Franky wrote:Betul crash itu pelajaran yg berharga sehingga next time kita bs lebih memberi perhatian pada pre-flight check. 2 Hari yg lalu saya juga baru Inverted hard landing T-Rex, krn mgk power kurang, padahal pitch udah +10 dan -10.
Malamnya saya coba perbaiki sendiri, kebetulan parts ada...
Kemarin setelah semuanya selesai, saya coba terbang lagi di halaman rumah, baru naik 5 cm tiba-tiba heli melintir, saya langsung throttle cut, heli selamat... tapi bersamaan dgn itu ada suara kencang "BANG" pada pintu pagar besi, ternyata tail rotor lepas!!! alamaak... gmn jadinya kalo kena kaki??? pintu besi yg tebal aja terlihat bekasnya... tail rotor itu kan matanya tajam spt pisau... fiuh.... thanks GOD saya still in one piece, ntar bawa ke ahlinya aja deh biar di cek satu per satu... kirain cuma engine aja yg bahaya, ternyata elektrik juga ga kalah bahayanya lho...
Wah ...jangankan heli engine, heli elektrik aja neh,udah perna membuat saya masuk ICU..dasar lagi apes waktu itu...
Franky wrote:Betul crash itu pelajaran yg berharga sehingga next time kita bs lebih memberi perhatian pada pre-flight check. 2 Hari yg lalu saya juga baru Inverted hard landing T-Rex, krn mgk power kurang, padahal pitch udah +10 dan -10.
Malamnya saya coba perbaiki sendiri, kebetulan parts ada...
Kemarin setelah semuanya selesai, saya coba terbang lagi di halaman rumah, baru naik 5 cm tiba-tiba heli melintir, saya langsung throttle cut, heli selamat... tapi bersamaan dgn itu ada suara kencang "BANG" pada pintu pagar besi, ternyata tail rotor lepas!!! alamaak... gmn jadinya kalo kena kaki??? pintu besi yg tebal aja terlihat bekasnya... tail rotor itu kan matanya tajam spt pisau... fiuh.... thanks GOD saya still in one piece, ntar bawa ke ahlinya aja deh biar di cek satu per satu... kirain cuma engine aja yg bahaya, ternyata elektrik juga ga kalah bahayanya lho...
Heli elektrik justru punya power lebih gede dibanding engine, bandingkan putaran blade antara elektrik lebih besar dibanding engine... yah... meskipun tergolong lebih kecil tapi perhatian akan keselamatn harus menjadi nomor satu...
Kok bisa tail rotor copot, maksudnya tail blade atau tail rotor set yang copot... sepertinya ada skrup yang agak kendor. Meskipun sesuatu yang kecil harus tetap menjadi perhatian detil sebelum flight
Progres flight sudah inverted nih mas Franky... selamat ya...
Syafik wrote:Kok bisa tail rotor copot, maksudnya tail blade atau tail rotor set yang copot... sepertinya ada skrup yang agak kendor. Meskipun sesuatu yang kecil harus tetap menjadi perhatian detil sebelum flight Progres flight sudah inverted nih mas Franky... selamat ya...
Oh iya sorry salah tulis, tail blade dan tail blade holder yg copot...
setelah kena pintu itu, saya perbaiki lagi, saya pikir ada sekrup dan baut yg loose, setelah semuanya dikencengin saya coba terbang lagi... eh ternyata copot lagi, tapi kali ini saya udah lebih pinter, mainnya jauh2 yg kemungkinan kena kakinya minim, tapi karena copotnya blade tsb kali ini tidak menabrak objek apapun, jadi sampe sekarang gak ketemu lagi, gak tau terbang kemana, walaupun setelah dicari2 dalam radius ± 25 m...
Hehe... benda kecil gitu kalau terlempar... susah carinya, kalau bs didetect pake detector sih enak ya... bikin kesal ya...
Memang sering terlewati untuk cecking kalau part yang ada skrup gak terlihat seperti blade holder... wah grounded dong meskipun hanya tail blade aja yang gak ada
iya nih sementara grounded dulu deh mo beli kirim parts takut salah pasang, sekalian nanti weekend aja deh bawa ke HS jadi bisa di cek secara keseluruhan...
tadi pagi sewaktu hover-an di car port pake belt CP.. saat itu ada anak tk pulang sekolah berhenti untuk nonton.. kebetulan saya tidak melihat karena posisi membelakangi jalan.... sya keasyikan menjinakan heli yang cukup 'Liar" ini (hover doang) FF, Nose in (belajar) tiba-tiba salah satu anak tersebut lari ke arah heli di saat yang bersamaan helinya sedang ff ke arah samping saya... masih untuk saya melihat ke belakang.. kaget, gugup akhirnya thortle down, elev up (buat negerem) hasilnya crash lagi (padahal baru selesai diperbaiki...) untung tidak kena anak itu wuihh. .. selamat...
Roy_95 wrote:tadi pagi sewaktu hover-an di car port pake belt CP.. saat itu ada anak tk pulang sekolah berhenti untuk nonton.. kebetulan saya tidak melihat karena posisi membelakangi jalan.... sya keasyikan menjinakan heli yang cukup 'Liar" ini (hover doang) FF, Nose in (belajar) tiba-tiba salah satu anak tersebut lari ke arah heli di saat yang bersamaan helinya sedang ff ke arah samping saya... masih untuk saya melihat ke belakang.. kaget, gugup akhirnya thortle down, elev up (buat negerem) hasilnya crash lagi (padahal baru selesai diperbaiki...) untung tidak kena anak itu wuihh. .. selamat...
Musti hati-hati kalo ada anak-anak.. mereka belum tahu bahayanya "mainan" ini! lebih baik kalo main heli jangan sendirian bro, tapi ada asisten yg lihat situasi, bila perlu kita harus galak sama anak-anak pada saat itu..
Roy_95 wrote:iya om pengalaman berharga... harus pake assisten nih klu mo main. soalnya sayang helinya juga klu sering di crash begitu ....
Om,biasakan kalo lagi terbang (apapun, baik pesawat apalagi hely ) ada orang kedua yg bagian jaga belakang pilot...buat menghalau penonton yg tiba2 nyelonong.