servo rudder panas

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

cengwahyuni
trainee
trainee
Posts: 20
Joined: 24 Feb 2010, 09:17
Location: bukittinggi

servo rudder panas

Post by cengwahyuni »

salam kenal para suhu2 master2 sekalian.mau nanya nih.aku unya trex 600 dan remot dx 7.yang mau saya tanyakan :kenapa servo rudder cepat panas,baru terbang satu tengki panasnya mintak ampun,sampai2 ndak sanggup memegang servonya.biasanya saya pakai terbang sampai 4 kali isi fuel ngak masalah(engin matinya pas pengisian bbm aja).heli pernah 1x jatuh,semenjak jatuh timbullah masalah ini,kalau servo sudah panas,heli sepertinya ngak ngelock(suka mutar kiri dan kanan)
inilah penyebabnya saya mulai bosan sama heli dan berencana mau menjualnya.
mohon bagi rekan2 yang bisa membantu untuk kasih saran dan petunjuknya,apa penyebabnya dan bagaimana menanggulangi nya?
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: servo rudder panas

Post by Budiman »

Alo Uda cengwahyuni,
salam kenal..saya coba bantu ya...servo rudder Anda panas pasca heli crashed,pd hal sebelumnya tidak..ato kah memang servo rudder sudah menunjukkan indikasi panas sebelumnya?

Servo rudder pd kondisi normal selalu bergerak cepat, krn memang dirancang sbg hi speed servo, ini dikarenakan servo mendapat signal dr gyro secara terus-menerus. Oleh karena itu.servo rudder biasanya telah disesuaikan dg kecepatan signal Gyro sbg mitra kerjanya..misalkan..Gyro Futaba 401 selalu dipasangkan dg servo Futaba 9254 ato 9257..dsb,..jika 401 dipasangkan dg servo jenis yg lain bahkan sama merk tapi berbeda serialnya..maka servo akan mengalami over heated, krn tidak mampu menerima kecepatan signal dr Gyro 401.
Pada beberapa kasus, spt pada heli T-Rex 450 EP, dg gyro 4901 dan 9254 sbg servo ruddernya, ada indikasi 9254 mengalami sedikit kenaikan pd suhunya, biasanya diredam dg semacam power regulator yg dipasangkan pd line signal gyro menuju ke servo.

Yang saya belum jelas di sini adalah..Gyro dan servo rudder apa yg Anda gunakan saat ini?..krn spesifikasi keduanya harus cocok utk aplikasi rudder control pada heli..
Anda menggunakan Heli T-Rex 600 yg seri apa?..Sport, Nitro Pro, Nitro Super Pro ,LE?...
Kemudian..jika heli saat sebelum jatuh bagaimana kerja Gyro dan servo rudder?...apakah servo mengalami kepanasan?...jika tidak, maka Gyro dan servo rudder memang pd kondisi dan spesifikasi yg tepat.
Lalu..setelah heli jatuh, Anda mengungkapkan servo rudder mengalami kepanasan...bisa jadi ada mechanical linkages mengalami kegagalan,Pak...ato shaft tail rotor heli Anda bengkok....hal2 yg demikian akan mengakibatkan kerja dr servo rudder menjadi terhambat dan mengalami kepanasan juga..
Saran saya..silahkan Anda periksa kembali antara lain sbb:
1. posisi servo rudder jika Anda memasang servo rudder pd tail boom..berubah ato masi sama?
2. mechanical linkage dr servo rudder hingga pada rudder control pd tail unit...bengkok ato lurus?
3.tail boom..masi lurus ato tidak?
4.rudder control system..termasuk slidder pd tail rotor shaft..lalu tail pitch control system..pokoknya pd tail rotor..apakah mengalami hambatan ato tidak dlm pergerakannya?...
5.spt yg telah saya sebutkan tadi..tail rotor shaft...bengkok ato tidak?..
6.bagaimana kondisi gyro Anda?...apakah gyro mengalami impact?..
7.bagaimana kondisi dr servo rudder Anda?...apakah mengalami gangguan bila servo dilepas dr linkage yg menuju ke tail unit?...ato masi tetap normal?..
8.Setelah heli crashed dan diperbaiki..apakah Anda sudah menemukan titik netral yg sama pd tail shaft,sama spt heli sebelumnya?


Mungkin beberapa hal diatas bisa memberikan petunjuk bagi Anda...Saya persilahkan untuk mencoba dan bertanya bila ada yg dirasakan kurang jelas..jangan menyerah dulu dg heli Anda,Pak..:)
Btw, terbang di Bukittinggi enak juga ne...adem sekali buat engine..hehehehe...saya dulu perna iseng2 terbang di kampus UNAND ..jadi terkenang masa lalu..:))

salam,
Budiman
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: servo rudder panas

Post by sahid »

wah ada Kang Mas Ceng wahyuni dan Udha Budiman....ojo cepet nyerah mas Ceng...main Heli itu uenak tenan loh....g; usah di jual tapi kita janjian mau mabur bareng :bow: :bow: :bow:

Itu LE 600 nya disayang aja yah....sedikit saran saya utk servo ruder yang kepanasan.....seperti sdh dijelaskan Udha Budiman....utk posisi servo saya rasa g' ada perubahan karena servo ruder sampean terpasang di main frame shg yg perlu di cek utk mekanisme gerak pushroad mulai dari depan terus mekanisme perpindahan antara pushroad depan dan yg di tail boom ( kaya engsel itu loh...mana tau dia kepentok dan seret ) terus gerakan tail slider , coba lepas pushroadnya dan gerakkan tail slider di shaftnya....enteng apa keras......( pernah ada kejadian heli di ska gerakan slider sngt keras shg servo kaya dipaksa bekerja...akibatnya ya servo jebol ) untung saja servo mas Ceng torsinya gede ( kalo g' salah ds 620 / 8 sd 10 kg...berpasangan dg gp 750/780 ya?)

selamat ngoprek lagi Mas....la nerbangin RC heli nikmatnya kan bukan hanya mabur toh.... :bow: :bow:
User avatar
thoha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 693
Joined: 11 Sep 2008, 16:09
Location: Yogyakarta
Contact:

Re: servo rudder panas

Post by thoha »

kemungkinan gigi ada yg ompong
gigi yg copot biasanya nyangkut
jadi muternya agak berat
makany jadi panas....

coba dibawa ke dokter gigi.... :lol:
User avatar
wawans
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 231
Joined: 19 Mar 2010, 22:35
Location: payakumbuh SUMBAR
Contact:

Re: servo rudder panas

Post by wawans »

ayo buruan ngoprek lagi om ceng,,,,,,,,,,,,,,,,,,, =D> =D> =D> =D>
saya rasa ada gangguan di servo nya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
User avatar
memberbiasa
Airman
Airman
Posts: 30
Joined: 06 Dec 2009, 13:05

Re: servo rudder panas

Post by memberbiasa »

Ikutan nimbrung ya.... :D
yg dimaksud gyro mengalami impact itu bgmn? Sorry pertanyaannya mungkin sedikit oot, masih newbie soalnya...
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: servo rudder panas

Post by Syafik »

saya rasa sehabis crash memang perlu di cek semuanya... biasanya heli kalau udah terjadi crash banyak faktor yang perlu di kembalikan ke kondisi semula baik mechanical systemnya atau elektrik partnya...

seperti saran om sahid, semua bagian yg bergerak pada mechanical systemnya dilepas semua dan dicek pergerakannya dan memastikan semua lancar... jika memang sudah lancar semua, perlu dicek bagian elektriknya...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: servo rudder panas

Post by Budiman »

memberbiasa wrote:Ikutan nimbrung ya.... :D
yg dimaksud gyro mengalami impact itu bgmn? Sorry pertanyaannya mungkin sedikit oot, masih newbie soalnya...

Silahkan nimbrung,Pak..makin banyak yg nimbrung makin rame diskusinya..
Pada beberapa kasus heli crashed, ada juga yg hingga mengakibatkan Gyro pecah...mungkin terhantam main blade, tail boom ,terkena objek di tanah..dsb..bisa saja terjadi, tapi biasa nya sangat jaranglah..

salam,
Budiman
User avatar
syafrul
Posts: 9
Joined: 05 May 2010, 12:30
Location: payakumbuh sumbar

Re: servo rudder panas

Post by syafrul »

coba cek jalur dri rk ke gyro om ceng mungkin longgar habis crass,,,,atau kena lumpur waktu nyemplung k sawah,,,,,,,,,,,
cengwahyuni
trainee
trainee
Posts: 20
Joined: 24 Feb 2010, 09:17
Location: bukittinggi

Re: servo rudder panas

Post by cengwahyuni »

Budiman wrote:Alo Uda cengwahyuni,
salam kenal..saya coba bantu ya...servo rudder Anda panas pasca heli crashed,pd hal sebelumnya tidak..ato kah memang servo rudder sudah menunjukkan indikasi panas sebelumnya?

Servo rudder pd kondisi normal selalu bergerak cepat, krn memang dirancang sbg hi speed servo, ini dikarenakan servo mendapat signal dr gyro secara terus-menerus. Oleh karena itu.servo rudder biasanya telah disesuaikan dg kecepatan signal Gyro sbg mitra kerjanya..misalkan..Gyro Futaba 401 selalu dipasangkan dg servo Futaba 9254 ato 9257..dsb,..jika 401 dipasangkan dg servo jenis yg lain bahkan sama merk tapi berbeda serialnya..maka servo akan mengalami over heated, krn tidak mampu menerima kecepatan signal dr Gyro 401.
Pada beberapa kasus, spt pada heli T-Rex 450 EP, dg gyro 4901 dan 9254 sbg servo ruddernya, ada indikasi 9254 mengalami sedikit kenaikan pd suhunya, biasanya diredam dg semacam power regulator yg dipasangkan pd line signal gyro menuju ke servo.

Yang saya belum jelas di sini adalah..Gyro dan servo rudder apa yg Anda gunakan saat ini?..krn spesifikasi keduanya harus cocok utk aplikasi rudder control pada heli..
Anda menggunakan Heli T-Rex 600 yg seri apa?..Sport, Nitro Pro, Nitro Super Pro ,LE?...
Kemudian..jika heli saat sebelum jatuh bagaimana kerja Gyro dan servo rudder?...apakah servo mengalami kepanasan?...jika tidak, maka Gyro dan servo rudder memang pd kondisi dan spesifikasi yg tepat.
Lalu..setelah heli jatuh, Anda mengungkapkan servo rudder mengalami kepanasan...bisa jadi ada mechanical linkages mengalami kegagalan,Pak...ato shaft tail rotor heli Anda bengkok....hal2 yg demikian akan mengakibatkan kerja dr servo rudder menjadi terhambat dan mengalami kepanasan juga..
Saran saya..silahkan Anda periksa kembali antara lain sbb:
1. posisi servo rudder jika Anda memasang servo rudder pd tail boom..berubah ato masi sama?
2. mechanical linkage dr servo rudder hingga pada rudder control pd tail unit...bengkok ato lurus?
3.tail boom..masi lurus ato tidak?
4.rudder control system..termasuk slidder pd tail rotor shaft..lalu tail pitch control system..pokoknya pd tail rotor..apakah mengalami hambatan ato tidak dlm pergerakannya?...
5.spt yg telah saya sebutkan tadi..tail rotor shaft...bengkok ato tidak?..
6.bagaimana kondisi gyro Anda?...apakah gyro mengalami impact?..
7.bagaimana kondisi dr servo rudder Anda?...apakah mengalami gangguan bila servo dilepas dr linkage yg menuju ke tail unit?...ato masi tetap normal?..
8.Setelah heli crashed dan diperbaiki..apakah Anda sudah menemukan titik netral yg sama pd tail shaft,sama spt heli sebelumnya?


Mungkin beberapa hal diatas bisa memberikan petunjuk bagi Anda...Saya persilahkan untuk mencoba dan bertanya bila ada yg dirasakan kurang jelas..jangan menyerah dulu dg heli Anda,Pak..:)
Btw, terbang di Bukittinggi enak juga ne...adem sekali buat engine..hehehehe...saya dulu perna iseng2 terbang di kampus UNAND ..jadi terkenang masa lalu..:))

salam,
Budiman

salam kenal juga om budiman,sebelum crash heli terbangnya sangat nyaman.sebelum crash belum pernah sy cek servonya.sy pakai trex 600LE dengan gyro GP750+DS620. siap crash br sy cek servo ruddernya,ternyata terbang 1 tenki sudah panas.
Linkage sampai tail unit aman.
Tailboom lurus dan aman
Post Reply