Bagaimana menentukan roll-rate heli?
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Faktor apakah yg mempengaruhi roll-rate heli utk axial roll?..apakah roll rate heli bisa diubah sesuai dgn keinginan kita,tanpa menyebabkan bogging-nya engine?
Mohon pencerahan dan terimakasih sebelumnya?
Mohon pencerahan dan terimakasih sebelumnya?
- Budi
- Colonel
- Posts: 2626
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Roll rate sangat dipengaruhi oleh pitch, pitch kecil...roll rate lemot....pitch besar roll rate besar...
- Budi
- Colonel
- Posts: 2626
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
tambahan, semakin pendek mainshaft (jarak blade holder dengan center horizontal heli) , seperti di Hirobo turbulence maka semakin sadis roll ratenya.....
- setyo antarikso
- Senior Airman
- Posts: 139
- Joined: 01 Apr 2008, 12:33
- Location: Jakarta Timur
- Contact:
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Budi wrote:tambahan, semakin pendek mainshaft (jarak blade holder dengan center horizontal heli) , seperti di Hirobo turbulence maka semakin sadis roll ratenya.....
semakin besar head speed juga mempercepat roll ratenya...
..sotoy mode...


-setyo-
pilot pesawat yg ga bisa main heli
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Budi wrote:tambahan, semakin pendek mainshaft (jarak blade holder dengan center horizontal heli) , seperti di Hirobo turbulence maka semakin sadis roll ratenya.....
Berarti kontra sama pitch ya Om Budi....hmm...
kalau begitu lebih diuntungkan yang mana ya... antara mainshaft pendek atau pitch yang besar, mohon pencerahan, sambil terus menyimak....







- ayokbcp
- Airman First Class
- Posts: 65
- Joined: 09 May 2010, 22:07
- Location: Surabaya
- Contact:
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
ikut menyimak.........



- ayokbcp
- Airman First Class
- Posts: 65
- Joined: 09 May 2010, 22:07
- Location: Surabaya
- Contact:
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
klo EXPO, ngebantu roll rate nggak ya? 

- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Mungkin main shaft yg pendek dan head speed yg tinggi diperlukan untuk manuver2 radikal...Hirobo Turbulence kan heli 3D kelas 90...
Manuver axial roll( roll yg simultan) biasanya lebih mudah dilakukan dengan menggunakan heli2 3D..tapi ya itu, terkadang sulit utk membuat heli 3D terbang dengan airspeed yg konstan saat axial roll...kalo saya seringnya ..heli malah turun pelan2 saat melakukan roll yg simultan ini..kalo sekedar roll satu kali si , tidak ada masalah..
Yang membuat saya kepikiran saat ini..Sceadu Evo 50 dengan spesifikasi yg standart..saat saya melakukan axial roll, malah membuat engine bogged..di saat roll yg kedua(simultan)...sedangkan ,sebelum melakukan axial roll, saat saya uji dengan melakukan flip (backward), dr kondisi hover normal..tidak ada masalah...Roll satu kali, juga tidak ada masalah..
Hal ini baru saya alami, setelah melakukan pergantian muffler dari Align menggunakan MP 5..karena saat menggunakan Align, heli tidak perna mengalami bogged engine sekalipun..untuk saat ini, soal penggantian muffler akan saya kesampingkan dulu sbg salah satu penyebabnya...
Apakah ada saran2 tambahan dari rekan2 sekalian mengenai roll rate dan bogged engine saat axial roll?...mohon pencerahan
Manuver axial roll( roll yg simultan) biasanya lebih mudah dilakukan dengan menggunakan heli2 3D..tapi ya itu, terkadang sulit utk membuat heli 3D terbang dengan airspeed yg konstan saat axial roll...kalo saya seringnya ..heli malah turun pelan2 saat melakukan roll yg simultan ini..kalo sekedar roll satu kali si , tidak ada masalah..
Yang membuat saya kepikiran saat ini..Sceadu Evo 50 dengan spesifikasi yg standart..saat saya melakukan axial roll, malah membuat engine bogged..di saat roll yg kedua(simultan)...sedangkan ,sebelum melakukan axial roll, saat saya uji dengan melakukan flip (backward), dr kondisi hover normal..tidak ada masalah...Roll satu kali, juga tidak ada masalah..
Hal ini baru saya alami, setelah melakukan pergantian muffler dari Align menggunakan MP 5..karena saat menggunakan Align, heli tidak perna mengalami bogged engine sekalipun..untuk saat ini, soal penggantian muffler akan saya kesampingkan dulu sbg salah satu penyebabnya...
Apakah ada saran2 tambahan dari rekan2 sekalian mengenai roll rate dan bogged engine saat axial roll?...mohon pencerahan
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Saya kok malah kepikiran sama efek dari penggantian Muffler suhu...







- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?
Mas Hand,
Apakah muffler yg berbeda profil akan memberi pengaruh kompresi engine yg sangat significant?..MP 5 berpenampang lebih lebar pada chamber nya..sedangkan ALIGN ber-penampang lebih sempit dan slim(karakter muffler 3D)..panjang kedua muffler sama...
Pada hal saat starting engine di saat cold, engine lebih mudah hidup dengan menggunakan MP5...
Mohon pencerahan
Apakah muffler yg berbeda profil akan memberi pengaruh kompresi engine yg sangat significant?..MP 5 berpenampang lebih lebar pada chamber nya..sedangkan ALIGN ber-penampang lebih sempit dan slim(karakter muffler 3D)..panjang kedua muffler sama...
Pada hal saat starting engine di saat cold, engine lebih mudah hidup dengan menggunakan MP5...

Mohon pencerahan