Page 4 of 4
Posted: 27 Aug 2007, 14:25
by MrDoms
dulu saya pernah ngeliat flight chek list termasuk record2 safety di internet, bahkan juga merecord lama terbang, status parts, sampai status batre dan cycling timenya, tapi dah lupa alamatnya apa.....
Waktu itu saya berpikiran kok hobi jadi malah repot amat!!?? tapi setelah banyak musibah, hal ini dipandang sangat perlu apalagi untuk pemula seperti saya agar jadi suatu kebiasaan...
saya coba untuk telusuri lagi (kok dulu bisa nyasar ke alamat itu?)...
Posted: 28 Aug 2007, 16:27
by bayukaze
iya pak MD, saya dulu langsung bikin versi hardcopy-nya tp lupa gak nyatet source-nya. ada checklistnya sagala.
bgmn kl ini ginian:
www.carcmc.org/CapeAnnStudentManual.pdf
Posted: 28 Aug 2007, 18:30
by JetFlyer
Betul pak,
KEBIASAAN !!! itu kata kuncinya !!
banyak orang2 yg berpikiran, "ah ini kan cuma kapal electric, ngapain range check"
"ah nanti aja deh saya melakukan PREFLIGHT CHECK LISTnya, kalo udah punya kapal gede"
KEBIASAAN itu yg harus di mulai dari sejak awal. sejak seorang flyer itu mulai di expose ke hobby ini.
Buat yg baru maen & yg udah lama,
jangan anggap remeh mengenai ukuran pesawat.
walupun itu "CUMA" ukuran heli honey bee / Trex 450 atau Wing Dragon/CAP 232 33%.
semua itu ada bahayanya.
KEBIASAAN itu dimulai dari awal. dimulai dari sejak kita mulai belajar terbang, mungkin waktu menerbangkan WD.
nah kalo ada habit yg jelek itu kebawa sampai menerbangkan pesawat besar, itu bisa fatal.
saya sering mendengar komentar "Ah, itu cuma WD koq, biarin aja deh" atau "Helinya hovernya deket bener yach ? tapi cuma heli kecil koq"
nah,, kata2 "CUMA" itu yg akan sangat penting dikemudian hari.
Habit2 jelek itu harus di hilangkan sejak awal, dan harus mulai ditanamkan sejak awal kebiasaan2 yg baik.
Saya berpendapat, apa dia terbang 1/3 scale atau WD, itu sama,... engga harus dibedakan. tetap harus terbang dengan memperhatikan norma2 KESELAMATAN SEJAK AWAL.
jadi buat temen2 yg newbee, jangan malah malu hati kalo mau go thru "PREFLIGHT CHECK LIST" soalnya itu yg akan menjadi kan fondasi yg kuat di kemudian hari.
good Luck,
Brg,
NT
Posted: 29 Aug 2007, 07:10
by NF
@ om nick, kalo masih ada safety rules book, tolong kita di bantu ya.......supaya kita bisa lebih tahu , kaga sekadar..AH.., INI KAN CUMA.............
Posted: 29 Aug 2007, 09:21
by Syafik
Terimakasih buat bapak2... om2 semua yang kasih warning buat keselamatan kita bermain aeromodelling, semakin membuka pikiran kita untuk tetap hati2 di setiap kegiatan kita apalagi saat main aeromodelling
Posted: 03 Nov 2007, 00:35
by NVY
Pernah lagi main mata kelilipan serangga...
Dan konsentrasi terganggu sengatan nyamuk...
Jadi...jangan lupa kenali lingkungan bermain...
Gak lucu crash karena digigit nyamuk...apalagi lebah...
Mendingan terbang di tempat untuk terbang...bukan di sembarang tempat,..
Posted: 03 Nov 2007, 08:30
by MrDoms
Usahakan kalau main, penonton jadi kerkesima dengan mulut mangap.... jadi semua nyamuk serangga dah ditangkap duluan dan tidak mengganggu kita

jas kiding heheheh
Posted: 03 Nov 2007, 09:06
by Ravenchan
preflight check ini yang selalu kuanggap remeh.. dah mendapat pelajaran 2x karena tidak melakukan preflight check akhirnya pesawat saya crash dengan keadaan cukup parah..
sekarang... tidak ada buru-buru lagi dalam persiapan terbang. biar lambat asal selamat...
Posted: 03 Nov 2007, 20:33
by NF
lebih baik batal terbang daripada beresiko.......
Posted: 06 Nov 2007, 09:01
by NVY
Sharing pengalaman aja.
Main V4 lama di garasi...
Waktu nyambungin connector batt di heli, TX yg sudah on saya letakkan di lantai, di samping saya.
Tiba-tiba ada kucing yang menabrak TX sehingga throttlenya maksimal...
Refleks saya jauhkan V4 yang masih kepegang...
Gak ada yang cedera atau hancur...tapi pengalaman berharga buat saya.