Trainer engine 15

Tampilkan karya pesawat balsa anda disini

Moderators: Ary, justinus

User avatar
hery_s
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 688
Joined: 01 Apr 2008, 14:43
Location: Ambon-Maluku

Re: Trainer engine 15

Post by hery_s »

OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Trainer engine 15

Post by didin »

hery_s wrote:OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????


Kalau saya utk menghidupkan engine pakai chiken stick alias kayu yang digunakan utk mutar prop....kalau tangan...wah...danger....jadi tanpa spinner juga bisa...
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Trainer engine 15

Post by justinus »

ibanez wrote:waw...nice info om dinesh...cuma cetakan bikin sayap nya itu yang susah klo dapet plan yang ada dihedralnya

jadi menantang...


Hallo Ibanez. Salam kenal.

Kalau kita buat pesawat sendiri, kita bisa atur dihedral yang kita mau. Kalau kita masih belajar, kita bisa kasih dihedral yang besar. Jadi kita enak belajarnya karena pesawat bisa menstabilkan dirinya sendiri.

Nanti kalau kita sudah tambah mahir, tentu kita akan merasa bahwa pesawat kita semakin lamban. (Lemot bahasa Jawanya). Kita bisa potong sayap kita, kemudian disambung kembali dengan dihedral yang lebih kecil. Pesawat kita akan semakin liar. Kalau mau yang liar, kita buat saja dihedralnya 0 derajat.

Salam.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Trainer engine 15

Post by justinus »

hery_s wrote:OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????


OM HERY. Saya selalu menggunakan tangan untuk menghidupkan engine pesawat (yg 2 tak).

Mengapa?

Karena dengan menggunakan tangan (pakai kayu atau karet juga boleh), kita tidak memaksa engine untuk menyala. Dan kita lebih mengerti karakter mesin. Dengan memaksa engine menyala, kita bisa merusak mesin. Contoh, kita menyalakan engine yang kebanjiran dengan stater bisa membengkokkan stang as nya, sedangkan tangan kita tidak bisa.

Jadi, kalau bisa pakai tangan, akan lebih baik buat mesin, dan kita tidak perlu membawa stater dan baterai yang berat.

Salam.
User avatar
ibanez
Posts: 4
Joined: 17 Mar 2009, 20:41

Re: Trainer engine 15

Post by ibanez »

wah...makasih om justinus...satu lagi om justinus...klo misalnya ada dihedralnya, ribs nya dibuat miring ngikutin dihedralnya ato tetep lurus om...
maksudnya tetep vertikal sempurna?
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Trainer engine 15

Post by AgoesAurelz »

justinus wrote:
hery_s wrote:OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????


OM HERY. Saya selalu menggunakan tangan untuk menghidupkan engine pesawat (yg 2 tak).

Mengapa?

Karena dengan menggunakan tangan (pakai kayu atau karet juga boleh), kita tidak memaksa engine untuk menyala. Dan kita lebih mengerti karakter mesin. Dengan memaksa engine menyala, kita bisa merusak mesin. Contoh, kita menyalakan engine yang kebanjiran dengan stater bisa membengkokkan stang as nya, sedangkan tangan kita tidak bisa.

Jadi, kalau bisa pakai tangan, akan lebih baik buat mesin, dan kita tidak perlu membawa stater dan baterai yang berat.

Salam.


hehehe... ini penjelasan yg agak kontroversial.... memang pake tangan bisa, tapi dari segi safety tidak disarankan... ini sesuai yg ada di buku manualnya lho... \:D/ \:D/ Kalo dengan alasan kepraktisan mungkin lebih make sense deh om... :)

Starter dengan alat starter (hand held) memang sengaja diciptakan sesuai peruntukannya... Coba kalo mesin baru or lepas rayen kan ngga bisa juga distarter pake tangan... musti pake hand held starter.... \:D/

Kalo soal mesin banjir sebenarnya ada tanda-tandanya begitu starter terasa berat/stuck, jangan dipaksa... tapi harus buka busi, buang semua minyak/oli dari ruang bakar dan start lagi...
User avatar
suprayitno
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 722
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Re: Trainer engine 15

Post by suprayitno »

Augustinus Aurelius wrote:
justinus wrote:
hery_s wrote:OM JUSTINUS....saya liat propeler nggak pake spiner...gimana cara ngidupin enginenya om....apa diputer pake tangan ????


OM HERY. Saya selalu menggunakan tangan untuk menghidupkan engine pesawat (yg 2 tak).

Mengapa?

Karena dengan menggunakan tangan (pakai kayu atau karet juga boleh), kita tidak memaksa engine untuk menyala. Dan kita lebih mengerti karakter mesin. Dengan memaksa engine menyala, kita bisa merusak mesin. Contoh, kita menyalakan engine yang kebanjiran dengan stater bisa membengkokkan stang as nya, sedangkan tangan kita tidak bisa.

Jadi, kalau bisa pakai tangan, akan lebih baik buat mesin, dan kita tidak perlu membawa stater dan baterai yang berat.

Salam.


hehehe... ini penjelasan yg agak kontroversial.... memang pake tangan bisa, tapi dari segi safety tidak disarankan... ini sesuai yg ada di buku manualnya lho... \:D/ \:D/ Kalo dengan alasan kepraktisan mungkin lebih make sense deh om... :)

Starter dengan alat starter (hand held) memang sengaja diciptakan sesuai peruntukannya... Coba kalo mesin baru or lepas rayen kan ngga bisa juga distarter pake tangan... musti pake hand held starter.... \:D/

Kalo soal mesin banjir sebenarnya ada tanda-tandanya begitu starter terasa berat/stuck, jangan dipaksa... tapi harus buka busi, buang semua minyak/oli dari ruang bakar dan start lagi...

Saya selalu pakai starter. Kenapa, karena sudah pengalaman tangan berdarah. Yah,.. meskipun nggak parah, tapi cukuplah dijadikan pengalaman. Untuk menjaga agar engine tidak banjir, saat mengisi bahan bakar saya selalu hati-hati dan memperhatikan selang yang ke knalpot, jangan sampai masuk. Kalu toh terlanjur saya buang dulu, kemudian tes pakai tangan jika prop terkunci buka glow, buang bahan bakar di ruang di engine.
Jika mau starter selalu saya pastikan bahan bakar di inlet karburator sudah ada, jika belum, buka ful throtle, tutup karburator, putar prop kekiri, sampai bahan bakar muncul nyampi karburator. Kemudian kembalikan throtle start, grennggggg teng-teng-teng-teng....... :D :D
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Trainer engine 15

Post by justinus »

ibanez wrote:wah...makasih om justinus...satu lagi om justinus...klo misalnya ada dihedralnya, ribs nya dibuat miring ngikutin dihedralnya ato tetep lurus om...
maksudnya tetep vertikal sempurna?


Buat ribnya tetap tegak lurus dengan sayapnya, baru waktu kita sambung sayapnya mengikuti sudut yang diharapkan.

Untuk mendesign dihedral bisa lihat link ini:

http://www.airfieldmodels.com/informati ... hedral.htm
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Trainer engine 15

Post by justinus »

Augustinus Aurelius wrote:
hehehe... ini penjelasan yg agak kontroversial.... memang pake tangan bisa, tapi dari segi safety tidak disarankan... ini sesuai yg ada di buku manualnya lho... \:D/ \:D/ Kalo dengan alasan kepraktisan mungkin lebih make sense deh om... :)



Ini bukan penjelasan yang kontroversial. Ini penjelasan apa adanya. Bukan urusan kepraktisan atau yang lain, tetapi memang saya belajarnya demikian. Semua masih dalam lingkup safety. Saya tidak menyarankan penggunaan tangan untuk orang yang tidak pengalaman. Masih banyak orang yang menstater pakai tangan, dan mereka tahu bahayanya. Suhu Ary dari Bali pun masih menggunakan tangan untuk stater. :)
User avatar
limsiahiang
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 111
Joined: 17 Oct 2007, 11:48
Location: kisaran
Contact:

Re: Trainer engine 15

Post by limsiahiang »

saya setuju dgn om Justinus...
semua itu tergantung pengalaman masing2 .


salam,
Post Reply