sahid wrote:karena sdh ada step untul stall turn....lanjut ke tail slide.....
hampir sama dg stall turn, cuman yg ini kebalikan aja...yg perlu dikuasai terlebih dahulu jalan mundur aka backward dlm segala arah...terus fastbackward...ya akhirnya dg mudah melakukan gerakan dimaksud...kalu stall turn nose heli dibawah yg ini tailnya yg dibawah..
mohon maaf kalo salh

Wah..ini yang lumayan pening tapi menarik utk dipelajari..terbang mundur...bravo,Pak Sahid...

...silahkan lanjut lagi,Pak Sahid.. sambil menunggu beberapa pertanyaan dari teman2 ...
@ Mas Handoyo...monggo dibagi lagi manuver2 heli yang lainnya,Mas...saya yakin akan sangat berguna kok..
Kepada teman2 senior pilot heli..silahkan untuk nimbrung..
Saran tambahan dari saya :
Khusus untuk
LOOP, saya mau menambahkan, baru teringat tadi pagi..
trik yg saya gunakan agar tidak gugup saat melakukan LOOP utk pertama kalinya adalah dengan membiasakan diri utk melihat heli dalam posisi
INVERTED, artinya saya harus mempelajari
INVERTED HOVER...tujuannya saya adalah..bila tejadi kegagalan sedangkan posisi helikopter sudah dlm kondisi terbalik, maka recovery menggunakan
INVERTED HOVER akan dapat meyelamatkan helikopter...
Sedangkan khusus utk
FAST FORWARD FLYING FIGURE 8, agar dapat mulai merasakan feel nya dalam melakukan manuver ini, maka
side-in hover dengan menggunakan trainning kit dan bergerak maju dengan kecepatan lamban lalu berbelok cukup dengan menggunakan rudder,ini akan memudahkan kita. Namun , dengan memasang trainning kit pada helikopter, in justru akan menghambat pergerakan helikopter, oleh karna itu,pada tahapan ini, berbelok dengan menggunakan teknik banking jangan dulu dilakukan. Cukup terbang maju saja, dengan ketinggian yg aman dari tanah..kemudian berbelok menggunakan rudder. Ini yang perlu dikuasai terlebih dulu dan saya sarankan juga agar Anda tidak mengikuti pergerakan helikopter dengan ikut berjalan kaki di belakangnya, Anda harus berlatih utk tetap diam pada satu point, dan helikopter yg terbang di depan Anda.
Perlu diingat, bahwa ada prinsip yang menarik saat mempelajari helikopter, yaitu
ANDA YANG MENGENDALIKAN HELIKOPTER, DAN BUKAN SEBALIKNYASetelah kita cukup nyaman utk menambah kecepatan terbang helikopter, maka banking dengan sudut yg landai ,silahkan utk dicoba...sekali lagi, air speed(kecepatan terbang) helikopter adalah hal yg sangat penting dalam manuver
FAST FORWARD FLYING FIGURE 8Sekian dulu utk manuver ini
Silahkan utk bertanya jika Anda masi belum paham dengan penjelasan kami..Selamat mencoba
salam,
Budiman