Break in pada Engine baru.

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: Break in pada Engine baru.

Post by dino »

dan ukuran propeler yg pas buat engine 46 brp...? dsan klo engine 56 brp?... klo dipasang 3 blade propeler keuntungan dan ukurannya apa sama dng 2 blade propeler... ?

regard dino
User avatar
whiskey29
Airman
Airman
Posts: 43
Joined: 24 Sep 2010, 12:56

Re: Break in pada Engine baru.

Post by whiskey29 »

Kalo 3 propeler lebih ngga efficient, rugi...
untuknya : 1. keren, 2. dia meter prop lebih kecil, 3. keren
User avatar
Sukend
Posts: 7
Joined: 25 Nov 2010, 15:06
Location: Sungai danau-Pasuruan-Blitar

Re: Break in pada Engine baru.

Post by Sukend »

Pak djai,kalo di area banjarmasin dan skitarnya dapatin metanol ama castor oil dimana ya?

Salam,
SK
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: Break in pada Engine baru.

Post by sudjai sarmo »

@ Sukend,
Maaf agak terlambat saya menjawab, di Banjarmasin kalau Anda mau beli Methanol bisa didapatkan di Kimia Farma di Jalan Veteran dekat dengan Gramedia. Terakhir saya beli Methanol disana sekitar 1974 yang lalu dan pembelian harus satu Jerrycan 20 ltr, mereka tidak menjual eceran. Mereka menyediakan Methanol biasanya yang beli dulu dari Dirgantara Air Service untuk keperluan Start Engine Casa yang harus dipancing dulu dengan Methanol. Castor Oil mereka juga menyediakan.
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Break in pada Engine baru.

Post by NF »

sudjai sarmo wrote: yang beli dulu dari Dirgantara Air Service untuk keperluan Start Engine Casa yang harus dipancing dulu dengan Methanol.


..... :tlt .....casa ...?
.................................. :hah ....'jump start'nya pake methanol ???....apa ignition nya dah mulai ngadat om dja'i ?
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: Break in pada Engine baru.

Post by sudjai sarmo »

@ NF, itulah permasalahan yang ditimbulkan oleh Turbo Prop yang menggunakan kompresor centrifugal, pada saat start kan putaran masih lumayan rendah hingga kompresi yang dihasilkan juga masih rendah makanya dibutuhkan bahan yang sangat mudah terbakar untuk mempercepat start, begitu yang saya dapatkan informasinya dari tehnisi di PT DAS tempo hari ( 1974an ) perkembangan sekarang saya tidak tau lagi karena sejak PT DAS hengkang dari bumi Kalsel saya tidak punya relasi untuk bertanya masalah engine pesawat.
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Break in pada Engine baru.

Post by NF »

...untung .....ga perlu pake nitro.. :wek ....bisa jadi saingan berat aeromodelling ntar......
User avatar
afifer
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 61
Joined: 25 Feb 2011, 21:08
Location: tanjung tabalong
Contact:

Re: Break in pada Engine baru.

Post by afifer »

#pa djai. Bgus mana bahan bakar racikan dgn bahan bakar pabrikan?
User avatar
yog1_p
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 197
Joined: 30 Oct 2008, 13:30
Location: cikarang jababeka

Re: Break in pada Engine baru.

Post by yog1_p »

@pak ja'i dan rekan-rekan.
break in mesin ABC dan ring jelas perlakuanya berbeda. (terimakasih ulasannya pak) :plk
kalo break in untuk mesin pesawat sih saya ga begitu pusing.
hanya sy bingung kalo break in mesin heli yang saya punya sekarang ASP46H type ABC.
jadi cara break in suhu2 heli belum berani sy terapkan. karena rata-rata menggunakan mesin heli type ring.
apakah ada cara atau trik tersendiri untuk break-in mesin heli type ABC ?
(hover tapi dalam keadaan full trottle :pyg)
terima kasih atas pencerahannya pak :thx
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: Break in pada Engine baru.

Post by sudjai sarmo »

@Aififer, kalau mau dibandingkan ya jelas dan terang dan pasti bagus buatan pabrik, kalau bagus oplos sendiri nanti pabriknya gulung tikar.

@Yog1_p, menurut pengalaman saya waktu punya Raptor 50 SE dulu begitu mesin hidup posisi idle ya saya biarkan saja sampai bahan bakarnya habis lalu saya ulang sampai tiga tangki yang di Heli, yang keempatnya baru saya pakai Hover dan Hover dengan sedikit patroli. Yang paling penting kalau mau main Heli Engine jangan dilapangan yang permukaanya pasir atau tanah, cari lapangan dengan permukaan asphalt atau beton agar debu pasir tidak tersedot kedalam mesin. Kalau sulit cari lapangan yang bebas pasir terpaksa harus bawa potongan triplek yang agak lebar untuk Helipat. Selamat terbang dengan selamat.
Post Reply