Angin dan Autorotation
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Angin dan Autorotation
Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.
- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
betul om...saya sering terbang(pesawat elektrik) dengan angin agak kenceng dengan airfoil wing agak datar....untuk melatih jempol dan menambah jam terbang.
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
panji76 wrote:betul om...saya sering terbang(pesawat elektrik) dengan angin agak kenceng dengan airfoil wing agak datar....untuk melatih jempol dan menambah jam terbang.
Jadi sering men-simulasi-kan situasi 'death stick' ya,Om?..maklum, saya buta dgn fixed wing neh..

- budi.santoso
- Senior Master Sergeant
- Posts: 507
- Joined: 09 Jul 2007, 23:25
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.
Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
budi.santoso wrote:Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.
Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?
Saya juga ga begitu paham dg istilah baby-autorotation ini, kalo ga salah, throttle di 'recovery' dr kondisi 'throttle cut-off' saat heli masih 'gliding' pada ketinggian tertentu, mohon koreksi, Suhu..

Kalo saya lebih banyak, recovery throttle setelah heli touch down....

- panjitohaga
- Staff Sergeant
- Posts: 265
- Joined: 14 Aug 2011, 06:23
- Location: Melbourne, AUS
Re: Angin dan Autorotation
biasanya yg di sebut baby autoration itu (yg saya tahu) autorotation dari jarak yg tidak terlalu tinggi..misalnya dari posisi hover setinggi mata kita...atau jarak 2-3 meter dari tanah. 

- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
panjitohaga wrote:biasanya yg di sebut baby autoration itu (yg saya tahu) autorotation dari jarak yg tidak terlalu tinggi..misalnya dari posisi hover setinggi mata kita...atau jarak 2-3 meter dari tanah.
Oh ya..bener juga....

- DedDredd
- Senior Master Sergeant
- Posts: 570
- Joined: 11 Sep 2010, 17:04
- Location: Kediri-Jogja
Re: Angin dan Autorotation
Budiman wrote:budi.santoso wrote:Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.
Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?
Saya juga ga begitu paham dg istilah baby-autorotation ini, kalo ga salah, throttle di 'recovery' dr kondisi 'throttle cut-off' saat heli masih 'gliding' pada ketinggian tertentu, mohon koreksi, Suhu..
Kalo saya lebih banyak, recovery throttle setelah heli touch down....
gliding heli emang asyik, asal jangan lupa rpm drop aja....

- herjuno
- Technical Sergeant
- Posts: 300
- Joined: 24 Aug 2011, 09:39
- Location: depok - tembalang, semarang
Re: Angin dan Autorotation
oh brarti slama ini saya cuman brani baby autorotation.. xixixii
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Angin dan Autorotation
Waspada selalu dgn tail rotor dan tail boom, saat heli 'flaring' sesaat sebelum touch down serta kemungkinan heli utk bounching(memantul) saat touch down
Heli besar yg ber-headspeed tinggi(tipikal heli 3D), sangat membantu dalam proses belajar Autorotation.
Heli besar yg ber-headspeed tinggi(tipikal heli 3D), sangat membantu dalam proses belajar Autorotation.