Minta tolong

Diskusi pesawat rc elektrik
User avatar
ibuki
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 110
Joined: 03 Jul 2007, 01:24
Location: Pekanbaru
Contact:

Minta tolong

Post by ibuki »

Suhu suhu satu lagi yaaa mau minta diajarin ,kenapa sewaktu terbang pesawat saya kalau llebih dari 3 menit lebi dikit pesaweat saya sudah tak bisa berfungsi sepertinya escnya kepanasan ,atau mati sendiri tak bisa di kontrol tolong minta diajarin
User avatar
rudyWing
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 417
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC
Contact:

Re: Minta tolong

Post by rudyWing »

Bisa dijembreng Spek ESC, motor, batere, pesawat apa brapa beratnya? salam kenal..
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Minta tolong

Post by iwan21 »

ditambah lagi itu pake proop ukuran berapa ?
User avatar
ibuki
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 110
Joined: 03 Jul 2007, 01:24
Location: Pekanbaru
Contact:

Re: Minta tolong

Post by ibuki »

towerpro esc 30a current max40a, propeler 6x4e motor merk Royal for Pusher A22-12-06, baterai zippy 3cell 30-40 c 1450mah
User avatar
purwanu
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 719
Joined: 29 Jan 2009, 16:14
Location: Cikarang Barat

Re: Minta tolong

Post by purwanu »

@Om Ibuki..
ESC panas setelah 3menit, kemungkinan ESC menghantarkan arus yang sangat besar!! Apakah LiPo Pack juga panas??
Matinya motor mungkin karena lovoltage-cut-off dari ESC, fungsinya melindungi LiPo pack dari over discharge.
Apakah selama 3menit pertama selalu full throttle??
Menurut saya, sebaiknya coba di "workbench" terlebih dulu, untuk memastikan arus yang di draw tidak terlalu besar (optimal). Dengan demikian kita bisa memastikan/mengoptimalkan jempol throttle untuk tidak terlalu agresif, tapi dengan catatan semua device (ESC, Motor) berfungsi normal..
Semoga mencerahkan..
User avatar
ibuki
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 110
Joined: 03 Jul 2007, 01:24
Location: Pekanbaru
Contact:

Re: Minta tolong

Post by ibuki »

purwanu wrote:@Om Ibuki..
ESC panas setelah 3menit, kemungkinan ESC menghantarkan arus yang sangat besar!! Apakah LiPo Pack juga panas??
Matinya motor mungkin karena lovoltage-cut-off dari ESC, fungsinya melindungi LiPo pack dari over discharge.
Apakah selama 3menit pertama selalu full throttle??
Menurut saya, sebaiknya coba di "workbench" terlebih dulu, untuk memastikan arus yang di draw tidak terlalu besar (optimal). Dengan demikian kita bisa memastikan/mengoptimalkan jempol throttle untuk tidak terlalu agresif, tapi dengan catatan semua device (ESC, Motor) berfungsi normal..
Semoga mencerahkan..


tidak juga full throttle cuma -+ 1 menitan doank om purwanu ,dan baterai lipo si kagak panas terima kasih
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Minta tolong

Post by iwan21 »

ini saya dapet datanya :

# RPM: 2200 RPM/V
# Power: 286Watt
# LiPo: 2-3cell
# Current: 28A/60s

kalo liat spek nya, maka ESC TP 30 ampere rasanya masih kurang, minimal ESC adalah = peak curent motor x 1,5.
utk nilai arus ESC nanti pake yg normalnya ( kalo TP 30 amp itu kan normalnya 30 amp x 0,75 = 22,5 amp..sementaar 40 amp itu adalah batas maksimum daya tahan si ESC) jadi minimal perlu ESC dg rating 28 x 1,5 = 40 amp.

Jadi gak mustahil si ESC 30 itu udah overheating duluan dan langsung cut-off
User avatar
ibuki
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 110
Joined: 03 Jul 2007, 01:24
Location: Pekanbaru
Contact:

Re: Minta tolong

Post by ibuki »

iwan21 wrote:ini saya dapet datanya :

# RPM: 2200 RPM/V
# Power: 286Watt
# LiPo: 2-3cell
# Current: 28A/60s

kalo liat spek nya, maka ESC TP 30 ampere rasanya masih kurang, minimal ESC adalah = peak curent motor x 1,5.
utk nilai arus ESC nanti pake yg normalnya ( kalo TP 30 amp itu kan normalnya 30 amp x 0,75 = 22,5 amp..sementaar 40 amp itu adalah batas maksimum daya tahan si ESC) jadi minimal perlu ESC dg rating 28 x 1,5 = 40 amp.

Jadi gak mustahil si ESC 30 itu udah overheating duluan dan langsung cut-off

=D> =D> =D> pantes san setiap pesawwat ku terbang saya tak bermain sampai 3 menit :( :oops: :oops: ,
berarti untuk cara mencari esc dan motor rumusnya curent power motor x 1,5 yaaah
dan satu lagi ,om iwan bisa tolongin lagi ndak gimana kalau esc dan motor sudah bisa saya dpt rumusnya dan yg ideal cara menghitung baterainya yg yg seperti 20c, 30c, bagiamana yaaah cara itungnya ?
terima kasih
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Minta tolong

Post by iwan21 »

Utk batere sih tinggal ngikutin aja itung2an kasar diatas.

Kalo motornye perlu 28 ampere ( peak), maka batere nya liat dulu kapasitasnya.
Misal karena adanya yg 1450 mah, maka utk ngedapetin 28 amp ,
C minimal = 28 / 1,45 = 20.
artinya dari itung2an dg C = 20 aja udah cukup
tapi dg nila C yg lebih besar, misal 30, maka buat batere akan lebih aman karena karena si batere tidak bekerja pada beban 100 % nya ( yg aman itu batere bekerja pada beban 75 % aja supaya awet)

tinggal kalkulasi lagi flight timenya ,
T = kapasitas batere/60 x peak current motor
T = 1.45/60x28 = 3 menit.

Ralat, rumus diatas kebalik, mestinya 1,45/28x60= 3,1 menit

nah kalo keasikan main, tanpa memperhitungkan waktu , umur batere akan cepet habis karena bisa jadi jadi saat landing tegangan batere udah drop sampe 9 volt ( 3 volt/sel), apalagi kalo setting cut off di ESC terlalu rendah (usahakan setting cut-off ESC di 3,1 volt, jangan dibawahnya)
User avatar
ibuki
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 110
Joined: 03 Jul 2007, 01:24
Location: Pekanbaru
Contact:

Re: Minta tolong

Post by ibuki »

iwan21 wrote:Utk batere sih tinggal ngikutin aja itung2an kasar diatas.

Kalo motornye perlu 28 ampere ( peak), maka batere nya liat dulu kapasitasnya.
Misal karena adanya yg 1450 mah, maka utk ngedapetin 28 amp ,
C minimal = 28 / 1,45 = 20.
artinya dari itung2an dg C = 20 aja udah cukup
tapi dg nila C yg lebih besar, misal 30, maka buat batere akan lebih aman karena karena si batere tidak bekerja pada beban 100 % nya ( yg aman itu batere bekerja pada beban 75 % aja supaya awet)

tinggal kalkulasi lagi flight timenya ,
T = kapasitas batere/60 x peak current motor
T = 1.45/60x28 = 3 menit.

nah kalo keasikan main, tanpa memperhitungkan waktu , umur batere akan cepet habis karena bisa jadi jadi saat landing tegangan batere udah drop sampe 9 volt ( 3 volt/sel), apalagi kalo setting cut off di ESC terlalu rendah (usahakan setting cut-off ESC di 3,1 volt, jangan dibawahnya)


waduhh gawat donk om iwan ,sekarang ini saya lagi rakit pesawat airbus berat 1,9kg ,memakai ducfan EDF70 with 3800kv Motor Assembled 2 bh ,esc turingy 40 amp 2bh, 2bh baterai 4cell ZIPPY22004S20C - ZIPPY Flightmax 2200mAh 4S1P 20C
jadi kaloo di kalkulasi
2.2/60x40=1,4 menit donk

atau apakah mah baterai mesti di tinggikan lagi ,abis takut bajatnya tinggi om iwan
thanks
Post Reply