Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Post by DIMAS »

handoyo6299 wrote:coba cari sumbernya juga belum dapet...hiks... tapi ini schedule apa ya Om Dimas... kok kayaknya lain dari schedule P ya.... apa ini untuk area khusus atau bagaimana.. mohon penjelasan....

Kalau yang pake istilah/judul Schedule P, ini untuk kode maneuver pesawat.
Misal Schedule P 09, artinya jenis maneuver untuk pesawat, berlaku sampai dengan th 2009.
Kalau P 011, artinya jenis maneuver utk pesawat, berlaku sampai th 2011.

Atau coba ke WWW.FAI.org

Salam...
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Post by DedDredd »

DIMAS wrote:
Salah satu syarat supaya gerakan tersebut sempurna, gerakan laju heli harus kenceng.
Kalau kurang kenceng, gerakan jadi barrel.

salam...


Maaf om, kecepatan heli kenceng itu kira2 berapa ya? Mungkin ada patokan kecepatan heli berdasarkan ukuran heli?

Trus pernah baca dari sumber yg saya lupa...agar gerakan bisa smooth dan tidak kehilangan altitude sewaktu rolls sebaiknya ada mixing antara aileron dan throtle....mungkin ada suhu yang bisa menjelaskan proses mixingnya gimana....


:tlt Sepertinya f3c sama menariknya dengan 3d...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Post by Budiman »

Sebelumnya saya bukan suhu... :wek
Heli yang memiliki laju air speed yg baik ditentukan dari design paddle ...Design paddle ini menentukan gaya gyroscopic yg mana selalu membayangi heli dalam setiap manuvernya..kalo tidak salah... :wek
kalo secara praktek yg saya lakukan untuk menilai apakah heli mampu mempertahankan air speed nya ato tidak adalah..

mengukur seberapa lama heli mampu untuk melaju lurus pada satu garis dengan besaran sudut pitch main blade yg TETAP dan ELEVATOR pada posisi neutral, tanpa bantuan tail-wind....kira2 begitu de bahasa yg bisa saya ungkapkan... :tlt

Sedangkan untuk seberapa cepat ato kencengnya heli melaju...mungkin ditinjau dari seberapa banyak elevator dan seberapa besar Pitch main blade dilibatkan, saat heli mengawali gerak Fast Forward Flight...karena sisanya setelah itu, menurut yg saya amati lho ya...laju heli dibantu oleh paddle itu sendiri ...(non FBL)... :tlt

Mixing Aeleron-Throttle....saya ga tau de... ...karena design main blade juga ikut menentukan smooth tidaknya manuver2 semacam ini...disamping dampener rubber yg soft, panjang pendek Flybar, dst... :flu

Mungkin para jawara f3c bisa menjelaskannya lebih baik de... :pis

salam,
budiman
User avatar
arief.indra
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 67
Joined: 23 Dec 2008, 18:45
Location: Denpasar - Bali
Contact:

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Post by arief.indra »

Mohon ijin menyimak ya om, ini ilmu yg baru saya tahu bagi pemula spt saya, krn 2 thn maen heli tp bisanya hanya hover dan swing aja... Hiksss
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Post by Budiman »

arief.indra wrote:Mohon ijin menyimak ya om, ini ilmu yg baru saya tahu bagi pemula spt saya, krn 2 thn maen heli tp bisanya hanya hover dan swing aja... Hiksss


Silahkan Om arief.indra,
Saya juga masi ngawur maen helinya kok ,Om...
:ha3 :ha3

salam,
budiman
Post Reply