dan ukuran propeler yg pas buat engine 46 brp...? dsan klo engine 56 brp?... klo dipasang 3 blade propeler keuntungan dan ukurannya apa sama dng 2 blade propeler... ?
regard dino
Break in pada Engine baru.
Moderator: sudjai sarmo
- dino
- Major
- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
- whiskey29
- Airman
- Posts: 43
- Joined: 24 Sep 2010, 12:56
Re: Break in pada Engine baru.
Kalo 3 propeler lebih ngga efficient, rugi...
untuknya : 1. keren, 2. dia meter prop lebih kecil, 3. keren
untuknya : 1. keren, 2. dia meter prop lebih kecil, 3. keren
- Sukend
- Posts: 7
- Joined: 25 Nov 2010, 15:06
- Location: Sungai danau-Pasuruan-Blitar
Re: Break in pada Engine baru.
Pak djai,kalo di area banjarmasin dan skitarnya dapatin metanol ama castor oil dimana ya?
Salam,
SK
Salam,
SK
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Re: Break in pada Engine baru.
@ Sukend,
Maaf agak terlambat saya menjawab, di Banjarmasin kalau Anda mau beli Methanol bisa didapatkan di Kimia Farma di Jalan Veteran dekat dengan Gramedia. Terakhir saya beli Methanol disana sekitar 1974 yang lalu dan pembelian harus satu Jerrycan 20 ltr, mereka tidak menjual eceran. Mereka menyediakan Methanol biasanya yang beli dulu dari Dirgantara Air Service untuk keperluan Start Engine Casa yang harus dipancing dulu dengan Methanol. Castor Oil mereka juga menyediakan.
Maaf agak terlambat saya menjawab, di Banjarmasin kalau Anda mau beli Methanol bisa didapatkan di Kimia Farma di Jalan Veteran dekat dengan Gramedia. Terakhir saya beli Methanol disana sekitar 1974 yang lalu dan pembelian harus satu Jerrycan 20 ltr, mereka tidak menjual eceran. Mereka menyediakan Methanol biasanya yang beli dulu dari Dirgantara Air Service untuk keperluan Start Engine Casa yang harus dipancing dulu dengan Methanol. Castor Oil mereka juga menyediakan.
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Break in pada Engine baru.
sudjai sarmo wrote: yang beli dulu dari Dirgantara Air Service untuk keperluan Start Engine Casa yang harus dipancing dulu dengan Methanol.
.....

..................................

- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Re: Break in pada Engine baru.
@ NF, itulah permasalahan yang ditimbulkan oleh Turbo Prop yang menggunakan kompresor centrifugal, pada saat start kan putaran masih lumayan rendah hingga kompresi yang dihasilkan juga masih rendah makanya dibutuhkan bahan yang sangat mudah terbakar untuk mempercepat start, begitu yang saya dapatkan informasinya dari tehnisi di PT DAS tempo hari ( 1974an ) perkembangan sekarang saya tidak tau lagi karena sejak PT DAS hengkang dari bumi Kalsel saya tidak punya relasi untuk bertanya masalah engine pesawat.
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Break in pada Engine baru.
...untung .....ga perlu pake nitro..
....bisa jadi saingan berat aeromodelling ntar......

- afifer
- Airman First Class
- Posts: 61
- Joined: 25 Feb 2011, 21:08
- Location: tanjung tabalong
- Contact:
Re: Break in pada Engine baru.
#pa djai. Bgus mana bahan bakar racikan dgn bahan bakar pabrikan?
- yog1_p
- Senior Airman
- Posts: 197
- Joined: 30 Oct 2008, 13:30
- Location: cikarang jababeka
Re: Break in pada Engine baru.
@pak ja'i dan rekan-rekan.
break in mesin ABC dan ring jelas perlakuanya berbeda. (terimakasih ulasannya pak)
kalo break in untuk mesin pesawat sih saya ga begitu pusing.
hanya sy bingung kalo break in mesin heli yang saya punya sekarang ASP46H type ABC.
jadi cara break in suhu2 heli belum berani sy terapkan. karena rata-rata menggunakan mesin heli type ring.
apakah ada cara atau trik tersendiri untuk break-in mesin heli type ABC ?
(hover tapi dalam keadaan full trottle
)
terima kasih atas pencerahannya pak
break in mesin ABC dan ring jelas perlakuanya berbeda. (terimakasih ulasannya pak)

kalo break in untuk mesin pesawat sih saya ga begitu pusing.
hanya sy bingung kalo break in mesin heli yang saya punya sekarang ASP46H type ABC.
jadi cara break in suhu2 heli belum berani sy terapkan. karena rata-rata menggunakan mesin heli type ring.
apakah ada cara atau trik tersendiri untuk break-in mesin heli type ABC ?
(hover tapi dalam keadaan full trottle

terima kasih atas pencerahannya pak

- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Re: Break in pada Engine baru.
@Aififer, kalau mau dibandingkan ya jelas dan terang dan pasti bagus buatan pabrik, kalau bagus oplos sendiri nanti pabriknya gulung tikar.
@Yog1_p, menurut pengalaman saya waktu punya Raptor 50 SE dulu begitu mesin hidup posisi idle ya saya biarkan saja sampai bahan bakarnya habis lalu saya ulang sampai tiga tangki yang di Heli, yang keempatnya baru saya pakai Hover dan Hover dengan sedikit patroli. Yang paling penting kalau mau main Heli Engine jangan dilapangan yang permukaanya pasir atau tanah, cari lapangan dengan permukaan asphalt atau beton agar debu pasir tidak tersedot kedalam mesin. Kalau sulit cari lapangan yang bebas pasir terpaksa harus bawa potongan triplek yang agak lebar untuk Helipat. Selamat terbang dengan selamat.
@Yog1_p, menurut pengalaman saya waktu punya Raptor 50 SE dulu begitu mesin hidup posisi idle ya saya biarkan saja sampai bahan bakarnya habis lalu saya ulang sampai tiga tangki yang di Heli, yang keempatnya baru saya pakai Hover dan Hover dengan sedikit patroli. Yang paling penting kalau mau main Heli Engine jangan dilapangan yang permukaanya pasir atau tanah, cari lapangan dengan permukaan asphalt atau beton agar debu pasir tidak tersedot kedalam mesin. Kalau sulit cari lapangan yang bebas pasir terpaksa harus bawa potongan triplek yang agak lebar untuk Helipat. Selamat terbang dengan selamat.