Page 2 of 5

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 26 Oct 2010, 16:19
by iwan21
Berdasarkan elmu sok tau

ukur2an mengukir propeller
ambil kayu dg panjang D ( sesuai diameter prop yg dinginkan), lebar L dan tebal T

digambar dulu utk mementukan pitchnya'

Image

dimana :
L = lebar kayu
T = tebal kayu
P = pitch yg diinginkan
C = garis maya utk menghitung dimana posisi garis P

pitch adalah tinggi kaki segitiga antara terusan diagonal L dan T dg dasar segitiga C
nilai C nya sendiri = P x ( L/T)
Setelah nilai C dapet, tarik garis tegak lurus P dg tinggi P, setelah dpet maka bisa dikotreksi ketebalan kayu T yg diperlukan, tergantung besarnya pitch.

Bagaimana dg kelengkungan bagian belakang prop?
Dg berpatokan bagian depan prop rata, maka kelengkungan bagian belakang ( agar tau berapa yg mesti di buang) , digunakan rumus ini

R = C/phi
phi = 3,14
Setiap kelipatan R, ketebalan berkurang separuh
R diukur dari as propeller kearah luar

gambarnya nyusul deh, belom sempet oret2 sebab baru buka2 primbon lagi hehehehehee

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 26 Oct 2010, 16:20
by NF

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 26 Oct 2010, 16:21
by iwan21
Hasil cari2 cara mengukir prop kayu, ketemu juga nih, jadi saya gak perlu cape2 oret2 heheheheee..ini sama persis dg pelajaran yg dulu saya dapet :D

http://www.marcee.org/Articles/HelicalP ... llers.html

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 26 Oct 2010, 16:22
by erfanjbr
Doms wrote:Setahu saya (maklum tinggal dihutan) Husqvarna itu merek paling mahal untuk mesin chain saw bang (BMW nya chain saw lah)..... kalau gini mending beli yang Desert Aircraft aje lebih murah....

om Joun dah mulai ndak realistis lagi nih.... semenjak enjoy ame mbak preti :lol: :lol: :lol: :lol:

Ini mau bikin yang bisa dinaikin orang ya bang??


:lol: :lol: :lol: :lol: pilotnya p.joun sudah mulai terkenal yach???denger2 suhu, ini pesawat klo udah jadi ada pilot beneran yng meden,,terbangnya cukup 3 meteran aja :lol: :lol: :lol: :lol:

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 27 Oct 2010, 07:22
by AgoesAurelz
mantap pak... cuman pengalaman saya di mesin gasoline dulu adalah di interfrensi yg diakibatkan oleh pengapian aktifnya...
sebelum mencoba tolong di check perkabelannya... mesti diberi tambahan selang utk kabel-kabelnya.... jangan sampai ada yg nempel ke body metal...
kalo perkabelan serabutan masangnya dijamin akan glitching....
jangan lupa test jarak... sekali lagi test jarak (range).... ini penting sekali...

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 27 Oct 2010, 09:50
by joun
tedyBAT wrote:
joun wrote:Mewujudkan obsesi yang terpendam lama....
bikin plane gass...

karena nggak pernah bikin yang gedhe ... GAJAH...
mesin yang dipakai Husqvarna 32B (32cc) pemotong rumput... MURMER
minimalis... berusaha realistis....


Waduhhh berapa tuh harga Husqvarna 32B...? kalo murah beli jadi mending beli jadi Omm...rata-rata engine sekelas itu sekitar ..1 kilogram...kalo bisa diprotoli sampe 1 kilo nah baru mantap.....


Klo harga malah enggak ngerti Bang Teddy....
biasa milik gudang POLIJE yang Ignationya enggak nemu spare/ dimodif temen polije nyala...kompresi masih ok banget .... lantas....minta memo .. tuk tugas akhir mahasiswa TI (anak didik Bang Fanani)..tentang kendali Wi-Fi... with NoteBook ...
... tentunya harus bisa berlama-lama diatas ... dan .. save .. trainer... dehidral wing...
biar dapat gambar dan detect (suhu,humadity ... etc)...

dan total berat engine masih 1,6kg .... apa perlu heatsink .. dikepras..????

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 27 Oct 2010, 09:52
by joun
Doms wrote:Setahu saya (maklum tinggal dihutan) Husqvarna itu merek paling mahal untuk mesin chain saw bang (BMW nya chain saw lah)..... kalau gini mending beli yang Desert Aircraft aje lebih murah....

om Joun dah mulai ndak realistis lagi nih.... semenjak enjoy ame mbak preti :lol: :lol: :lol: :lol:

Ini mau bikin yang bisa dinaikin orang ya bang??


waah info penyemangat nech ang Dom....
Husqvarna ok yaa... makin pede dung...

rencananya mo dinaikin mbaknya mbak pretty... :lol: :lol: :lol:

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 27 Oct 2010, 10:07
by joun
iwan21 wrote:
Bagaimana dg kelengkungan bagian belakang prop?
Dg berpatokan bagian depan prop rata, maka kelengkungan bagian belakang ( agar tau berapa yg mesti di buang) , digunakan rumus ini

R = C/phi
phi = 3,14
Setiap kelipatan R, ketebalan berkurang separuh
R diukur dari as propeller kearah luar

gambarnya nyusul deh, belom sempet oret2 sebab baru buka2 primbon lagi hehehehehee



weee... ternyata bikin prop klo liat Formulasi Bang Iwan ... jadi istimewa....
sangat membantu.... suwun Bang Iwan...
... beruntung sekali... jadinya prop Mbak Prety.. lolos uji coba ... (bonek)..
:lol: :lol: :lol: :oops: :oops:

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 27 Oct 2010, 10:09
by joun


pengin punya mesinya.... Bang NF
wiihh... ilmu makin dikejar ... makin banyaaakkk lagee...
asyyiiiikkk... \:D/ \:D/ \:D/
salam...

Re: ULTRA LIGHT (ULA) with Gasoline 32cc

Posted: 27 Oct 2010, 10:11
by joun
AgoesAurelz wrote:mantap pak... cuman pengalaman saya di mesin gasoline dulu adalah di interfrensi yg diakibatkan oleh pengapian aktifnya...
sebelum mencoba tolong di check perkabelannya... mesti diberi tambahan selang utk kabel-kabelnya.... jangan sampai ada yg nempel ke body metal...
kalo perkabelan serabutan masangnya dijamin akan glitching....
jangan lupa test jarak... sekali lagi test jarak (range).... ini penting sekali...


nah itu yang ane nggak teu Bang Agus...
katanya harus pake ppm yaa...
klo pake 2,4Ghz apa juga terinterferensi yaa..?????