align dan gyro nya maaf kalo ada yg salah....mohon suhu - suhu gaero turun gunung membantu

Re: servo rudder panas
Posted: 02 Jun 2010, 09:12
by Budiman
sahid wrote:Mas Ceng Wahyuni....sekali lagi kata
AMAN....ini seyogyanya di luruskan...spt yg kami maksud di atas ataupun yg di maksud Udha Budhiman....
AMAN sama dengan
1. tidak ada binding baik di tail slider maupun pushroad....ini bisa di cek dg melepas ball link dan gerakan dg tangan tail slider maupun pushroadnya.
2. shaft tail slider tidak bengkok...cirinya seret jika kita gerakkan mekanikal tail slider tsb.
3. shaft tail blade holder, ini jg g' kelihatan secara fisik...kalo g' diperiksa
4.Baut2 yg menghubungkan tail blade holder dg mekanisme gerak tail slider....
Jika semua memang sudah AMAN....
1. DS 610 kecepatan signalnya sama standar di 1520 mu s (ms) jadi masih bisa dipakai tanpa merubah setting di gyro yg membedakan hanya torsi dan speednya....sedangkan ds 650 mampu menerima signal 760 ms , spt yg udha Budiman bilang....ini sangat rekomended utk dipasangkan dg gp 750 krn speednya lbih kuennnnceng....
2. saya pernah memasangkan GP 750 dg. Ds 620,610,650.....seyogyanya dg yg tengah g' usah walaupun kalo sekedar terbang patroli dan 3d ringan masih bisa....
3. Apa ada kemungkinan salah setting gyro ini hanya sampeyan yg tau....jangan2 tertekan/ terseting di 760 ms....yang pastinya ds 610 atw ds 620 tdk mampu utk menghendle signal tsb...
kira2 itu pengalaman sy dg ketiga servo align dan gyro nya maaf kalo ada yg salah....mohon suhu - suhu gaero turun gunung membantu

Informasi yg sangat menarik,Pak Dhe....terimakasih ...
salam,
Budiman
Re: servo rudder panas
Posted: 02 Jun 2010, 20:17
by cengwahyuni
wah bagusnya heli langsung disetting sama suhu nya nih,
biar ngak tambah parah.
kapan ya om sahid n om budiman?
Re: servo rudder panas
Posted: 03 Jun 2010, 03:33
by Budiman
cengwahyuni wrote:wah bagusnya heli langsung disetting sama suhu nya nih,
biar ngak tambah parah.
kapan ya om sahid n om budiman?
Saya bukan suhu,Mas...saya juga masi belajar...Kalo mau, silahkan aja dikirim ke tempat saya heli nya..saya bantuin cek ntar..hehehehehe..
salam,
Budiman
Re: servo rudder panas
Posted: 17 Jun 2010, 09:02
by sahid
cengwahyuni wrote:wah bagusnya heli langsung disetting sama suhu nya nih,
biar ngak tambah parah.
kapan ya om sahid n om budiman?
gmn masalahnya Bang apa sdh terpecahkan?....kalo ada waktu silahkan dibawa ke pku kita latihan bersama....
