cdancgroup wrote:kalo masih mau paksa lagi saya ada solusi om tetap menggunakan baut yg lebih panjang dan dikasih mur 2 biji disisi lainnya tapi coba drat nya baut tuh dirusak dikit biar mur nya susah masuk nya caranya di kikir dikit atau pakai tang buat rusak ulir tuh baut (gak usah di beri treadlock dulu) entar masuk mur nya susah tp paksa aja om sampai kenceng, kalo bisa mur nya pasang 2 biji nanti mur nya bisa saling menbantu kunci satu sama lain nya (jgn lupa pakai ring PER om) itu yg saya lakukan sekarang sudah 8 bulan gk pernah kendor lagi om dengan rpm 2100 max tuh engine. selamat mencoba om
Sependapat dengan Om cdancgroup soal penggunaan 2 nut yg dikuncikan pada bolt..cuma..kalo ngga pake dirusak thread(ulir) nya gimana ya,Om?... Karena saya juga melakukan aplikasi 2 nut yg saling mengunci ini..cuma ngga pake ng-rusak thread(ulir)..krn saya semula mikirnya, dengan 2 nut yg saling mengunci ini, pemakaian thread-lock sudah tidak diperlukan lagi,plus kalo perlu nyopot muffler saat perawatan engine...trus..itu ..satu lagi..mungkin ..penggunaan gasket yg dr kertas sperti bawaan muffler ALIGN, ternyata kalo saya amati masi jauh lebih baik dr pada gasket/seal yg dr logam, sehingga pengencangan nut(mur) akan menjadi lebih optimal...
@Budiman: betul om hehe tanpa dirusak ulir nya jg oke, cuma masalah nya bila tuh engine getar nya berlebihan di karenakan sebab2 yg di sebutkan om dicky di atas, tp om alfred tidak mau cek up tuh engine atau repair sedikit (intinya apa adanya aja yg penting hidup aja tuh engine) karena getaran berlebihan itu bisa juga mur nya kendor sendiri.. kalo kita lihat hely sekilas sih sama2 aja om tp kalo yg pegang sudah menjiwai namanya hely yakin lah sedikit aja hely itu PILEK hehe wah udah terasa om rasanya walaupun di lihat sama aja! tp memang benar om budiman sy jg setuju tanpa merusak ulir jg OKE kok
Memang benar Om cdancgroup,sekali lagi saya sependapat dengan Anda soal "menjiwai" heli..diliat dr cara take off dan hover kadang juga udah keliatan ..hehehehe Soalnya begini,Om..yg saya alami..vibrasi dan osilasi pada heli, biasanya memang ada penyebab yg pasti.....nah saya sering mengalami hal tersebut..biasanya ya saya cari tau dulu penyebab vibrasi dan osilasi ini, karena kalo dibiarkan ber-larut2, malah akan menimbulkan masalah yg lain pada heli...seringnya, vibrasi/osilasi bukan dr internal engine...malah diluar engine, ...hehehehe... Metode tiap pemilik heli memang tidak samalah...mudah2an Om Alfred bisa segera menemukan solusinyalah..dan beliau bersedia membagi dengan kita semua di sini...
report untuk para sesepuh. tadi pagi sudah saya coba test flight, setelah semua baut di cek ulang serta saran dari para sesepuh saya lakukan. 2x terbang dengan beberapa manufer 3d sampai tic toc muffler aman aman aja dan baut masih tetep kenceng. tapi parameter pengecekan seperti apa buat bisa menilai bahwa heli saya punya vibrasi yang tinggi ? mohon petunjuk lagi terima kasih banyak untuk pencerahannya
setelah semua pengecekan dan test flight terbang sabtu - minggu, muffler tetep aman. bautnya dikencangkan dengan melukai drat pada baut serta pengencangan semua baut2 engine, fan, dll. terima kasih untuk petunjuk dan bimbingan dari para sesepuh.
alfred wrote:setelah semua pengecekan dan test flight terbang sabtu - minggu, muffler tetep aman. bautnya dikencangkan dengan melukai drat pada baut serta pengencangan semua baut2 engine, fan, dll. terima kasih untuk petunjuk dan bimbingan dari para sesepuh.
alfred wrote:setelah semua pengecekan dan test flight terbang sabtu - minggu, muffler tetep aman. bautnya dikencangkan dengan melukai drat pada baut serta pengencangan semua baut2 engine, fan, dll. terima kasih untuk petunjuk dan bimbingan dari para sesepuh.