Page 2 of 3

Re: tentang flap

Posted: 23 Mar 2011, 21:21
by toto
Suhu christoffel, pengen ikut belajar nih boleh kan.

Pada umumnya di pesawat model kan flap nya bukan slotted jadi secara total kan enggak nambah wing area melainkan fungsinya lebih menambah coefficient drag doang kan yg sebetulnya pada power yg sama tapi mengakibatkan gerakan pesawat lebih pelan saja jadi tidak sepenuhnya mengurangi stall speed yg diakibatkan karena berkurangnya power

Gitu enggak ya kira2 suhu, maaf ya kalo pertanyaan atau logika saya tidak benar adanya maklum baru belajar NIH soal penggunaan flap

Salam

Re: tentang flap

Posted: 23 Mar 2011, 21:35
by fadliputra
sewaktu take off maka flap di buka 40derjat maka posisi elevator'a netra aja apa yg terjadi suhu..?

Re: tentang flap

Posted: 23 Mar 2011, 22:25
by christoffel
betul suhu toto ...
kalau yg umum dipake, kan cuman seperti aileron aja, cuman arah geraknya searah.
meski nggak nambah wing area, tapi bentuk airfoil nya kan berubah jadi under chambered. AOA nya juga bertambah.
jadi memang Lift-nya juga nambah (drag juga tambah). Efek dari CL yg nambah ini akan bikin stall speed juga berkurang ...
btw, saya pernah baca di majalah MAN, DIY untuk sloted TE flaps, dan juga untuk Leading edge flaps. pake balsa lho ...

%fadliputra
saya nggak bisa comment tentang derajat flap, karena sangat relatif.
biasanya pake persentase. misalnya 40%, disini berarti 40% dari maximum extended, tapi kan nggak tau flap nya sebesar apa, dan max sudutnya berapa ...
sama2 40 derajat, tapi kalau aileronnya (pada system dengan flaperon) pesawat 3D kan bisa sampe 40% chord, sedangkan pada pesawat trainer biasanya aileron cuman 10% chord. beda banget efeknya ...

yg bisa saya bilang, saat flap aktif, biasanya pesawat jadi agak down (munukik) karena bentuk airfoil barunya yg melengkung kebawah menimbulkan penambahan momen putar. jadi biasanya perlu dikoreksi elevator up sedikit.
pada beberapa kasus (jarang terjadi) karena faktor design nya, pesawat malah akan mendongak karena penambahan lift nya lebih dominan dari pada penambahan momen putar nya.
jadi, yg paling gampang dicoba aja dulu saat terbang ...

saat flap di aktifkan biasanya aileron jadi tumpul, jadi perlu waspada biar nggak kaget.

Re: tentang flap

Posted: 23 Mar 2011, 23:12
by toto
terima kasih atas pencerahannya suhu christoffel jadi nambah wawasan saya nih

salam

Re: tentang flap

Posted: 14 May 2011, 14:48
by superman
Kali ajah masih ada yg butuh, saya punya macam2 flaps

Image

Image

Ma'affff rada burem adanya... :mwr

Re: tentang flap

Posted: 20 Nov 2011, 19:42
by fahreza
Om nubie mau nanya nih :shy .....kalo pada plane yg delta wing,biasanya digunakan setting elevon...nah kalo di samping elevator kita kasi flap,gimana jadinya?bakal menukik kah? :tlt apakah kita harus nyetting pake canard supaya pas flap turun canard jaga posisi nose tetap stabil dan tidak menukik sampai meluncur?? :htg mkasih om... :mwr

Salam :thx :thx

Re: tentang flap

Posted: 20 Nov 2011, 23:51
by christoffel
definitely no. not on elevon RC plane...

Re: tentang flap

Posted: 21 Nov 2011, 08:27
by madesatya
permisi om numpang tanya sekalian...saya pake cessna engine .46 dan disertakan flap juga.ini pengalaman pribadi saya,pada saat manuver belok dan flap sudah turun kira" 10% tiba" pesawat STALL karena kehilangan kecepatan dan akhirnya tidak bs di recovery dan crash.nah yg menjadi pertanyaan apakah flap ini hanya di gunakan saat lurus dg runway dan menurun ataukah bisa untuk manuver sebelum kearah runway?kalau untuk take off memang terasa lebih pendek jarak yg digunakan.tolong beri pencerahan supaya tidak crash lg gara" flap... :pyg :pyg :pyg

Re: tentang flap

Posted: 21 Nov 2011, 09:15
by iwan21
madesatya wrote:permisi om numpang tanya sekalian...saya pake cessna engine .46 dan disertakan flap juga.ini pengalaman pribadi saya,pada saat manuver belok dan flap sudah turun kira" 10% tiba" pesawat STALL karena kehilangan kecepatan dan akhirnya tidak bs di recovery dan crash.nah yg menjadi pertanyaan apakah flap ini hanya di gunakan saat lurus dg runway dan menurun ataukah bisa untuk manuver sebelum kearah runway?kalau untuk take off memang terasa lebih pendek jarak yg digunakan.tolong beri pencerahan supaya tidak crash lg gara" flap... :pyg :pyg :pyg


lah iya, kata orang2 tua sbb :
pakelah flap saat pesawat udah lurus ..
jangan pake flap saat masih manuver (kecuali maneuver flap di pesawat tempur beneran)

:mwr

Re: tentang flap

Posted: 21 Nov 2011, 10:49
by madesatya
iwan21 wrote:lah iya, kata orang2 tua sbb :
pakelah flap saat pesawat udah lurus ..
jangan pake flap saat masih manuver (kecuali maneuver flap di pesawat tempur beneran)

:mwr


matur nuwun suhu iwan atas petuahnya...besok" ga lg deh pake flap saat masih manuver.. :thx :thx :thx