Page 4 of 5
Re: Minta tolong
Posted: 19 Jan 2011, 10:23
by ibuki
iwan21 wrote:Nah ketemu nih
3500Kv Outrunner Brushless Motor

490 Watt Ducted Fan Motor for 4 Cells
28mm diameter, 63mm long (excluding 10mm shaft), 3mm shaft, 3.1 oz, 3500 Kv
Actual current draw is about 33A on 4-cells
jadi itungannya
kapasitas batere 3000 mAh = 3 Ah
arus motor = 33 A
maka lama terbang = 3/33x60 menit = 5.45 menit
tapi inget, batere gak bisa 100 % dipakenya, umumnya cuman 80 %, maka lama terbang jadi 80% x 5,45 = 4,4 menit
nah itungan diatas kan utk satu batere dan satu EDF, saya gak tau di SU-34 ini apa pake satu batere atau 2 batere ?, kalo 1 batere untuk 2 EDF tentu akan lebih pendek lagi waktunya, mungkin kalo full throtle terus 3 menit batere nya udah habis.
mesti diinget lagi, yang saya contohin diatas itu kalo terbang dg full throtel terus, kalo full hanya saat take dan selebihnya throttle dikurangin, tentu waktunya akan nambah, nambahnya juga relatif tergantung berapa % pake throttlenya
yaah om iwan itu baterainya 1 3000mah 20c 4 cell , untuk 2 motor

, berarti mainnya cuma 2 menit donk om iwan

, cara lain kalau mau main lebih lama , baterainya di tukar dengan moh yang besar bisa om
dan sebelumnya thanks banget atau pertolongannya, karena dalam waktu dekat ini pesawatnya rencana mau maiden om
Re: Minta tolong
Posted: 19 Jan 2011, 10:26
by iwan21
Kalo mau main lebih lama, terbangnya ya jangan full throtel terus om, setelah diatas kasih gas setengah aja ( gak tau kalo seperempat atau sepertiga bis agak) jadi dg gas sedikit tentu batere bakalan lebih lama pakenya
Re: Minta tolong
Posted: 19 Jan 2011, 10:33
by ibuki
iwan21 wrote:Kalo mau main lebih lama, terbangnya ya jangan full throtel terus om, setelah diatas kasih gas setengah aja ( gak tau kalo seperempat atau sepertiga bis agak) jadi dg gas sedikit tentu batere bakalan lebih lama pakenya
ok om akan dicuba saran dan ide dari om iwan , terima kasih banyak yaah om iwan, kemungkinan minggu ini akan di cuba, bila sudah dapat hasilnya saya akan kabarin kabar baik atau kabar buruknya
Re: Minta tolong
Posted: 03 Mar 2011, 22:39
by ibuki
untuk yaah om sepertinya benar kalo cuma full di buat take off dan 3/4 full throtle saya sudah test 1 menit sekian , dan baterainya di cek masih 13,5sekian volt ,dan baterai pun tak panas om iwan thanks infonya om iwan, dan saya lagi menunggu baterai 4000mah 20c di hk om biar main lebih lama

Re: Minta tolong
Posted: 03 Mar 2011, 22:52
by fadliputra
iwan21 wrote:Utk batere sih tinggal ngikutin aja itung2an kasar diatas.
Kalo motornye perlu 28 ampere ( peak), maka batere nya liat dulu kapasitasnya.
Misal karena adanya yg 1450 mah, maka utk ngedapetin 28 amp ,
C minimal = 28 / 1,45 = 20.
artinya dari itung2an dg C = 20 aja udah cukup
tapi dg nila C yg lebih besar, misal 30, maka buat batere akan lebih aman karena karena si batere tidak bekerja pada beban 100 % nya ( yg aman itu batere bekerja pada beban 75 % aja supaya awet)
tinggal kalkulasi lagi flight timenya ,
T = kapasitas batere/60 x peak current motor
T = 1.45/60x28 = 3 menit.
Ralat, rumus diatas kebalik, mestinya 1,45/28x60= 3,1 menit yg ini lebih mudah di mengerti om iwan,,, makasih ya om iwan...
nah kalo keasikan main, tanpa memperhitungkan waktu , umur batere akan cepet habis karena bisa jadi jadi saat landing tegangan batere udah drop sampe 9 volt ( 3 volt/sel), apalagi kalo setting cut off di ESC terlalu rendah (usahakan setting cut-off ESC di 3,1 volt, jangan dibawahnya)
Re: Minta tolong
Posted: 04 Mar 2011, 00:06
by fadliputra
Utk batere sih tinggal ngikutin aja itung2an kasar diatas.
Kalo motornye perlu 28 ampere ( peak), maka batere nya liat dulu kapasitasnya.
Misal karena adanya yg 1450 mah, maka utk ngedapetin 28 amp ,
C minimal = 28 / 1,45 = 20.
artinya dari itung2an dg C = 20 aja udah cukup
tapi dg nila C yg lebih besar, misal 30, maka buat batere akan lebih aman karena karena si batere tidak bekerja pada beban 100 % nya ( yg aman itu batere bekerja pada beban 75 % aja supaya awet)
yang 1.45 angka darimana om..?
Re: Minta tolong
Posted: 04 Mar 2011, 00:08
by fadliputra
maaf om,,, baru tau, ternyta 1.45 itu capasitas batre dlm aper ya kan omm...?
Re: Minta tolong
Posted: 04 Mar 2011, 00:09
by ibuki
fadliputra wrote:maaf om,,, baru tau, ternyta 1.45 itu capasitas batre dlm aper ya kan omm...?
benar om
Re: Minta tolong
Posted: 04 Mar 2011, 08:27
by iwan21
fadliputra wrote:maaf om,,, baru tau, ternyta 1.45 itu capasitas batre dlm aper ya kan omm...?
bener, kalo mau ngitung maka nilai batere yg dalem milli Ampere di konversi dulu jadi Ampere , dimana milliAmp = 1/1000 Amp
Re: Minta tolong
Posted: 04 Mar 2011, 09:45
by akwet77
ibuki wrote:iwan21 wrote:Nah ketemu nih
3500Kv Outrunner Brushless Motor

490 Watt Ducted Fan Motor for 4 Cells
28mm diameter, 63mm long (excluding 10mm shaft), 3mm shaft, 3.1 oz, 3500 Kv
Actual current draw is about 33A on 4-cells
jadi itungannya
kapasitas batere 3000 mAh = 3 Ah
arus motor = 33 A
maka lama terbang = 3/33x60 menit = 5.45 menit
tapi inget, batere gak bisa 100 % dipakenya, umumnya cuman 80 %, maka lama terbang jadi 80% x 5,45 = 4,4 menit
nah itungan diatas kan utk satu batere dan satu EDF, saya gak tau di SU-34 ini apa pake satu batere atau 2 batere ?, kalo 1 batere untuk 2 EDF tentu akan lebih pendek lagi waktunya, mungkin kalo full throtle terus 3 menit batere nya udah habis.
mesti diinget lagi, yang saya contohin diatas itu kalo terbang dg full throtel terus, kalo full hanya saat take dan selebihnya throttle dikurangin, tentu waktunya akan nambah, nambahnya juga relatif tergantung berapa % pake throttlenya
yaah om iwan itu baterainya 1 3000mah 20c 4 cell , untuk 2 motor

, berarti mainnya cuma 2 menit donk om iwan

, cara lain kalau mau main lebih lama , baterainya di tukar dengan moh yang besar bisa om
dan sebelumnya thanks banget atau pertolongannya, karena dalam waktu dekat ini pesawatnya rencana mau maiden om
sebetulnya masih bisa terbang lama kog kira2 3mnt (tidak full terus trottelnya),
lantaran jempolnya cuman tahan 1,5mnt aja
