servo rudder panas
Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
- ersusilo
- Airman First Class
- Posts: 60
- Joined: 12 Jul 2009, 23:02
- Contact:
Re: servo rudder panas
Om Ceng
Liat dulu waktu sblm heli nya di nyalain. Apakah servo nya gemeteran sendiri ngga servo horn nya? Kl heli nya sudah dinyalakan, bgm servo horn nya. Gemeteran ngga?
Jangan lupa, kl servo sempet kepanasan, servo nya siap siap jadi "bodo".
Eric
Liat dulu waktu sblm heli nya di nyalain. Apakah servo nya gemeteran sendiri ngga servo horn nya? Kl heli nya sudah dinyalakan, bgm servo horn nya. Gemeteran ngga?
Jangan lupa, kl servo sempet kepanasan, servo nya siap siap jadi "bodo".
Eric
-
- trainee
- Posts: 20
- Joined: 24 Feb 2010, 09:17
- Location: bukittinggi
Re: servo rudder panas
sahid wrote:cengwahyuni wrote:wah bagusnya heli langsung disetting sama suhu nya nih,
biar ngak tambah parah.
kapan ya om sahid n om budiman?
gmn masalahnya Bang apa sdh terpecahkan?....kalo ada waktu silahkan dibawa ke pku kita latihan bersama....![]()
om sahid,klu helinya sy krm lewat travel aja ke pku gmn?apa om ngak keberatan bantu settingnya?
- rickyaditya
- Staff Sergeant
- Posts: 242
- Joined: 27 Nov 2009, 19:44
- Location: Surabaya & Pare
Re: servo rudder panas
ersusilo wrote:Om Ceng
Liat dulu waktu sblm heli nya di nyalain. Apakah servo nya gemeteran sendiri ngga servo horn nya? Kl heli nya sudah dinyalakan, bgm servo horn nya. Gemeteran ngga?
Jangan lupa, kl servo sempet kepanasan, servo nya siap siap jadi "bodo".
Eric
Sekalian nanya om, servo ruddder saya kadang2 gemetaran sendiri walau heli diam (heli nyala, servo rudder kadang bunyi cekcekcekcekcek..... cepat, kalao dilihat hornnya gerak2 dikiiiid sekali).
Dan memang sehabis hover santai2 1 batere servo rudder panas.
Panas dalam hal ini, tangan kita masih kuat megang. Klo dari cerita om cengwahyuni kan dia sampe ga kuat megang
Ruddernya kombinasi KDS800 dan KDS N90
- yafet07
- Airman First Class
- Posts: 92
- Joined: 13 Jan 2009, 10:07
- Location: Surabaya
Re: servo rudder panas
Nyumbang saran ya...
Utk elektronik:
servo rudder dan Gyro biasanya kerja di 4.8 volt... kalo BEC nya ESC biasanya 5 volt (normal)...
kalo ESC merk Align, BEC nya 6 volt... kayak batere NiCad/NiMH 5 cell...
regulator Align BEC nya 5.6 volt...
reactor X punya scot gray ada 2 bus... yg utk rudder di kasi 5 volt dari sononya...
kalo pake gyro ama servo bukan punya Align maka di atas 5 volt hrs make "step down diode"...
kalo make gyro ama servo Align bisa pake 5.6 sampe 6 volt...
Utk mekanik:
permasalahan org rakit heli mesti gak pernah diperhatiin kalo linkage rudder digerakkan tangan hrs "bener2 ringan tanpa hambatan"... jgn dicoba pake servonya... pasti gerak...
Servo utk tail Align adalah DS 620 atau DS650... kalo DS610 sebaiknya tidak digunakan utk rudder krn lebih lambat jadi tail malah aneh...
Kerja servo rudder cukup berat krn gerak terus gak kayak servo cyclic... krn itu lebih cepet anget bukan panas... kalo panas berarti ada masalah di BEC ato beban...
MANA ADA SERVO RUDDER SAMPE PANAS GAK BISA DIPEGANG??? KALO ANGET MASIH MUNGKIN... jelas2 salah total...
Kalo servo rudder gemeter itu gak beres Gyronya (dgn catatan servo baru bukan bekas crash)... ato kalo RX ama TX nya pake merk gak umum ya bisa jadi penyebabnya...
Gak ada servo rudder gerak2 sendiri biarpun kena vibrasi engine... kecuali potensio servonya udah cacat krn sering crash...
Utk elektronik:
servo rudder dan Gyro biasanya kerja di 4.8 volt... kalo BEC nya ESC biasanya 5 volt (normal)...
kalo ESC merk Align, BEC nya 6 volt... kayak batere NiCad/NiMH 5 cell...
regulator Align BEC nya 5.6 volt...
reactor X punya scot gray ada 2 bus... yg utk rudder di kasi 5 volt dari sononya...
kalo pake gyro ama servo bukan punya Align maka di atas 5 volt hrs make "step down diode"...
kalo make gyro ama servo Align bisa pake 5.6 sampe 6 volt...
Utk mekanik:
permasalahan org rakit heli mesti gak pernah diperhatiin kalo linkage rudder digerakkan tangan hrs "bener2 ringan tanpa hambatan"... jgn dicoba pake servonya... pasti gerak...
Servo utk tail Align adalah DS 620 atau DS650... kalo DS610 sebaiknya tidak digunakan utk rudder krn lebih lambat jadi tail malah aneh...
Kerja servo rudder cukup berat krn gerak terus gak kayak servo cyclic... krn itu lebih cepet anget bukan panas... kalo panas berarti ada masalah di BEC ato beban...
MANA ADA SERVO RUDDER SAMPE PANAS GAK BISA DIPEGANG??? KALO ANGET MASIH MUNGKIN... jelas2 salah total...
Kalo servo rudder gemeter itu gak beres Gyronya (dgn catatan servo baru bukan bekas crash)... ato kalo RX ama TX nya pake merk gak umum ya bisa jadi penyebabnya...
Gak ada servo rudder gerak2 sendiri biarpun kena vibrasi engine... kecuali potensio servonya udah cacat krn sering crash...
-
- trainee
- Posts: 20
- Joined: 24 Feb 2010, 09:17
- Location: bukittinggi
Re: servo rudder panas
jd klu seting gyro seperti apa ya om yaffet,masih awam
- yafet07
- Airman First Class
- Posts: 92
- Joined: 13 Jan 2009, 10:07
- Location: Surabaya
Re: servo rudder panas
pake gyro ama servo apa dulu... kalo saya lebih suka 1 set...
GY401 ama 9254... GP 750 ama DS 620... GP 780 ama DS 650...
kalo heli crash kena boom... boom bengkok... pasti servo rudder kena masalah... memang gak langsung keluar masalahnya... tapi pasti nanti bermasalah...
1)kalo setting gyro nyalain TX lalu RX... servo rudder akan berada di posisi center... (linkage rudder jgn dipasang dulu)... (dgn catatan Rudder trim center, rudder travel 100%, subtrim rudder 0)
2)setting reverse utk stick rudder maupun utk gyro... (hrs keduanya)
3)arahkan linkage ke ball link horn dgn tidak menggoyang helinya... lihat apakah panjang linkage udah bener sehingga di dapat tail pitch 0 derajat... kalo belon setting linkage... pasang linkagenya...
(jgn lupa jarak ball link ke center horn sekitar 10 sampe 12mm)
4)pasang linkage... setting limit di gyro sampe arah kiri dan kanan tidak bikin linkage bending...
5) atur gyro gain di remote sekitar 60-65%...(utk JR... kalo Futaba biasanya 45%)
Test helinya dgn menaikkan gyro gain terus sampe heli mulai wag... lihat berapa nilainya... turunkan 2 sampe 3% lalu test lagi... sampe heli tidak wag maupun drift...
Test heli dgn forward speed agak tinggi lalu di bank... kalo wag berarti gain masih ketinggian... atur sampe enak...
Kalo maen idle up settingnya juga sama aja... biasanya berbeda sekitar 3 sampe 5% dgn settingan normal... coba backward kalo bisa... baik upright maupun inverted...
Itu yg biasa saya lakukan utk setting gyro dan tail heli... sampe sekarang gak pernah sekalipun saya mengalami servo rudder panas...
semoga bisa membantu...
GY401 ama 9254... GP 750 ama DS 620... GP 780 ama DS 650...
kalo heli crash kena boom... boom bengkok... pasti servo rudder kena masalah... memang gak langsung keluar masalahnya... tapi pasti nanti bermasalah...
1)kalo setting gyro nyalain TX lalu RX... servo rudder akan berada di posisi center... (linkage rudder jgn dipasang dulu)... (dgn catatan Rudder trim center, rudder travel 100%, subtrim rudder 0)
2)setting reverse utk stick rudder maupun utk gyro... (hrs keduanya)
3)arahkan linkage ke ball link horn dgn tidak menggoyang helinya... lihat apakah panjang linkage udah bener sehingga di dapat tail pitch 0 derajat... kalo belon setting linkage... pasang linkagenya...
(jgn lupa jarak ball link ke center horn sekitar 10 sampe 12mm)
4)pasang linkage... setting limit di gyro sampe arah kiri dan kanan tidak bikin linkage bending...
5) atur gyro gain di remote sekitar 60-65%...(utk JR... kalo Futaba biasanya 45%)
Test helinya dgn menaikkan gyro gain terus sampe heli mulai wag... lihat berapa nilainya... turunkan 2 sampe 3% lalu test lagi... sampe heli tidak wag maupun drift...
Test heli dgn forward speed agak tinggi lalu di bank... kalo wag berarti gain masih ketinggian... atur sampe enak...
Kalo maen idle up settingnya juga sama aja... biasanya berbeda sekitar 3 sampe 5% dgn settingan normal... coba backward kalo bisa... baik upright maupun inverted...
Itu yg biasa saya lakukan utk setting gyro dan tail heli... sampe sekarang gak pernah sekalipun saya mengalami servo rudder panas...
semoga bisa membantu...
- yafet07
- Airman First Class
- Posts: 92
- Joined: 13 Jan 2009, 10:07
- Location: Surabaya
Re: servo rudder panas
catatan tambahan penting:
1)rudder trim center
2)servo travel 100%
3)Subtrim rudder 0
sebaiknya jgn dirubah nilainya ato anda akan bingung sendiri kenapa heli anda aneh...
1)rudder trim center
2)servo travel 100%
3)Subtrim rudder 0
sebaiknya jgn dirubah nilainya ato anda akan bingung sendiri kenapa heli anda aneh...
-
- trainee
- Posts: 20
- Joined: 24 Feb 2010, 09:17
- Location: bukittinggi
Re: servo rudder panas
sy pakai tx dx7 ,gyro gp750 +ds620 om
tailboom tdk bengkok siap crash.
linkage rudder jalannya mulus dan lembut sekali,tampa sy pasang ke servo rudder
tailboom tdk bengkok siap crash.
linkage rudder jalannya mulus dan lembut sekali,tampa sy pasang ke servo rudder
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: servo rudder panas
Sekedar menambahkan,
Saat heli diam, dg kondisi elektronik hidup, servo rudder memang normal utk bergerak sesekali namun dg gerakan yg sangat kecil,ini dikarenakan servo rudder mendapatkan signal terus-menerus dr gyro.
Gyro akan selalu mendeteksi gerakan sekecil apapun,walo heli diletakkan diatas meja/ato benda apapun yg secara kasat mata adalah diam. Hal ini yg juga menyebabkan servo rudder menghangat
Untuk saya pribadi,hal tsb adalah normal.Sekali lagi,servo digerakkan oleh kecepatan signal dr gyro, pabrik telah menganjurkan pasangan servo dengan gyro,secara terperinci.Artinya penentuan jenis dr servo utk fungsi kontrol rudder,tidak boleh sembarangan.Jika ini dilanggar atopun pabrik memberikan info yg salah,maka servo akan panas dan jebol.
Sekedar saran bagi Anda yg masih belajar hover dan blum mampu utk melakukan flip dan fast forward, cara paling gampang utk menentukan fungsi dasar gyro dan servo rudder yg benar adalah dg hovering saja, bila tail tdk mengalami drifting,berarti semuanya sudah benar.Set up Gyro, berdasarkan manual book masing2 yg disertakan bersama gyro, ini wajib Anda baca dan pahami.
Kemudian, neutral point pd rudder, setiap produk heli jg berbeda,ini juga wajib utk diketahui.Kesalahan paling besar dlm sett.up gyro dan rudder adalah kegagalan dlm menentukan
neutral point pd rudder heli....dan bukan pd gyro nya.
Karena pengubahan set point pd gyro,spt nilai gain,sensivity,dsb lebih bersifat fine adjustment atopun pd kondisi tail mengalami wagging,setelah penentuan neutral point yg tepat pd ruddder heli(slidder pd shaft tail rotor)
Setiap kali tail boom patah dan berdampak pd servo rudder?...saya kira ini relatif...krn tetap bergantung pd durabilitas dan kualitas dr produk yg digunakan..saya sendiri sering mengalami crashed hingga servo rudder terlempar...tapi servo masi ok hingga sekarang....Kunci yg utama utk mengurangi resiko cideranya servo adalah pemasangan groumet pd holder servo,krn groumet lebih bersifat utk meredam vibrasi dan impact.
Untuk Om Ceng,
sudahkah Anda memeriksa slidder yg bergerak pd shaft tail rotor?
Saran dari saya,coba Anda cermati dg teliti hal tsb...Manual book heli Anda pasti memberikan gambaran mekanikal yg detail mengenai bagian2 dr kendali rudder....
salam,
Budiman
Saat heli diam, dg kondisi elektronik hidup, servo rudder memang normal utk bergerak sesekali namun dg gerakan yg sangat kecil,ini dikarenakan servo rudder mendapatkan signal terus-menerus dr gyro.
Gyro akan selalu mendeteksi gerakan sekecil apapun,walo heli diletakkan diatas meja/ato benda apapun yg secara kasat mata adalah diam. Hal ini yg juga menyebabkan servo rudder menghangat
Untuk saya pribadi,hal tsb adalah normal.Sekali lagi,servo digerakkan oleh kecepatan signal dr gyro, pabrik telah menganjurkan pasangan servo dengan gyro,secara terperinci.Artinya penentuan jenis dr servo utk fungsi kontrol rudder,tidak boleh sembarangan.Jika ini dilanggar atopun pabrik memberikan info yg salah,maka servo akan panas dan jebol.
Sekedar saran bagi Anda yg masih belajar hover dan blum mampu utk melakukan flip dan fast forward, cara paling gampang utk menentukan fungsi dasar gyro dan servo rudder yg benar adalah dg hovering saja, bila tail tdk mengalami drifting,berarti semuanya sudah benar.Set up Gyro, berdasarkan manual book masing2 yg disertakan bersama gyro, ini wajib Anda baca dan pahami.
Kemudian, neutral point pd rudder, setiap produk heli jg berbeda,ini juga wajib utk diketahui.Kesalahan paling besar dlm sett.up gyro dan rudder adalah kegagalan dlm menentukan
neutral point pd rudder heli....dan bukan pd gyro nya.
Karena pengubahan set point pd gyro,spt nilai gain,sensivity,dsb lebih bersifat fine adjustment atopun pd kondisi tail mengalami wagging,setelah penentuan neutral point yg tepat pd ruddder heli(slidder pd shaft tail rotor)
Setiap kali tail boom patah dan berdampak pd servo rudder?...saya kira ini relatif...krn tetap bergantung pd durabilitas dan kualitas dr produk yg digunakan..saya sendiri sering mengalami crashed hingga servo rudder terlempar...tapi servo masi ok hingga sekarang....Kunci yg utama utk mengurangi resiko cideranya servo adalah pemasangan groumet pd holder servo,krn groumet lebih bersifat utk meredam vibrasi dan impact.
Untuk Om Ceng,
sudahkah Anda memeriksa slidder yg bergerak pd shaft tail rotor?
Saran dari saya,coba Anda cermati dg teliti hal tsb...Manual book heli Anda pasti memberikan gambaran mekanikal yg detail mengenai bagian2 dr kendali rudder....
salam,
Budiman
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: servo rudder panas
cengwahyuni wrote:om sahid,klu helinya sy krm lewat travel aja ke pku gmn?apa om ngak keberatan bantu settingnya?
g' masalah Mas...silakan, kalo bs jangan lama2.... oh iya akhir bulan ini saya mudik....

