Page 3 of 6
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 23 Sep 2011, 16:41
by Budiman
sevenslidegrills wrote:Mungkin bisa mulai dari 5.5-6deg mas. Jangan lupa settingan engine jg harus maxi dan pitch managementnya juga pas. Sekedar sharing saya biasa pake 6.5deg ail ele sofar gak nge-bog helinya.
tapi khalayak ramai menggunakan cyclic deg sekitar 7- 8 deg..hehehhe...pd hal , saya udah coba sendiri , besaran yg saya sebutkan tadi , malah berpotensi ukt membunuh engine nya...ato engine saya ada yg salah kali ya?...

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 08:21
by Budiman
Dari berbagai percobaan, akhirnya saya lebih memilih 5 deg utk swash degree, ballance untuk semua arah...selanjutnya adalah mempersiapkan heli dengan benar, termasuk melakukan "fine tune" cyclic-throttle mixing..
Saya singkirlan ide mengenai 7 deg swash, karena angka ini sangat membebani engine ...Rasanya cukup sekian dulu, kecuali ada rekan2 yang hendak menambahkan, menyalahkan atopun sekedar tertarik mengenai swash degree ini..
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 13:10
by budi.santoso
Budiman wrote:Dari berbagai percobaan, akhirnya saya lebih memilih 5 deg utk swash degree, ballance untuk semua arah...selanjutnya adalah mempersiapkan heli dengan benar, termasuk melakukan "fine tune" cyclic-throttle mixing..
Saya singkirlan ide mengenai 7 deg swash, karena angka ini sangat membebani engine ...Rasanya cukup sekian dulu, kecuali ada rekan2 yang hendak menambahkan, menyalahkan atopun sekedar tertarik mengenai swash degree ini..
Itu sah-sah saja pak Budiman. Seperti yg pernah sy katakan, keperluan setiap org berbeda-beda. Anyway, sukses sudah bisa menentukan setting mana yg cocok utk dipakai.
Terbangin heli menjadi sesuatu hal yg menyenangkan

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 14:49
by Budiman
Kalo ga dipancing, sang suhu tidak akan turun...
Om budi.santoso,
Wah iya..saya lupa...bukannya saya menyatakan bahwa 7 deg swash ini tidak bisa dipergunakan...sekali lagi mohon maaf..

...
Begini,
Dari berbagai percobaan yang pernah saya lakukan, antara
rolling dan
flip, 7 deg swash, tidak membebani engine saat
flip, karena saat flip ini beban hanya terjadi pada durasi waktu yang sangat singkat, apalagi saat
side-flip , yang tentu saja menggunakan
aeleron, karena heli digerakkan dari posisi stationary di udara(istilah saya sendiri)...sedangkan saat
rolling , heli melakukan 2 gerakan yang bergantian, yaitu diawali fast forward kemudian roll...artinya heli dalam kondisi sedang
in motion(fast forward), dan Rolling (berguling), yang mana, sejauh yang saya amati, lamanya waktu untuk engine untuk menghandle beban pada saat itu menjadi lebih lama, apagi ditambah dengan menggunakan 7 deg, beban akan semakin besar lagi saat itu..
Nah, kira2 Om budi.santoso dapat memberikan pendapat lagi neh

...silahkan Om budi santoso, terima kasih Om...

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 15:38
by johansipp
om budiman, apakah cyclic pitch 5" membuat heli jadi lambat saat rolling dan flip??
apakah engine oom gak pake governor? (maaf nuduh dan sok tau nih hihihi

)
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 19:13
by Budiman
johansipp wrote:om budiman, apakah cyclic pitch 5" membuat heli jadi lambat saat rolling dan flip??
apakah engine oom gak pake governor? (maaf nuduh dan sok tau nih hihihi

)
Tuduhan Anda memang benar sekali,Mas johan....
Dengan cyclic pitch 5 deg, saya boleh katakan "iya,lambat" untuk flip...karena percobaan saya tempo hari, heli sempoyongan saat flip, apalagi jika melawan angin.
Sedangkan saat untuk Rolling, juga sedikit memperlamban roll rate, dan ditambah dengan tujuan lain pula , yaitu agar saya dapat melakukan perubahan pitch (terutama) sesuai dengan kecepatan heli saat berguling.
Kesulitan saya yang pasti saat heli berguling (rolling) adalah timing yg tepat untuk memberikan 0 deg pitch saat heli berada pada posisi "knife-edge".....karena heli melaju dan berguling "in line" agak susah saya amati..terutama yang berguling beberapa kali...
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 20:02
by budi.santoso
@ Budiman: Wuahh sy bukan suhu.. Anyway, spt ikan sj hrs dipancing dulu.
Gak gtu sih pak Budiman, cuma skrg sy sdh kendor main aero.. Sebatas fun saja akan sy lakoni. Lain kalo dulu, ngotot latihannya. Makanya skrg agak2 gmanaaa gtu..
Perihal pendapat bpk yg terakhir itu ada benarnya pak..
Cuma kalo boleh saya kasih saran, beranikan dirilah pake teknologi. Teknologi yg sy maksud disini adalah Governor. Sy jamin koq, kalo semua dilakukan sesuai prosedur yg benar, penggunaan governor tdk akan merusak engine. Contoh lain yg paling simple penggunaan teknologi adalah Tachometer.
Untuk heli, apalagi terbangnya always idle up, tachometer itu penting sekali walaupun dipakenya cuma sekali2 doang. Dgn tachometer kita bisa tau saat bpk melakukan rolling headspeed turun menjadi berapa.. Atau sebaliknya saat tdk ada beban headspeed masuk sampe brapa. Cuma kebanyakan org meremehkan penggunaan tachometer.
Perihal penggunaan teknologi sy share pengalaman sedikit disini.
Berdasarkan pengalaman sy dlm mendalami helikopter, memang kita merasa dgn spec heli yg sederhana kita tdk mendapati problem yg berarti(saat itu). Tapi ada saatnya dmana kita akan menemui problem. Contoh spt yg sy alami.. Seiring dgn peningkatan skill sy, standard governor yg sy pake ternyata sdh tidak memumpuni. Saat disinilah spec akan berbicara.. Kita tdk bisa mentolerir hal tsb. Atau yg paling sering adalah penggunaan blade kayu, fiber dan carbon fiber. Simple kata jgn melakukan tic toc dgn blade kayu

. Kalo kita sdh mulai mencoba tic toc dr yg tdnya cuma belajar invert, sebenarnya secara tidak sadar skill anda sdh naik.. Betul tidak?
Disisi lain tapi bukan berarti kita mengabaikan adanya penggunaan teknologi yg sifatnya mubajir alias istilahnya overspec. Penggunaan teknologi yg mubajir ya ada juga dan byk terjadi..
Intinya teknologi itu kita perlukan tapii pandai2lah dlm memilih utk peruntukannya.
Sori jd OOT niih..
Salam,
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 20:30
by Budiman
budi.santoso wrote:@ Budiman: Wuahh..spt ikan sj hrs dipancing dulu.
Gak gtu sih pak Budiman, cuma skrg sy sdh kendor main aero.. Sebatas fun saja akan sy lakoni. Lain kalo dulu, ngotot latihannya. Makanya skrg agak2 gmanaaa gtu..
Perihal pendapat bpk yg terakhir itu ada benarnya pak..
Cuma kalo boleh saya kasih saran, beranikan dirilah pake teknologi. Teknologi yg sy maksud disini adalah Governor. Sy jamin koq, kalo semua dilakukan sesuai prosedur yg benar, penggunaan governor tdk akan merusak engine. Contoh lain yg paling simple penggunaan teknologi adalah Tachometer.
Untuk heli, apalagi terbangnya always idle up, tachometer itu penting sekali walaupun dipakenya cuma sekali2 doang. Dgn tachometer kita bisa tau saat bpk melakukan rooling headspeed turun menjadi berapa.. Atau sebaliknya saat tdk ada beban headspeed masuk sampe brapa. Cuma kebanyakan org meremehkan penggunaan tachometer.
Perihal penggunaan teknologi sy share pengalaman sedikit disini.
Berdasarkan pengalaman sy dlm mendalami helikopter, memang kita merasa dgn spec heli yg sederhana kita tdk mendapati problem yg berarti(saat itu). Tapi ada saatnya dmana kita akan menemui problem. Contoh spt yg sy alami.. Seiring dgn peningkatan skill sy, standard governor yg sy pake ternyata sdh tidak memumpuni. Saat disinilah spec akan berbicara.. Kita tdk bisa mentolerir hal tsb. Atau yg paling sering adalah penggunaan blade kayu, fiber dan carbon fiber. Simple kata jgn melakukan tic toc dgn blade kayu

. Kalo kita sdh mulai mencoba tic toc dr yg tdnya cuma belajar invert, sebenarnya secara tidak sadar skill anda sdh naik.. Betul tidak?
Disisi lain tapi bukan berarti kita mengabaikan adanya penggunaan teknologi yg sifatnya mubajir alias istilahnya overspec. Penggunaan teknologi yg mubajir ya ada juga dan byk terjadi..
Intinya teknologi itu kita perlukan tapii pandai2lah dlm memilih utk peruntukannya.
Sori jd OOT niih..
Salam,
Betul, saya setuju Pak budi.santoso....

...
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 21:10
by johansipp
Waduh petuah ttg spesifikasi heli kena bgt sama saya..
Spek align stock elektrik saat ini bagi saya sdh cukup, lalu senior sy bilang taon depan dg meningkatnya skill heli akan d ikuti upgrade motor kaya scorpio, lalu ganti merk blade, so-pasti esc + batt branded ikut serta dreplace utk mengakomodasi penasaran akan kemampuan heli.
Trus juga d kasih tau kalo menu governor esc bisa d ON kan pada heli elektrik utk mengejar rpm yg d inginkan.. <---- apakah demikian? Mohon pencerahannya oom..
Hihihi maaf jadi oot.. Cyclic swash aile+elev saya juga masih coba" cari yg enak karena sy terbangnya gak bs gaya F3C
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Posted: 16 Jan 2012, 21:52
by mamatpirlo
pak budiman yang baek hati dan tidak sombong saya mau numpang nimbrung juga nih pak..
heli saya velo50 engin navarosi 57, pitch +12/-12, swash degre 10, governoor multigov. setingan engin high nedle 1,5+3klik , midle nedle 1putaran, fuel coolpower 30%. jadwal terbang setiap jam 06-08 pagi.
yang saya rasakan ampe sekarang ini kok velo50 saya tenaganya masih kurang n ngedrop ya pak??? apa lagi klo wat di tiktok.... weleh...weleh... mesti ngedrop pak

. kok ndak bisa kayak punyane si tareh itu ya pak .....

ampe

saya.
apa itu setingan enginnya ya pak???? ato perlu dicoba ngurangi swash degrenya gtu ya pak???
mohon petunjuknya pak.....
terima kasih...