Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budi »

Roll rate yg dimaksud ........ Seberapa cepat Muter pakai aileron kan?

Maap....ilmu saya sotoy tingkat tinggi......


Kalau iya, berarti benar pitch besar, roll rate besar, resikonya, instan pitch change, perlu tenaga, kalo sisa power ngg ada, ya bogging. Sedangkan semakin pendek rotor head terhadap roll center atau titik putar maka semakin besar roll ratenya.......hubungannya sama inertia

Mana yg lebih berperan, ....... Belum pernah coba sih membandingkan......tapi jelas kalau pakai turbulence, asap mufler difoto seperti membentuk donut.......

Expo membantu, kalau JR expo ke plus atau semakin sensitive....
User avatar
ersusilo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 60
Joined: 12 Jul 2009, 23:02
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by ersusilo »

om Budiman, karna om sebut sebut masalah sceadu evo, apakah ada kemungkinan karna gear ratio nya berbeda? Total pitch bagaimana om? Katanya total pitch pengaruh?
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budiman »

@ Pak Budi dan Pak ersusilo,
Yang saya maksud dengan roll-rate di sini memang sperti yg telah Pak Budi maksudkan, roll rate menggunakan aeleron...pada saat kejadian, saya memang melakukan axial-roll (roll secara simultan yg diawali dengan fast forward)...
Dugaan saya , bisa jadi karena perubahan pitch yg cepat menyebabkan bogged engine,plus penggunaan flybar pendek dengan paddle berpemberat(timah, yg kecil) ..menyebabkan heli ber-guling lamban sehingga tidak sinkron dengan perubahan pitch yg cepat...ini masi dugaan semata...oleh karena itu saat ini saya memerlukan berbagai masukan dan ide dari rekan2 sekalian...

Sceadu Evo 50 di-design utk mampu terbang dengan gaya yg berbeda...sport atopun 3D..karena pada bagian rotor head assy. terdapat option-nya...yaitu penempatan lubang linkage yg berbeda jarak ..saya kira ratio gear bukan menjadi masalah, karena telah terbukti beberapa rekan menggunakan heli ini utk ber-3D ria.
Pitch range saya menggunakan -10 s/d +10deg...throttle menggunakan 100%,inh, 50%,inh,100%...saya sengaja menggunakan total pitch ini, karena masi berpikir bahwa range yg demikian jauh akan lebih aman utk menyelamatkan heli saat recovery...

Pada saat kejadian engine bogging setelah roll simultan yg kedua...saya coba recovery tapi engine benar2 lamban akselerasinya, mungkin karena saya tidak menggunakan governor?, (tapi utk T-Rex 600 NP saya juga tidak menggunakan governor, utk manuver yg sama, saya tidak mengalami masalah....engine yg saya gunakan masi sama...alias cuma pindah heli saja...dan baru saja break-in setelah penggantian liner dan piston's ring....)
Pada akhirnya, Sceadu Evo 50 saya, tersungkur dengan kondisi engine lemas...karena utk melakukan auto rotation juga percuma,karena sisa putaran yg ada sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi...sudah tersedot saat melakukan recovery ...ditambah spek main blade yg terlalu ringan yg saya gunakan saat itu...
Mohon pencerahan...

salam,
budiman
User avatar
budi.santoso
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 507
Joined: 09 Jul 2007, 23:25
Location: Jakarta
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by budi.santoso »

Ikutan menyimak..
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budiman »

Alo Pak budi.santoso..
Kira2 Pak budi punya dugaan utk masalah diatas?...Apakah karena negative pitch saya yg terlalu besar?...apakah telah terjadi "dragging" karena negative pitch ini saat heli berguling dari inverted menuju ke posisi normal?...
Mohon pencerahan... :flu

salam,
budiman
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budi »

budi.santoso wrote:Ikutan menyimak..


Suhu koq menyimak?


Btw, padle berat dan flybar panjang, membuat lagging cyclic besar sehingga respond lebih lambat, ini mengurangi roll rate juga
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budi »

Baru nyadar.........ada 3 Budi.........
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budiman »

Budi wrote:Baru nyadar.........ada 3 Budi.........

:ha3 :ha3 :ha3
User avatar
dhanin
Airman
Airman
Posts: 36
Joined: 18 Jun 2011, 01:45
Location: Bekasi, Jabar, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by dhanin »

ikutan belajar ilmunya dari para suhu :tlt
:thx
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budiman »

Saya mulai menemukan titik terangnya, tapi perlu pembuktian lebih dulu di lapangan...terima kasih segala masukan dan perhatiannya.....

salam,
budiman
Post Reply