RB 002 : RUTAN Semoga bisa jadi hehe

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

User avatar
tn
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 214
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

antonius bima wrote:Blur....bikinnya kok yang susah....weleh2.......serem ah....


blur....guru kamu pada protes tuh...hihihihi makanya jangan yg susah2 bikinnya =P~
User avatar
Franky
Airman
Airman
Posts: 27
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Wah pesawat ini modelnya revolusioner...
pake mesin 2 dan bentuknya unik...
kalau propeller engine di belakang di modifikasi jadi collective pitch, bisa buat rem dan 3D macem-macem tuh.... \:D/
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

swt bukan ngerem malah Body ke belah 2 :D

tarik2 an

@P bima

buatnya cuman Dinamo 1 kook


lho kok jadi berubah pikiran yah....

rencana nanti elevator di belakang aja Deket rudder...
User avatar
nubli
Airman
Airman
Posts: 42
Joined: 13 Apr 2007, 20:17
Location: Alor Star, Malaysia
Contact:

Post by nubli »

rakan2 ku, juga redblur.. bagus juga kalau dibina pesawat begini.. ada satu istilah untuk pesawat yang ada elevator didepan juga dibelakang..

sperti ini eagle aircraft 150B.. enginenya satu saja tapi elevator 2

Image[/img]
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

2 ele....???

kok jadi aneh yah??
masalah nya kalau 2 elevator repot Servo nya harus 2
User avatar
nubli
Airman
Airman
Posts: 42
Joined: 13 Apr 2007, 20:17
Location: Alor Star, Malaysia
Contact:

Post by nubli »

adikku redblur... saya baru ketemu istilahnya elevator didepan itu..CANARD dalam bahasa inggerisnya..

kalo diliat dalam wikipedia..ia adalah control yang stabil kerna elevator didepan bisa kurangin main wing stall.. model yang saya tunjukan itu adalah eagle 150B pesawat betul untuk 2 orang..buatan malaysia (dulunya buatan australia..syarikatnya udah dibeli malaysia)...

saya juga kepingin bina model ini.. kita liat dulu perkembangan redblur ya.. ini cuma satu opsyen..

servonya? bole guna satu aja kalo servo cukup power.. kalo dua servo guna satu channel aja (elevator), pake sambungan 'Y' connector...

controlnya.. elevator belakang up, elevator depan down.. untuk gerak pesawat keatas... dan sebaliknya utk kebawah... dengan penggunaan sistem ini pergerakan unutk up/down lebih pantas (AWAS)

bagus sekali untuk saya buka satu thread berasingan utk topik ini ya... udah lebih 5 tahun kepingin bikin model ini (ngak punya waktu lapang... anggaran saya projek ini bisa jadi 2 tahun gitu utk design.. tapi kalo udah guna foam mungkin 2 bulan bisa)

good luck adik rb
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

ph kurangi wing stall

hmm nanti awak coba deh :D
User avatar
scratcher
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

shaify wrote:Image


Hmm... gampang sekali discale-up nih kalau mau..... \:D/ =D>
User avatar
im-sad
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 63
Joined: 26 Jun 2007, 22:24
Location: Bukit Sentul/Sentul City
Contact:

Post by im-sad »

Klo mau, di parkjets.com ada 2 plan pesawat yg kyk gini. EZ Cozy ama Velociraptor. Daripada design ulang pake aja yg itu. Why re-invent the wheel? :D

Canard itu sifatnya beda sama pesawat biasa alias pesawat elevator. Klo dy punya roda/Landing gear(LG) maka ketika take-off, nose bakal ketarik naik bukannya tail didorong turun. Take off menjadi sangat mudah. Tapi disadvantage dari ini adalah prop pada umumnya mesti diblakang dan LG menjadi tinggi untuk menghindari prop-strike(prop kna tanah).

Kalau soal terbang pesawat canard pada umumnya sama dengan pesawat biasa. Namun stall-characteristicnya beda. Dengan setting yang benar pesawat tidak akan pernah stall secara violent/tiba2. Stall yg dianggap benar buat pesawat canard adalah ketika canard-nya stall sebelum sayap utama. Dengan begitu nose kehilangan lift dan turun. Kecepatan meningkat dan lift kembali dan pesawat regain-control.

Settingnya ada dalam AOA atau Angle Of Attack dari canard. Canard diharuskan punya angle +2-4 derajat agar dia selalu stall dluan. Bila ini tidak dilakukan dan Sayap utama stall dluan maka recovery stall menjadi sulit. Wing utama jatuh sementara canard terus "terbang". Tail turun dan pesawat jatuh beberapa puluh meter sebelum nose kembali turun dan lift bisa di regain kembali.

My 2 cents :D
User avatar
aria
trainee
trainee
Posts: 21
Joined: 07 Feb 2007, 18:11

Post by aria »

Aaammmpuuun ooom... bahasanya susah masuk otak saya... maklum wong ndeso....
Post Reply