tentang flap

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
fadliputra
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 369
Joined: 21 Jun 2010, 15:17
Location: aceh utara
Contact:

tentang flap

Post by fadliputra »

suhu,,, tolong jelasin
-kegunaan flaps
-sestem kerja flap
-dan cara pemasangan flap
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Re: tentang flap

Post by flytosky »

flap fungsinya untuk meningkatkan daya angkat sewaktu dalam kecepatan rendah, biasanya digunakan untuk take off / landing.

sistem flap bekerja dengan turun ke bawah, maksimal 45 derajat. nah, untuk pemasangan dipesawat, harus menggunakan 2 servo dimasing masing sayap, dan nantinya menggunakan Y harness trus dicolokin ke ch 5 atau 6 tergantung settingan remote, atau bisa juga aileron digunakan jadi flaperon dengan fitur mixing di tx nantinya.

untuk menggerakan flap, sebaiknya gunakan slider, sehingga gerakan nya bisa smooth. usahakan settingan awalnya, flap berada pada 0 derajat alias segaris dengan sayap. trus pada settingan maksimal, flap turun maksimal di 45 derajat.

sekedar catatan, setiap kali deploy flap, pesawat akan bergerak turun (kalau sy ga salah inget, maaf udah lama ga maen soalnya). nah, untuk mengcounter, bisa dengan mengangkat elevator dikit, atau kalau ga mau repot, pake mixing aja (lagi lagi lupa mixing apa di tx, sorry). trus usahakan mencoba flap ini pertama kali sewaktu di udara aja dengan ketinggian yang cukup dan kecepatan sedang, sekedar buat jaga jaga misalnya tiba tiba pesawatnya menukik turun.

mudah mudahan membantu deh.
User avatar
fadliputra
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 369
Joined: 21 Jun 2010, 15:17
Location: aceh utara
Contact:

Re: tentang flap

Post by fadliputra »

maksih om.... saya pake tx guanli ch ele mixing dng ch6. ch 6 saya pasang potensio di tx'a.. biasa'a untuk flap mnggunakan saklar ato potensio om...?
User avatar
fadliputra
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 369
Joined: 21 Jun 2010, 15:17
Location: aceh utara
Contact:

Re: tentang flap

Post by fadliputra »

oya om,, berarti apabila flap di buka posisi flap trun kebawah apa betul om...?
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: tentang flap

Post by NF »

flap open = turun ke bawah , flap off = nutup ke sayap
max 40 % ....hati hati , bisa stall krn flap bisa juga menambah drag pesawat
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: tentang flap

Post by Budi »

nah....sebagai tambahan ada istilah quad flap...........
User avatar
maveric1972
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 64
Joined: 30 Jan 2010, 04:04
Location: Bandung

Re: tentang flap

Post by maveric1972 »

NF wrote:flap open = turun ke bawah , flap off = nutup ke sayap
max 40 % ....hati hati , bisa stall krn flap bisa juga menambah drag pesawat


om klo dikasih flap di setingan radio normal=0% MID=60% land=90% nga terlalu besar..? belum saya coba diterbangkan
User avatar
Aditya
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 63
Joined: 11 Aug 2010, 14:33
Location: Citeureup,Cibinong
Contact:

Re: tentang flap

Post by Aditya »

Coba lihat disini....http://gaero.org/forum/viewtopic.php?f=21&t=4387

om flytosky flap tuh gunanya untuk take off dan landing menjadi lebih pendek kan? :hmm
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Re: tentang flap

Post by flytosky »

bener banget, take off dan landing bakal jadi lebih pendek.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: tentang flap

Post by christoffel »

flap gunanya untuk memperbesar CL (coefisient of lift) pada airfoil sayap dengan cara merubah chamber dan atau menambah wing area (slotted flap). sebagai akibatnya, CD ikut bertambah (coefisient of drag), daya angkat pesawat juga bertambah, dan stall speed berkurang.
yg terakhir ini yg kemudian bikin jarak take-off dan landing jadi lebih pendek. juga sering digunakan manakala pesawat perlu terbang lebih pelan, misalnya saat foto udara, dll. juga kalau mau buang kecepatan yg berlebih.
Post Reply