Minta tolong
- ibuki
- Senior Airman
- Posts: 110
- Joined: 03 Jul 2007, 01:24
- Location: Pekanbaru
- Contact:
Minta tolong
Suhu suhu satu lagi yaaa mau minta diajarin ,kenapa sewaktu terbang pesawat saya kalau llebih dari 3 menit lebi dikit pesaweat saya sudah tak bisa berfungsi sepertinya escnya kepanasan ,atau mati sendiri tak bisa di kontrol tolong minta diajarin
- rudyWing
- Master Sergeant
- Posts: 417
- Joined: 03 Apr 2008, 07:14
- Location: PGC
- Contact:
Re: Minta tolong
Bisa dijembreng Spek ESC, motor, batere, pesawat apa brapa beratnya? salam kenal..
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Minta tolong
ditambah lagi itu pake proop ukuran berapa ?
- ibuki
- Senior Airman
- Posts: 110
- Joined: 03 Jul 2007, 01:24
- Location: Pekanbaru
- Contact:
Re: Minta tolong
towerpro esc 30a current max40a, propeler 6x4e motor merk Royal for Pusher A22-12-06, baterai zippy 3cell 30-40 c 1450mah
- purwanu
- Senior Master Sergeant
- Posts: 719
- Joined: 29 Jan 2009, 16:14
- Location: Cikarang Barat
Re: Minta tolong
@Om Ibuki..
ESC panas setelah 3menit, kemungkinan ESC menghantarkan arus yang sangat besar!! Apakah LiPo Pack juga panas??
Matinya motor mungkin karena lovoltage-cut-off dari ESC, fungsinya melindungi LiPo pack dari over discharge.
Apakah selama 3menit pertama selalu full throttle??
Menurut saya, sebaiknya coba di "workbench" terlebih dulu, untuk memastikan arus yang di draw tidak terlalu besar (optimal). Dengan demikian kita bisa memastikan/mengoptimalkan jempol throttle untuk tidak terlalu agresif, tapi dengan catatan semua device (ESC, Motor) berfungsi normal..
Semoga mencerahkan..
ESC panas setelah 3menit, kemungkinan ESC menghantarkan arus yang sangat besar!! Apakah LiPo Pack juga panas??
Matinya motor mungkin karena lovoltage-cut-off dari ESC, fungsinya melindungi LiPo pack dari over discharge.
Apakah selama 3menit pertama selalu full throttle??
Menurut saya, sebaiknya coba di "workbench" terlebih dulu, untuk memastikan arus yang di draw tidak terlalu besar (optimal). Dengan demikian kita bisa memastikan/mengoptimalkan jempol throttle untuk tidak terlalu agresif, tapi dengan catatan semua device (ESC, Motor) berfungsi normal..
Semoga mencerahkan..
- ibuki
- Senior Airman
- Posts: 110
- Joined: 03 Jul 2007, 01:24
- Location: Pekanbaru
- Contact:
Re: Minta tolong
purwanu wrote:@Om Ibuki..
ESC panas setelah 3menit, kemungkinan ESC menghantarkan arus yang sangat besar!! Apakah LiPo Pack juga panas??
Matinya motor mungkin karena lovoltage-cut-off dari ESC, fungsinya melindungi LiPo pack dari over discharge.
Apakah selama 3menit pertama selalu full throttle??
Menurut saya, sebaiknya coba di "workbench" terlebih dulu, untuk memastikan arus yang di draw tidak terlalu besar (optimal). Dengan demikian kita bisa memastikan/mengoptimalkan jempol throttle untuk tidak terlalu agresif, tapi dengan catatan semua device (ESC, Motor) berfungsi normal..
Semoga mencerahkan..
tidak juga full throttle cuma -+ 1 menitan doank om purwanu ,dan baterai lipo si kagak panas terima kasih
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Minta tolong
ini saya dapet datanya :
# RPM: 2200 RPM/V
# Power: 286Watt
# LiPo: 2-3cell
# Current: 28A/60s
kalo liat spek nya, maka ESC TP 30 ampere rasanya masih kurang, minimal ESC adalah = peak curent motor x 1,5.
utk nilai arus ESC nanti pake yg normalnya ( kalo TP 30 amp itu kan normalnya 30 amp x 0,75 = 22,5 amp..sementaar 40 amp itu adalah batas maksimum daya tahan si ESC) jadi minimal perlu ESC dg rating 28 x 1,5 = 40 amp.
Jadi gak mustahil si ESC 30 itu udah overheating duluan dan langsung cut-off
# RPM: 2200 RPM/V
# Power: 286Watt
# LiPo: 2-3cell
# Current: 28A/60s
kalo liat spek nya, maka ESC TP 30 ampere rasanya masih kurang, minimal ESC adalah = peak curent motor x 1,5.
utk nilai arus ESC nanti pake yg normalnya ( kalo TP 30 amp itu kan normalnya 30 amp x 0,75 = 22,5 amp..sementaar 40 amp itu adalah batas maksimum daya tahan si ESC) jadi minimal perlu ESC dg rating 28 x 1,5 = 40 amp.
Jadi gak mustahil si ESC 30 itu udah overheating duluan dan langsung cut-off
- ibuki
- Senior Airman
- Posts: 110
- Joined: 03 Jul 2007, 01:24
- Location: Pekanbaru
- Contact:
Re: Minta tolong
iwan21 wrote:ini saya dapet datanya :
# RPM: 2200 RPM/V
# Power: 286Watt
# LiPo: 2-3cell
# Current: 28A/60s
kalo liat spek nya, maka ESC TP 30 ampere rasanya masih kurang, minimal ESC adalah = peak curent motor x 1,5.
utk nilai arus ESC nanti pake yg normalnya ( kalo TP 30 amp itu kan normalnya 30 amp x 0,75 = 22,5 amp..sementaar 40 amp itu adalah batas maksimum daya tahan si ESC) jadi minimal perlu ESC dg rating 28 x 1,5 = 40 amp.
Jadi gak mustahil si ESC 30 itu udah overheating duluan dan langsung cut-off






berarti untuk cara mencari esc dan motor rumusnya curent power motor x 1,5 yaaah
dan satu lagi ,om iwan bisa tolongin lagi ndak gimana kalau esc dan motor sudah bisa saya dpt rumusnya dan yg ideal cara menghitung baterainya yg yg seperti 20c, 30c, bagiamana yaaah cara itungnya ?
terima kasih
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Minta tolong
Utk batere sih tinggal ngikutin aja itung2an kasar diatas.
Kalo motornye perlu 28 ampere ( peak), maka batere nya liat dulu kapasitasnya.
Misal karena adanya yg 1450 mah, maka utk ngedapetin 28 amp ,
C minimal = 28 / 1,45 = 20.
artinya dari itung2an dg C = 20 aja udah cukup
tapi dg nila C yg lebih besar, misal 30, maka buat batere akan lebih aman karena karena si batere tidak bekerja pada beban 100 % nya ( yg aman itu batere bekerja pada beban 75 % aja supaya awet)
tinggal kalkulasi lagi flight timenya ,
T = kapasitas batere/60 x peak current motor
T = 1.45/60x28 = 3 menit.
Ralat, rumus diatas kebalik, mestinya 1,45/28x60= 3,1 menit
nah kalo keasikan main, tanpa memperhitungkan waktu , umur batere akan cepet habis karena bisa jadi jadi saat landing tegangan batere udah drop sampe 9 volt ( 3 volt/sel), apalagi kalo setting cut off di ESC terlalu rendah (usahakan setting cut-off ESC di 3,1 volt, jangan dibawahnya)
Kalo motornye perlu 28 ampere ( peak), maka batere nya liat dulu kapasitasnya.
Misal karena adanya yg 1450 mah, maka utk ngedapetin 28 amp ,
C minimal = 28 / 1,45 = 20.
artinya dari itung2an dg C = 20 aja udah cukup
tapi dg nila C yg lebih besar, misal 30, maka buat batere akan lebih aman karena karena si batere tidak bekerja pada beban 100 % nya ( yg aman itu batere bekerja pada beban 75 % aja supaya awet)
tinggal kalkulasi lagi flight timenya ,
T = kapasitas batere/60 x peak current motor
T = 1.45/60x28 = 3 menit.
Ralat, rumus diatas kebalik, mestinya 1,45/28x60= 3,1 menit
nah kalo keasikan main, tanpa memperhitungkan waktu , umur batere akan cepet habis karena bisa jadi jadi saat landing tegangan batere udah drop sampe 9 volt ( 3 volt/sel), apalagi kalo setting cut off di ESC terlalu rendah (usahakan setting cut-off ESC di 3,1 volt, jangan dibawahnya)
- ibuki
- Senior Airman
- Posts: 110
- Joined: 03 Jul 2007, 01:24
- Location: Pekanbaru
- Contact:
Re: Minta tolong
iwan21 wrote:Utk batere sih tinggal ngikutin aja itung2an kasar diatas.
Kalo motornye perlu 28 ampere ( peak), maka batere nya liat dulu kapasitasnya.
Misal karena adanya yg 1450 mah, maka utk ngedapetin 28 amp ,
C minimal = 28 / 1,45 = 20.
artinya dari itung2an dg C = 20 aja udah cukup
tapi dg nila C yg lebih besar, misal 30, maka buat batere akan lebih aman karena karena si batere tidak bekerja pada beban 100 % nya ( yg aman itu batere bekerja pada beban 75 % aja supaya awet)
tinggal kalkulasi lagi flight timenya ,
T = kapasitas batere/60 x peak current motor
T = 1.45/60x28 = 3 menit.
nah kalo keasikan main, tanpa memperhitungkan waktu , umur batere akan cepet habis karena bisa jadi jadi saat landing tegangan batere udah drop sampe 9 volt ( 3 volt/sel), apalagi kalo setting cut off di ESC terlalu rendah (usahakan setting cut-off ESC di 3,1 volt, jangan dibawahnya)
waduhh gawat donk om iwan ,sekarang ini saya lagi rakit pesawat airbus berat 1,9kg ,memakai ducfan EDF70 with 3800kv Motor Assembled 2 bh ,esc turingy 40 amp 2bh, 2bh baterai 4cell ZIPPY22004S20C - ZIPPY Flightmax 2200mAh 4S1P 20C
jadi kaloo di kalkulasi
2.2/60x40=1,4 menit donk
atau apakah mah baterai mesti di tinggikan lagi ,abis takut bajatnya tinggi om iwan
thanks