Safety dalam aeromodelling : untuk beginner, dari beginner

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Safety dalam aeromodelling : untuk beginner, dari beginner

Post by flytosky »

iseng ah, rangkuman hasil pelajaran waktu awal awal maen aeromodelling.

on the ground :
1. sewaktu setting, perhatikan anak kecil yang sering penasaran dan ingin menyentuh pesawat. jangan sampai mereka memegang props sewaktu kita akan mencoba tx dan rx kita. dari pengalaman, ada satu anak kecil mencoba memegang props tanpa sepengetahuan saya. hasilnya tangannya terluka, untung ga dalam, hanya tergores sedikit.

2. anak kecil selalu ingin mengejar pesawat yang sedang terbang, dan mereka tidak segan segan menghadang didepan pesawat yang sedang mau landing. jadi penting sekali sebelum terbang untuk memberitahu kepada anak anak yang antusias untuk tidak mengejar pesawat, dan sebaiknya menonton dari belakang orang yang memainkan pesawat itu. jangan segan untuk memarahi anak kecil (dengan lembut tentunya) yang nekad, toh itu untuk kebaikan mereka.

3. jangan pernah mencoba menangkap pesawat yang sedang berusaha landing, walaupun kecepatannya rendah, apalagi pesawat dengan props didepan (gila kali). rasanya seperti ditonjok dengan kekuatan penuh.

4. pastikan ga ada pilot fetish (orang maniak yang terobsesi jadi pilot), bukan apa, ga lucu kalo kita lagi terbang, trus tx di rebut ma dia. [-X ](*,)

waktu terbang :
1. selalu perhatikan arah angin. jangan pernah mencoba take off mengikuti angin (downwind), baik ROG maupun Handlaunch. kecuali pesawat anda ditenagai oleh Rolls Royce Trent 900

2. sewaktu terbang, usahakan konsentrasi penuh pada pesawat anda, jangan pada cewek yang sedang lewat ataupun menggodanya, dijamin pesawat anda nyungsep dengan suksesnya. sudah malu gak berhasil menggoda cewek, jatuh pula.

3. jangan ragu untuk landing di semak semak atau rumput yang cukup tinggi, kalau landasan yang rencananya anda pakai untuk landing itu dipenuhi oleh anak kecil yang antusias. lebih baik landing di rumput daripada nabrak anak orang. tar dituduh tabrak lari pula.

4. apalagi ya? jadi blank nih....yang laen tambahin dong...
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

periksa semua perlengkapan utk pswt / heli anda
* batt >> sudah di charge penuh ? biasakan charge overnight krn quick hanya 75% penuh
* range check dan frequency clear ? jangan jangan ada temen yg terbang dgn frq kita waktu test
* bawa p3k darurat/kecil ! siapa tahu ada yg tergores atau mata klilipan debu (perlu tetes mata)
* YANG PENTING, ADA SENIOR PILOT utk bantuan jika perlu
dan ISTIRAHAT YG CUKUP , spy kalo terbang bisa konsentrasi, ingat ini BUKAN mainan..
* ....>>>>>next...???
User avatar
jedx
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 321
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

> jangan lupa ngechek antenna TX sudah ditarik atau belum... O:) O:) O:)
> Pergerakan servo2 sudah benar
> kalau perlu matikan HP dulu... ( jangan sampe pas lagi nerbangin, dan ada telpon masuk.. langsung asyik nelpon ria jadi lupa ama pesawatnya)..
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

alau perlu matikan HP dulu... ( jangan sampe pas lagi nerbangin, dan ada telpon masuk.. langsung asyik nelpon ria jadi lupa ama pesawatnya)..


ahahahaha...gw pernah ngalamin nih. reflex ngangkat hp, eh, kelabakan nurunin pesawat...
User avatar
tomee
Airman
Airman
Posts: 40
Joined: 23 Jan 2007, 16:40
Location: jakarta
Contact:

Post by tomee »

jangan lupa sarapan/makan tepat pd waktunya...jangan sampe, pas lagi enak2 terbang tau2 perut perih, mata kunang2, kepala puyeng karena lupa makan...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

nambah dikit ya.. =P~

sebelum terbang..jangan lupa berdoa dan minta restu kepada keluarga yg dirumah..biar hati tenang dan pikiran jernih..misalnya pamitan ke istri bilang mau ke kantor tapi melenceng ke lapangan..nerbangin pesawat.. bisa kuwalat...trus CRASSSHH... ](*,) ...lemes deeeee :bow:

salam,

budi
User avatar
nubli
Airman
Airman
Posts: 42
Joined: 13 Apr 2007, 20:17
Location: Alor Star, Malaysia
Contact:

Post by nubli »

cuma tambahan saja...

TIMING/MASA: kalo tx ngak ada timer, gunakan jam ditangan. masa terbang itu penting.. lebih2 lagi, jika gunakan Fuel. pada permulaannya diukur dulu berapa lama satu tank boleh habis fuelnya..misalnya kalo 20 minute dengan gaya terbang santai, sebaiknya diturunkan pesawat 2-5 minit sebelum fuel kehabisan. mana tau kita kena emergency landing ketika agin kencang (tambahin enjin mati).. kalau pake bateri juga sama, harus turunkan pesawat lebih awal agar motor tidak cut off..

CONNECTIONS/SAMBUNGAN: harus pastikan receiver bateri, servo2, semuanya disambung dengan baik. kekadang vibration bisa buatin longgar dan bisa tercabut semasa penerbangan...bala ini, terus tidak boleh control.

SCREW: kalu heli memang selalu perlu diperiksa semua screw, mana yang perlu diketatkan. kalo plane pun sama juga...perlu lihat joint2 yang perlu diglue semula..malah kalau plane foam buatan sendiri perlu dilihat glue joint dan tapenya...apalagi kalo lepas crash..

PROP: INI PALING UTAMA... kalau pake fuel..propnya perlu diliat selalu dan diketatkan semula..apalagi kalo start guna elektrik starter...(pengalaman deh propnya tercabut dan terus terbang , lalu potong tanagan saya hampir 2cm darahnya tuhan saja yang tau)..juga prop pernah tercabut semasa diudara...

happy flying guys... (itu tunjuk ajarnya dari pengalaman semasa saya beginner dulu hehe)
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1656
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

Ambil jarak aman
lalau Dekat-dekat.... HELI pula
nanti kayak saya Dikejar-kejar heli :D

Kalau pesawat mau landing
Kurangi speed dulu baru Touch Down
kalau tidak malah ngebut di darat
User avatar
x wing
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 118
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

pastikan hutang2x CC bulan ini lunas dulu.... :-)


anak2x?
kalo anak nya seperti anakku aman kali yeee.... dia menghindar karena dia tau itu bahaya... & nonton dari jauh (anak prenagent.... :-) )

excellent PENGINGAT yang baik
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

hmm. Kalo bisa sih kita main aero modelling pake safety glass alias kacamata safety. soalnya indra yg satu ini amat sangat berharga.. kalo sampe terkena sesuatu.. bisa2 kita gak bisa nikmatin aeromodelling lagi. :bow: .. contoh nya, pada saat start engine plane.. kalo ada sesuatu yg terpental karena kena propeler (kerikil, batu, rumput, part yg lepas..DLL) trus mengenai mata kita, gawat deh jadinya.. mau happy malah masuk RS.. jadi gak ada salah nya kita lindungi MATA kita.. OK? [-X
Post Reply