itu nggak aneh mas. type pesawatnya canard. sama saja seperti pesawat biasa, cuman stab dan elevator nya pindah ke depan. jadi penentuan CG nya tetap sama saja seperti pesawat biasa. kalau bentuk sayap nya masih kotak, itu bentuk sedehana. nentukan CG nya gampang. kalau bentuknya sudah nggak kotak, baru sulit ...
memang harus di sayap utama (memangnya ada sayap kedua? kalau sayapnya 2 namanya biplane), yang menghasilkan lift. yg didepan itu bukan sayap, itu stabilizer + elevator mas ...
Kebetulan ada bikin pesawat yg pake canard dengan main wing di belakang, numpang tanya.... Saya pernah mencoba membuat pesawat seperti gambar di atas namun beda pada canard ( gambar di atas canard-nya masih menggunakan elevator ) sedangkan yg saya buat full canard moveable 9 ( maksudnya sebagai elevator ) CG di 30% dari leading edge, dan hasilnya pesawat tidak bisa terbang, ketika mau take off dan elevator di gerakan sedikit saja pesawat langsung nge-loop di tanah . Akhirnya di aileron di mixing jadi elevon dan akhirnya bisa terbang dengan baik .... pertanyaannya adalah apakah canard tidak boleh full moveable yg berguna sebagai elevator ?
karena elevator nya di depan, jadinya memang lebih sensitif (tidak ada feedback negatif). apalagi ini seluruh permukaan nya jadi elevator. coba di analisa : misalnya permukaan stabiliser (horisontal) diambil 50% untuk jadi elevator maka * kalau stab + elevator dibelakang, bila elevator diberi up 45 derajat maka ekor pesawat akan tertekan kebawah. saat posisi pesawat sudah menengadah ke atas 45 derajat kan posisi elevator terhadap laju pesawat jadi 0 derajat. jadi tinggal stab nya yg malah ber sudut serang 45 derajat. akibatnya ekor akan tertekan kembali ke atas (umpan balik negatif). keseimbangan nya akan tercapai di sekitar 23 derajat lebih sedikit. *kalau stab+elevator diatas, dengan kondisi yg sama (elevator diberi down 45 derajat) maka hidung akan terangkat. saat posisi pesawat menengadah 45 derajat, posisi elevator jadi 90 deratat (bakal bikin drag berar) dan sudut serang stab jadi 45 derajat yg akibatnya malah tambah menekan hidung pesawat ke atas (umpan balik positif).
jadi untuk canard, memang sudah sifat elevator akan jadi sangat sensitif. apalagi kalau elevatornya 100% stab. jadi bukan tidak boleh, tapi deflexinya jangan banyak2 seperti elevator normal ...
christoffel wrote:memang harus di sayap utama (memangnya ada sayap kedua? kalau sayapnya 2 namanya biplane), yang menghasilkan lift. yg didepan itu bukan sayap, itu stabilizer + elevator mas ...
oh berarti sama aja dong... sip deh sip.... thanks om cris