aduh lama nggak online jadi ketinggalan cerita nich.
begin quote"Yang pasti utk heli aliran Patern, biasanya ada sudut delta dan pitch bisa dapet sampe 12 derajat. end quote.
Nah, mengenai sudut delta, kira-kira apa pengaruhnya kalau kita set negativ, dan bagaimana pula kalau kit set positif, mohon pencerahan dari suhu Dimas lagi, tetnu saja yan berhubungan deng autorotasi ya.
Salam
Angin dan Autorotation
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: Angin dan Autorotation
handoyo6299 wrote:Nah, mengenai sudut delta, kira-kira apa pengaruhnya kalau kita set negativ, dan bagaimana pula kalau kit set positif, mohon pencerahan dari suhu Dimas lagi, tetnu saja yan berhubungan deng autorotasi ya.
Salam
Dengan adanya "Sudut Delta" (kalo ga salah pernah dibahas) maka heli akan mengkoreksi sendiri dengan arah berlawanan apabila ada dorongan angin.
Koreksi yg dihasilkan tergantung dari settingan "sudut Delta".
Jadi kita harus sesuaikan kecocokan sudut delta yg kita anggap cocok utk si Pilot.
Salam...
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
terima kasih Dimas..
berarti perlu trial and error untuk mengetahui preference pilot ya suhu... ok dicoba kalau gitu.
Terima kasih dan salam
berarti perlu trial and error untuk mengetahui preference pilot ya suhu... ok dicoba kalau gitu.
Terima kasih dan salam
- serlata
- Senior Airman
- Posts: 172
- Joined: 19 May 2011, 09:02
- Location: Tegal
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
ikut nimbrung ya suhu,,
smpet liat2 di youtube para master2 kok bs thrtle cut dr jauh (bukan skdr tinggi) cm tetep landingny di dpan pilot,,
pertanyaanny klo mo sperti diatas apa saat thrtle hold dictek posisi heli hrus pnya momentum ke arah pilot? (waduh maaf klo prtanyaanny gk jelas) soalny smpet liat2 heli smpet diflip sesaat stlah thrtle hold (kykny udh gk ad momentum frdward lg)kok heli msh bs landing dpan pilot,,
apa diperbolehkan misal waktu autorot descent trus naekin pitch sbntar bwt skdar nambah momentum heli biar makin dket pilot? trus descent lg.. klo gk gmn caranya ya,,
soalny latian di simulator aj gk bs2,, slalu heli landing nun jauh disana.. gmn mo nyoba asliny..
untuk saat ini pke asliny bru blajar vrtical dscnt dr ketinggian 3-5mteran blom ada maju, mndur dll

smpet liat2 di youtube para master2 kok bs thrtle cut dr jauh (bukan skdr tinggi) cm tetep landingny di dpan pilot,,
pertanyaanny klo mo sperti diatas apa saat thrtle hold dictek posisi heli hrus pnya momentum ke arah pilot? (waduh maaf klo prtanyaanny gk jelas) soalny smpet liat2 heli smpet diflip sesaat stlah thrtle hold (kykny udh gk ad momentum frdward lg)kok heli msh bs landing dpan pilot,,
apa diperbolehkan misal waktu autorot descent trus naekin pitch sbntar bwt skdar nambah momentum heli biar makin dket pilot? trus descent lg.. klo gk gmn caranya ya,,
soalny latian di simulator aj gk bs2,, slalu heli landing nun jauh disana.. gmn mo nyoba asliny..
untuk saat ini pke asliny bru blajar vrtical dscnt dr ketinggian 3-5mteran blom ada maju, mndur dll
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
DIMAS wrote:handoyo6299 wrote:Nah, mengenai sudut delta, kira-kira apa pengaruhnya kalau kita set negativ, dan bagaimana pula kalau kit set positif, mohon pencerahan dari suhu Dimas lagi, tetnu saja yan berhubungan deng autorotasi ya.
Salam
Dengan adanya "Sudut Delta" (kalo ga salah pernah dibahas) maka heli akan mengkoreksi sendiri dengan arah berlawanan apabila ada dorongan angin.
Koreksi yg dihasilkan tergantung dari settingan "sudut Delta".
Jadi kita harus sesuaikan kecocokan sudut delta yg kita anggap cocok utk si Pilot.
Salam...
Sebenarnya, apakah definisi dari sudut delta ini..?...mohon pencerahan...

- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: Angin dan Autorotation
Budiman wrote:Sebenarnya, apakah definisi dari sudut delta ini..?...mohon pencerahan...
Dengan adanya sudut delta, maka heli akan mengkoreksi dan melawan (mengkonter) daya yg diterima.
Misal heli kedorong angin dari depan, maka heli akan bergerak maju dengan sendiri melawan dorongan angin dari depan, demikian juga dari arah-arah yg lain.
Besarnya koreksi akibat sudut delta, tergantung dari besaran sudut tersebut, dan setiap pabrikan punya karakteristik masing-masing.
Biasanya utk heli 3D, delta = 0, dan utk Patern bisa diatur sesuai selera pilot.
Salam...
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
DIMAS wrote:Budiman wrote:Sebenarnya, apakah definisi dari sudut delta ini..?...mohon pencerahan...
Dengan adanya sudut delta, maka heli akan mengkoreksi dan melawan (mengkonter) daya yg diterima.
Misal heli kedorong angin dari depan, maka heli akan bergerak maju dengan sendiri melawan dorongan angin dari depan, demikian juga dari arah-arah yg lain.
Besarnya koreksi akibat sudut delta, tergantung dari besaran sudut tersebut, dan setiap pabrikan punya karakteristik masing-masing.
Biasanya utk heli 3D, delta = 0, dan utk Patern bisa diatur sesuai selera pilot.
Salam...
Dari mana kita mengetahui sudut delta ini?..mohon pencerahan..

- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: Angin dan Autorotation
Budiman wrote:Dari mana kita mengetahui sudut delta ini?..mohon pencerahan..
Sudut delta = sudut yg terbentuk antara garis sumbu shaft padle dengan garis yg ditarik dari titik main shaft ke titik scentra dari ball blade pitch.
Supaya ga bingung saya coba foto kondisi yg dimaksud.

Di foto ini kelihatan sekali bahwa posisi ballink dari blade pitch ga sejajar dengan sumbu dari main shaft.
Besarnya sudut delta bisa diatur dengan mengganti ballink holder yg pendek atau panjang, tergantung kecocokan pilot.
sala...
Last edited by DIMAS on 07 Jul 2012, 17:06, edited 1 time in total.
- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: Angin dan Autorotation

Sebenernya, sudut yg dimaksud, bisa keliatan dari atas head.
Kalo heli JR, karena padle berada di atas, jadi posisi ballink pitch blade ga keliatan.
salam...
- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 512
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: Angin dan Autorotation

Ini head JR E12, keliatan juga bahwa ballink ga segaris dengan sumbu main shaft.
Kalo heli 3D, biasanya keliatan segaris, coba deh dicek....
Salam...