Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Moderators: Budiman, e12ry, Yudha
Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Rekan2,
Bagaimanakah langkah2 untuk melakukan pengaturan swash degree pada helikopter?
Mohon pencerahan dan terimakasih sebelumnya
salam,
budiman
Bagaimanakah langkah2 untuk melakukan pengaturan swash degree pada helikopter?
Mohon pencerahan dan terimakasih sebelumnya
salam,
budiman
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
bukannya swashdegree itu udah dari pabriknya ya oom?
kalo ccpm yg simetris 120deg...
kalo ccpm yg simetris 120deg...
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Anu,Pak Budi..swash degree ini maksud saya, sudut kemiringan swashplate saat melakukan fungsi aeleron ato elevator..cara pengukurannya ini gimana ya,Pak?
- Yudha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 563
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Om budiman, saya biasanya pake cara simple aja, pake pitch gauge ditaruh di flybar paddle terus digerakin gimbal aileron/elevator dan di keker sudutnya.
Untuk ngukur aileron, posisi paddle lurus dengan canopy dan tailboom, taruh gauge di paddle ukur dari depan sambil gerakkan aile ke kiri atau kanan. Untuk ngukur elevator posisiny melintang alias ngekernya dari samping.
Untuk ngukur aileron, posisi paddle lurus dengan canopy dan tailboom, taruh gauge di paddle ukur dari depan sambil gerakkan aile ke kiri atau kanan. Untuk ngukur elevator posisiny melintang alias ngekernya dari samping.
- rickyaditya
- Staff Sergeant
- Posts: 242
- Joined: 27 Nov 2009, 19:44
- Location: Surabaya & Pare
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Yudha wrote:Om budiman, saya biasanya pake cara simple aja, pake pitch gauge ditaruh di flybar paddle terus digerakin gimbal aileron/elevator dan di keker sudutnya.
Untuk ngukur aileron, posisi paddle lurus dengan canopy dan tailboom, taruh gauge di paddle ukur dari depan sambil gerakkan aile ke kiri atau kanan. Untuk ngukur elevator posisiny melintang alias ngekernya dari samping.
tentunya di posisi pitch 0 deg kan om yudha?
Heli saya dapetnya sekitar 7 deg om. kira2 kebanyakan ngga cyclic segitu *heli 450. Dulu waktu punya yg gede (550) dptnya 8 deg.
Tentunya expo di tx dilambatin sekitar 20%

Note*
Awalnya dapetnya ngga diukur dgn pitch gauge, saya cari maximalnya asal ga ada servo yg binding di pitch maximal dan minimum
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Yudha wrote:Om budiman, saya biasanya pake cara simple aja, pake pitch gauge ditaruh di flybar paddle terus digerakin gimbal aileron/elevator dan di keker sudutnya.
Untuk ngukur aileron, posisi paddle lurus dengan canopy dan tailboom, taruh gauge di paddle ukur dari depan sambil gerakkan aile ke kiri atau kanan. Untuk ngukur elevator posisiny melintang alias ngekernya dari samping.
Oh, jadi pitch gauge dipasang di paddle ya,Om Yudh..?..berarti saya salah selama ini..

- zq
- trainee
- Posts: 10
- Joined: 10 May 2008, 08:26
- Location: Bekasi Utara
- Contact:
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
OOm Budiman... sy setuju dgn Oom Yudha, cuma mo nambahin,
sebelumnya ukur posisi swash dulu, lebih baik klo punya swashplate leveler,
lalu ukur posisi paddle 90derajat terhadap main shaft, lebih baik lg pake 2 gauge d masing2 paddle,
setelah itu baru lanjut k langkah2 yg d jelaskan oleh OOm Yudha, salam...
sebelumnya ukur posisi swash dulu, lebih baik klo punya swashplate leveler,
lalu ukur posisi paddle 90derajat terhadap main shaft, lebih baik lg pake 2 gauge d masing2 paddle,
setelah itu baru lanjut k langkah2 yg d jelaskan oleh OOm Yudha, salam...
- johansipp
- Staff Sergeant
- Posts: 265
- Joined: 22 Dec 2010, 12:12
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
ini gunanya utk apa yah oom??
karakter terbang yg gimana yg ingin dicapai dgn mengetahui sudut swash?
karakter terbang yg gimana yg ingin dicapai dgn mengetahui sudut swash?
- zq
- trainee
- Posts: 10
- Joined: 10 May 2008, 08:26
- Location: Bekasi Utara
- Contact:
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Oom Johan...
menurut saya ini u presisi gerakan heli, jd menyamakan sudut swash u aileron & elevator,
ibarat mobil spooring & balancing, tentunya semakin besar sudut swash maka
semakin kecil sudut putar/gerakan roll u heli tersebut, salam...
menurut saya ini u presisi gerakan heli, jd menyamakan sudut swash u aileron & elevator,
ibarat mobil spooring & balancing, tentunya semakin besar sudut swash maka
semakin kecil sudut putar/gerakan roll u heli tersebut, salam...
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?
Selama ini, yg saya lakukan adalah sbb, mohon koreksi dari rekan2 sekalian :
- main blade pada posisi 0 deg dan paddle juga pada posisi 0 deg horisontal,serta swash juga pd posisi level
- untuk aeleron :
1. main blade sejajar tail boom dgn posisi heli nose in
2. pitch gauge saya tempatkan pd ujung main blade
3. fungsi aeleron digerakkan pd salah satu arah,yg mana main blade akan membentuk pitch sekian derajat saat swash miring.
4. Dengan tetap mengusahakan flybar tetap horisontal,0 deg, maka besarnya pitch main blade saat swash miring tadi,dapat dibaca dr gauge.
-untuk elevator,heli diposisikan side-in,dan langkah selanjutnya tetap sama.
Sekali lagi mohon koreksinya Rekan2..
@Mas johansip,
swash degree perlu dicermati,salah satunya adalah untuk me-manage total beban cyclic pd heli saat bermanuver dan memperhalus manuver saat di-excecute.
- main blade pada posisi 0 deg dan paddle juga pada posisi 0 deg horisontal,serta swash juga pd posisi level
- untuk aeleron :
1. main blade sejajar tail boom dgn posisi heli nose in
2. pitch gauge saya tempatkan pd ujung main blade
3. fungsi aeleron digerakkan pd salah satu arah,yg mana main blade akan membentuk pitch sekian derajat saat swash miring.
4. Dengan tetap mengusahakan flybar tetap horisontal,0 deg, maka besarnya pitch main blade saat swash miring tadi,dapat dibaca dr gauge.
-untuk elevator,heli diposisikan side-in,dan langkah selanjutnya tetap sama.
Sekali lagi mohon koreksinya Rekan2..
@Mas johansip,
swash degree perlu dicermati,salah satunya adalah untuk me-manage total beban cyclic pd heli saat bermanuver dan memperhalus manuver saat di-excecute.