Wingloading

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

Post Reply
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 315
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Wingloading

Post by Adilgun »

Mau minta ilmu lagi dari para Suhu gaero..,maaf kl repost, tp udah dicari sih kyknya ga ada..walaupun ada cm sekilas, lupa lg di postingan mana..

Saya belum mengerti mengenai Wingloading, yang sy tau wingloading (WL) daya angkat berdasarkan luas sayap (bener ga sih?)...
selama ini bikin pesawat udah ada plannya, tp ga ngerti...

1. yang sy ingin tau WL ini berketerkaitanya dengan apa saja (panj. fuse, berat pswt..etc)..?
2. apakah ada rumus (Ideal)nya (mis : berat pswt 500Gr, WL hrs sekian)...?
3. ...etc


Terimakasih
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Wingloading

Post by NF »

kliatanya berhubungan dgn karakter terbang (pelanngapung atau cepetberat)
#luasaan sayap sekian ...persegi idealnya berat sekian.....grm
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Wingloading

Post by toto »

yang saya pahami dengan nilai wing loading semakin kecil makan pesawat akan semakin ngapung seperti yang disebutkan oleh suhu pa'de NF jadinya si pesawat akan foregiving enak untuk di terbangkan bagi yang jantungnya enggak kuat lagi ..................... :wek

salam
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 315
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Re: Wingloading

Post by Adilgun »

minimal nya aja suhu..maksudnya...kalo sy bikin pswt(tanpa plan) dengan fuse A cm, berat B gram...minimalnya WL nya berapa supaya pesawat bs terbang layak, enak...
mungkin ada rumusnya gitu... :htg

terimakasih
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Wingloading

Post by NF »

buat sayapnya dulu , baru TLAR (That Looking All Right) untuk badannya...... alias di "pas"in....
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Wingloading

Post by toto »

coba deh longok2 di .................... viewtopic.php?f=45&t=32 ..................... semoga bisa membantu ............... :shy

salam
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 315
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Re: Wingloading

Post by Adilgun »

:shy betul suhu, berarti sudah terjawab 1, yaitu hubunganya dengan Fuse..
tapi cuma ada chord nya, WS nya gmana ya...?kl ga slh liat



Terimakasih
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Wingloading

Post by christoffel »

Adilgun wrote:yang sy tau wingloading (WL) daya angkat berdasarkan luas sayap (bener ga sih?)...

1. yang sy ingin tau WL ini berketerkaitanya dengan apa saja (panj. fuse, berat pswt..etc)..?
2. apakah ada rumus (Ideal)nya (mis : berat pswt 500Gr, WL hrs sekian)...?


om Adilgun ...
Wing loading itu didefinisikan sebagai beban (load) yg harus ditanggung oleh sayap (wing).
besarannya berat/luas, jadi rumusnya berat total pesawat dibagi luas sayap. (bukan daya angkat)
bisa gr/cm_persegi, kg/meter_persegi dll.
kalau saya lebih familier dg oz/feet_persegi, bukan karena mau ke-barat2-an (saya juga paling malas kalau harus konversi besaran) tapi karena data2 pesawat yg saya intip di majalah kebanyakan pake satuan ini jadi udah terlanjur hafal.

jadi, berkaitan dengan pertanyaan no 1 yg berhubungan dengal WL ini hanyalah berat pesawat dan luas sayapnya. nggak ada hubungan dg panjang fuse, posisi sayap, airfoil, dll

untuk pertanyaan no 2, nggak ada ketentuan baku. yg jelas, menentukan target WL bukan dari berat pesawatnya, tetapi lebih ke gaya terbangnya. contohnya untuk glider, karena tujuannya untuk glide, ya WL nya harus kecil. setahu saya sekitar 10 oz/squarefeet (8 sampai 12). untuk pesawat2 sport/aerobatic biasanya di sekitar 22 oz/squarefeet. untuk trainer sekitar 18 oz/squarefeet. untuk foamy 3D sekitar 6 oz/squarefeet. pesawat2 scale malah ada yg sampai 32 oz/squarefeet (makanya landingnya susah). pesawat IFO punya bli Ary malah cuman sekitar 1.5 oz/squarefeet. dst ...

hubungan nya dg karakter pesawat saat terbang, WL berbanding lurus dg stall speed.

semoga membantu ...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Wingloading

Post by iwan21 »

kalo suhu Chris pake oz/sq in, saya kebetulan pake gr/dm2. Selama ini pake <10 gr/dm2 utk mikro , <20 utk trainer slow flyer dan <30 utk sport/pusher
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Wingloading

Post by Budi »

Ada istilah "wing cube loading"....... Kira2 ada hubungannya ngg ya suhu?
Post Reply