para sesepuh, mohon bantuannya. muffler os 55 power bust saya dratnya sudah aus padahal baru kisaran 10x terbang . beberapa cara sudah diakali sampai pakai baut yang lebih panjang plus mur tambahan + loctite tapi tetap saja lepas . gimana nih cara akalinnya ? kalo pake lem biru rasanya bukan solusi mohon bantuannya
maaf jika sok tau..... mas alfred dicoba menggunakan baut yg lebih panjang dan dikasih mur disisi lainnya...dan dikikir dulu bagian dari muffler dibuat rata agar baut terhadap mur rata... semoga jadi solusi murmer...
sudah diakalin seperti itu. bautnya di panjangin lebih panjang dan ditambahi mur tambahan + ring per plus dikasi loctite juga. pada keterangan loctite bisa tahan pada suhu 250 c. masalahnya paling bisa tahan 3x terbang mur jadi kendor lagi. dah coba cari mur yang lebih panjang seperti kuncian pada muffler outrage tapi karna bautnya terlalu kecil ukuran, toko2 spesialis jual mur dan baut gk punya stoknya untuk mur dengan ketebalan diatas standart.
alfred wrote:sudah diakalin seperti itu. bautnya di panjangin lebih panjang dan ditambahi mur tambahan + ring per plus dikasi loctite juga. pada keterangan loctite bisa tahan pada suhu 250 c. masalahnya paling bisa tahan 3x terbang mur jadi kendor lagi. dah coba cari mur yang lebih panjang seperti kuncian pada muffler outrage tapi karna bautnya terlalu kecil ukuran, toko2 spesialis jual mur dan baut gk punya stoknya untuk mur dengan ketebalan diatas standart.
maap nih om saya sotau hehe, coba di cek di bagian enginenya. pas stater engine liat getaran engine om, kalau sy biasanya liat tailboomnya, kalo terlalu vibrasi, berarti bagian kisaran shaft engine ke atas ( stater adapter) ada yg rusak atau gara2 ber umur bearingnya, atau di bagian kuplingnya om. coba di turun engine lg, terus di kenceng2in om, biasanya ada yg kendor di skitar bagian fan ke bawah dan keatas. itu yg buat vibrasi tinggi, sampe mau di akalin kaya gimanapun mufler tetap lepas.
itu belum pernah saya chek, coba nanti saya check total lagi... soalnya mufler saya ganti pakai mufler outrage, power kerasa beda. om dicky buat masukannya... nanti saya update reviewnya.
Perlu diteliti juga Mas, tapi kalo krn shaft bengkok apa g' sangat mengganggu ketika heli diterbangkan....trus itu muffler mulai kendor pada flight ke 3 dst...apakah memang vibrasinya sangat kuat shg mengendorkan baut...bisa jadi juga karena baut yg kecil....vibrasi yg tidak seberapa pun ( heli normal tidak ada kelainan yg menyebabkan vibrasi "tambahan") mengakibatkan baut, mur "bergerak"
menunggu progresnya Mas..., menambah ilmu mana tahu suatu saat mengalami seperti ini
alfred wrote:sudah diakalin seperti itu. bautnya di panjangin lebih panjang dan ditambahi mur tambahan + ring per plus dikasi loctite juga. pada keterangan loctite bisa tahan pada suhu 250 c. masalahnya paling bisa tahan 3x terbang mur jadi kendor lagi. dah coba cari mur yang lebih panjang seperti kuncian pada muffler outrage tapi karna bautnya terlalu kecil ukuran, toko2 spesialis jual mur dan baut gk punya stoknya untuk mur dengan ketebalan diatas standart.
Sekedar saran om, untuk baut mufler atau baut yg terkena panas tinggi dari engine, tidak di anjurkan menggunakan threadlock (loctite), karena sifat dari treadlock sendiri yg akan meleleh / mencair pada temperatur tinggi. Pada saat mencair tsb treadlock justru akan bertindak seperti pelumas yg justru akan membuat baut / mur justru gampang lepas. Walaupun pada label treadlock sendiri disebutin tahan hingga temp. 250 C, namun tetap tidak dianjurkan penggunaannya pd untuk baut muffler. Mungkin bisa diganti dgn pasangan baut dgn mur yg memiliki nylon tread (spt mur pada baut mainblade holder).
kalo masih mau paksa lagi saya ada solusi om tetap menggunakan baut yg lebih panjang dan dikasih mur 2 biji disisi lainnya tapi coba drat nya baut tuh dirusak dikit biar mur nya susah masuk nya caranya di kikir dikit atau pakai tang buat rusak ulir tuh baut (gak usah di beri treadlock dulu) entar masuk mur nya susah tp paksa aja om sampai kenceng, kalo bisa mur nya pasang 2 biji nanti mur nya bisa saling menbantu kunci satu sama lain nya (jgn lupa pakai ring PER om) itu yg saya lakukan sekarang sudah 8 bulan gk pernah kendor lagi om dengan rpm 2100 max tuh engine. selamat mencoba om