memang sebelum lomba digelar, seharusnya sdh ditetapkan, apakah kiblat nya FAI atau AMA, supaya tidak membingungkan. Terus pesawat juga, hrs ada scrutenering supaya ketahuan klo engine nya standar 46 pabrikan, fuel juga harus jelas, apakah boleh memakai methanol dengan nitro tinggi atau tidak. semua memang belum ada info yg detil dan jelas. karena regulasi yg mengeluarkan adalah PB. FASI Aeromodelling, seyogyanya memang harus disosialisasikan sejak dini, biar setiap peserta yg ingin ikut, sdh mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan regulasi yg ditetapkan dalam lomba pylon race.
beta_james wrote:Perlengkapan Pilot, Crew, Judge, yg bertugas dalam area venue kudu pake helmet.....mutlak and wajib......
Kenapa pakai Helmet? Untuk melindungi kepala maksudnya, dari hantaman pesawat? Bukankah body yang lain terpapar juga? Malah lebih luas dan potensinya lebih besar...
biasanya tempat judge duduk sudah diberi pagar kawat seperti kandang ayam. jadi pesawat nggak mungkin nabrak.
begitu juga tempat crew dan penonton, cuman yg ini kandang ayamnya juga buesssaaarrr ... kan ayam nya juga besar dan banyak ...
wa2n wrote:memang sebelum lomba digelar, seharusnya sdh ditetapkan, apakah kiblat nya FAI atau AMA, supaya tidak membingungkan. Terus pesawat juga, hrs ada scrutenering supaya ketahuan klo engine nya standar 46 pabrikan, fuel juga harus jelas, apakah boleh memakai methanol dengan nitro tinggi atau tidak. semua memang belum ada info yg detil dan jelas. karena regulasi yg mengeluarkan adalah PB. FASI Aeromodelling, seyogyanya memang harus disosialisasikan sejak dini, biar setiap peserta yg ingin ikut, sdh mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan regulasi yg ditetapkan dalam lomba pylon race.
Untuk saat ini kita akan berkiblat ke AMA terlebih dahulu Om.......selama bebera pertandingan yang akan dilakukan Om........baru setelah itu ( rekan-rekan lainnya sudah terbiasa dengan Pylon race ini) maka kita akan berkiblat ke FAI........informasi yang saya dapat bahwa untuk peraturaan FAI ini cukup sulit untuk dilakukan Om.........sehingga akan berkurang rekan-rekan yang mau mengikutinya.........Demikian penjelasan yang bisa saya berikan.......moga-moga Om-Om semua berkenan...............
wa2n wrote:memang sebelum lomba digelar, seharusnya sdh ditetapkan, apakah kiblat nya FAI atau AMA, supaya tidak membingungkan. Terus pesawat juga, hrs ada scrutenering supaya ketahuan klo engine nya standar 46 pabrikan, fuel juga harus jelas, apakah boleh memakai methanol dengan nitro tinggi atau tidak. semua memang belum ada info yg detil dan jelas. karena regulasi yg mengeluarkan adalah PB. FASI Aeromodelling, seyogyanya memang harus disosialisasikan sejak dini, biar setiap peserta yg ingin ikut, sdh mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan regulasi yg ditetapkan dalam lomba pylon race.
Untuk saat ini kita akan berkiblat ke AMA terlebih dahulu Om.......selama bebera pertandingan yang akan dilakukan Om........baru setelah itu ( rekan-rekan lainnya sudah terbiasa dengan Pylon race ini) maka kita akan berkiblat ke FAI........informasi yang saya dapat bahwa untuk peraturaan FAI ini cukup sulit untuk dilakukan Om.........sehingga akan berkurang rekan-rekan yang mau mengikutinya.........Demikian penjelasan yang bisa saya berikan.......moga-moga Om-Om semua berkenan...............
Gimana Om Wawan..........................
Bisa di share ndak yang AMA ini om speknya apa...... saya dah ngebet mo ngebut nih....
Kalau untuk spek pesawat dan mesin sebenarnya bisa dilihat di webnya Fasi Aeromodelling, tapi ini sedikit info, antara lain :
Engine yg dibolehkan (intake di depan dan outlet disamping) : - OS.46 - Thunder Tiger.46 - ASP.46 - Super Tigre G45.
Modifikasi yg dibolehkan : - Dudukkan mesin bisa pake Back plate atau yg standart. - Bearing. - Glow plug. - Prop nut. - Prop washer. - Head clearence (add or removing head shims).
Pemasangan mesin : - Tidak ada sistem pemompaan bahan bakar, kecuali tekanan udara dari mufler. - Mesin dan dudukan mesin harus terbuka, tidak boleh ada cowl.
Spesifikasi pesawat : - Minimum wing area 500 inch2 = 3225 cm2. - Panjang sayap minimum 50 inch (1270 mm) dan maksimum 55 inch (1399 mm). - Ketebalan airfoil minimum 1 inch (25.4 mm). - Berat pesawat siap terbang (tanpa fuel) minimum 3,5 pounds (1580 gram). - Landing gear harus ada, minimum 2 bh main gear. - Propeler tdk boleh dari metal. - Propeler minimum dia 9 inch dengan nominal pitch 6 inch (sesuai standarat pabrikan).
Bahan bakar : - disediakan oleh pelaksana dengan kadar nitro 15 %.
Kalau ada tambahan atau koreksi, silahkan ditambah....
terus untuk pengamana pilotnya, seperti om J, bilang harus pake helm, bagaimana ? & apakah ada aturan baku setiap race harus 3 pesawat, bagaimana kalo misalnya 4 pesawat sekaligus setiap race nya......klo carbu di belakang gak boleh ya ?
wah keterangan mas Dimas sangat bermanfaat........