Wingloading
- Adilgun
- Technical Sergeant
- Posts: 315
- Joined: 18 Oct 2010, 11:12
- Location: Purwakarta
Re: Wingloading
Makasih dah bagi ilmu & pengalaman, He..he kl kelas suhu instingnya beda ma sy..msh seumur jagung om..msh pngen bnyk tau..
Kl menurut sy sepertinya aeromodelling sebagian besar di pengaruhi oleh wing,seperti para suhu bilang wing menentukan karakter pswt..karena pswt sy homemade smua dan yg plng males dan susah bikin wing..
Terkadang sy cm bikin fuse aja, wing nya 1 buat 2 pswt..hehe
Kl menurut sy sepertinya aeromodelling sebagian besar di pengaruhi oleh wing,seperti para suhu bilang wing menentukan karakter pswt..karena pswt sy homemade smua dan yg plng males dan susah bikin wing..
Terkadang sy cm bikin fuse aja, wing nya 1 buat 2 pswt..hehe
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Wingloading
AgoesAurelz wrote:saya udah berapakali bikin pesawat hingga airboat... semuanya bisa terbang enak... tapi jujur aja, saya ngga pernah hitung-hitung pake calculator,, maklum otak udah males mikir hitung2an... Saya juga pantang menjiplak ukuran-ukuran yg sudah ada.. jadi pasti ukuran yg saya buat beda dengan yang lain...![]()
jadi saya lebih pakai metode craftmanship alias trial and error... share pengalaman dikit buat pesawat.. saya biasanya bikin berdasarkan kira-kira aja, instict saya sebagai pilot aeromodeller lebih berperan disini... sayapnya biasanya saya buat agak panjang... kalo ngga enak/kurang lincah saya potong sisi-sisinya sampe mendapatkan gerak pesawat yg ideal spt yg saya inginkan...

konsep om AA
"if it look right, it will fly right"
- antonable
- Senior Airman
- Posts: 123
- Joined: 14 Apr 2011, 04:52
- Location: cilacap_sweet orange
Re: Wingloading
permisi... mohon advice nya dari senior2 di grage... newbie total nih..
saya sedang coba bikin pesawat pake polyfoam
sayap high wing
WS 110 cm dengan hedral
chord 19 cm
power plant bl tp 2409-18
prop 8x4
batt 3s 2200 20c
esc 20 amp
4 ch dengan 3 servo
AUW blm di timbang. tp pasti lebih dari 500 gr
landing gear 3 cycle steerable
apakah dengan racikan seperti di atas sudah optimal...?
terima kasih....
saya sedang coba bikin pesawat pake polyfoam
sayap high wing
WS 110 cm dengan hedral
chord 19 cm
power plant bl tp 2409-18
prop 8x4
batt 3s 2200 20c
esc 20 amp
4 ch dengan 3 servo
AUW blm di timbang. tp pasti lebih dari 500 gr
landing gear 3 cycle steerable
apakah dengan racikan seperti di atas sudah optimal...?
terima kasih....
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Wingloading
antonable wrote:permisi... mohon advice nya dari senior2 di grage... newbie total nih..
saya sedang coba bikin pesawat pake polyfoam
sayap high wing
WS 110 cm dengan hedral
chord 19 cm
power plant bl tp 2409-18
prop 8x4
batt 3s 2200 20c
esc 20 amp
4 ch dengan 3 servo
AUW blm di timbang. tp pasti lebih dari 500 gr
landing gear 3 cycle steerable
apakah dengan racikan seperti di atas sudah optimal...?
terima kasih....
diposting aja di foamy homemade, berikut foto2nya
- antonable
- Senior Airman
- Posts: 123
- Joined: 14 Apr 2011, 04:52
- Location: cilacap_sweet orange
Re: Wingloading
thanks om iwan21, segera meluncur kesana..... wwuuuuuuussszzzzzzzzzzzz.......
- bayupbm
- Senior Airman
- Posts: 140
- Joined: 19 Oct 2010, 11:06
- Location: solo - klaten - jepara
Re: Wingloading
iwan21 wrote:kalo suhu Chris pake oz/sq in, saya kebetulan pake gr/dm2. Selama ini pake <10 gr/dm2 utk mikro , <20 utk trainer slow flyer dan <30 utk sport/pusher
thrust rasionya masing-masing berapa om? dan juga powernya masing masing berapa watt/gram?
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Wingloading
bayupbm wrote:e]
thrust rasionya masing-masing berapa om? dan juga powernya masing masing berapa watt/gram?
kayaknya saya belom pernah ngitung2 rasionya om
kalo power loading sih patokan saya :
0,15 sampe 0,2 watt/gr utk slow flyer/trainer
0,2 sampe 0,3 utk sport/EDF
- bayupbm
- Senior Airman
- Posts: 140
- Joined: 19 Oct 2010, 11:06
- Location: solo - klaten - jepara
Re: Wingloading
menurut pengalaman om iwan, untuk wingloading 30 gr/dm atau lebih, minimal thrust nya brapa om? haruskah 1:1 atau harus lebih?
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Wingloading
bayupbm wrote:menurut pengalaman om iwan, untuk wingloading 30 gr/dm atau lebih, minimal thrust nya brapa om? haruskah 1:1 atau harus lebih?
lah tergantung buat pesawat apa dulu om?, kalo buat tridi sih iya, bahkan lebih
(saya sendiri sih belum pernah bikin pesawat dg TWR 1:1, buat saya thrust 60-70% berat total aja udah lebih dari cukup)
perlu diinget, wingloading setau saya gak berhubungan dg TWR
- bayupbm
- Senior Airman
- Posts: 140
- Joined: 19 Oct 2010, 11:06
- Location: solo - klaten - jepara
Re: Wingloading
klo misal seperti kemaren sy coba buat PD-51 berat 450gr, WS 80cm, ternyata wing loadingnya stelah di itung sekitar 44-45 gr/sq.dm, sy pakai prop 7X6 dngn motor 1400kv dpt thrust 400gram, susah sekali terbang, baru sy coba dengan motor dngan watt lbih gede trust 1kg (ga pnya yng lbh kecil) saya set maximal trotle di 60% shingga maximal thrust cuma 600gram, bs terbang ngebut, cm ya batre boros (4-5 mnit saja).. dengan WL 45gr/dm dan trust 400gram, apakah seharusnya udah bisa gt om? atau pesawat masih di dalam stall speed? jadi kecepatan pesawat belum cukup untuk terbang gitu kah?