Hari Sabtu, 2 minggu yang lalu..... seperti biasa pagi2 udah siap di lapangan bola deket rumah buat nerbangin TREX....... hari itu nggak tau kenapa, penasaran banget pengen nyoba manuver sederhana (belok kanan) karena udah mulai bosen hover (padahal hovernya juga masih tail/side in.... nose-in masih belum berani).... belok kanan ini udah sering dilatih di simulator.......
Singkat cerita, begitu heli mulai naik langsung FF sampai 5 meteran (pertimbangannya kalo nanti gerakannya ngaco masih sempet koreksi di udara)...... udah itu langsung gerakin stik dua-duanya kekanan untuk belok...... begitu udah belok, tiba-tiba muncul keraguan (gara-gara kepikiran kalo udah posisi nose in entar gimana)..... akibatnya konsentrasi agak pecah dan heli mulai menukik dengan cepat..... langsung reflek mundurin stik kanan dan naikin stik throttle..... kecepatan berkurang dan heli mulai naik.... tapi sayangnya udah terlalu dekat ke pucuk dahan dan...... grusakkk..... blade nyamber daun-daun.... akhirnya heli nyangkut ke pohon diketinggian sekitar 6 m........
Sempet bengong....

..... karena ini crash yang pertama dan bingung gimana nuruninnya....... akhirnya kepikiran cari pinjeman galah ke rumah sekitar.... untung dapet..... ujung galah saya selipkan di landing skid ..... setelah di sodok-sodok kayak metik mangga, akhirnya heli bisa lepas dan meluncur ke bawah ala "flying fox".......

...... cek-cek.... ternyata "mixing lever" ada yang patah dan strut tail boom hilang satu...... waduhhh.... heli masih inreyen kok sudah crash....
Besoknya di bawa ke e-Hely Simprug buat direpair...... dicek sama teknisi, ternyata main shaft juga bengkok dikiiitt (tetep aja musti ganti)....

....... begitu mau cek spindle..... Ya Allah.....ternyata..... belum dibuka bautnya sudah kendor...ndor.....

....tinggal nunggu lepasnya aja.....
Selama ini saya selalu cek baut blade holder, tapi nggak pernah kepikiran untuk cek baut feathering shaft.....

....., soalnya waktu pake DF76C baut itu nggak pernah kendor, malah susah banget bukanya............
Saya bersyukur heli saya crash sekarang.....

...... jadi ketahuan.... apa jadinya kalo blade lepas di udara...... bisa bikin celaka orang dan tentunya biaya repair lebih besar.......
Moral of the story :
- selalu berdoa sebelum terbang
- jangan pernah lupa untuk pre-flight check
- kalo udah niat mau manuver jangan ragu-ragu