Break in pada Engine baru.

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
ajo.naim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 07 Mar 2007, 13:58
Location: Palembang / Pekanbaru
Contact:

Post by ajo.naim »

Terima kasih banyak P' Jai atas pencerahannya, sangat membantu buat mau mulai main-main dengan engine dan methanol.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Untuk mendapatkan break in yang ideal... harus berapa litar metanol dihabiskan pak...

Di buku manualnya misal engine OS, mixture control valve sudah settingan pabrik, apakah perlu diset lagi dan gimana caranya mendapatkan setelan yang enak... saya pake engine OS37sz-H dan pake fuel Booze1 tanpa nitro

Saat break-in, fuel atau oli ya... banyak sekali keluar dari mufler sampai banjir tuh lantainya... sampai saya pake lap biar nggak meluber kemana... apakah memang gitu ataukah ada masalah... mohon pencerahannya

Terimakasih...
User avatar
scratcher
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

Oom Ja'i,
Yang bener metanol : castor= 5:1, atau 4:1 ?
kalau 5:1 berarti castor oil cuma 17%, sedangkan umumnya disarankan 20% (dimanual OS 18~20%)....
Untuk menyedot fuel ke karburator sebenarnya propeler cukup diputar searah saja (berlawanan jarum jam, sesuai arah putaran nantinya), nggak usah bolak-balik yg malah membingungkan buat pemula, tapi jari tetep nutup lubang karburator dgn bukaan full...

Mas Syafik,
biasanya yg tertinggal itu castor oil yg terkondensasi (tidak jadi menguap). kalau cuma 1 tangki mestinya nggak banjir kalau throttle setting tidak terlalu rich. disatu sisi sebenarnya itu justru bagus buat pelumasan supaya mesin awet, tidak mudah wearing...
User avatar
Abi Ghiffa
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 657
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Akhirnya dapet juga ngelmunya,..terimakasih mBah Ja'i..
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

tergantung, mesin yg di runingin .
dulu pernah runingin engine jaman suttle x sampe halaman penuh minyak castor, tapi hasilnya sampai skr masih ok tuh mesin
User avatar
scratcher
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 95
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

memang kalau run-in sebaiknya diluar rumah atau dilapangan.
disamping tidak bikin tetangga nglongok keluar (brisik!!), juga tidak bikin halaman / lantai kotor/berminyak. soalnya meskipun lantai dipel, tetep saja kliyit ...
(tapi baunya itu justru yg bikin kita keracunan je, gak sabar nunggu sampai week-end......)
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Harus diputar bolak balik agar tekanan balik dari karburator tidak meniup lagi ketangki, agar cepat fuelnya naik kekarburator. Untuk campuran castor oil tergantung kondisi lingkungan, kalau di daerah yang beriklim dingin cukup 15% castor, tapi didaerah beriklim panas seperti di padang pasir malah 25% castor biar tak terjadi overheating. Kalau di Indonesia rasanya yang ideal adalah 20% castor atau 4 methanol : 1 castor oil.

Saya biasanya breakin dihalaman rumah. Bekas castor yang keluar dari muffler bisa dihilangkan dengan deterjen lalu dibilas air bersih.

Berapa liter fuel untuk breakin tergantung pemilik, makin lama breakin makin licin permukaan yang bergesekan dan makin rendah tahanan geseknya sehingga makin tinggi daya gunanya.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Terimakasih bapak2 atas ilmunya... masih belum mantap settingnya meskipun udah dicoba2in melalui ilmu yang bapak informasikan... harus ngilmu ke laguna nih =P~ biar cepat dapat settingan yang pas dan biar cepat flight...

Saya juga ragu apakah setting saya rich atau lean, padahal sudah mengikuti manual 1,5 putaran needle valve bahkan saya kurangi dikit tapi pelumasnya banyak banget yang keluar... maklum sangat awam dengan ilmu engine... punya motor aja ngak bisa setel karburator kalau nggak ke bengkel :-k
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 8
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

Mohon maaf pak Jai,
artikel bapak itu mungkin cocok ke engine yg type RINGED.
dengan adanya tehnology baru seperti ABC, ABN, ABL atau AAC, tehnik break in itu sudah pasti akan membuat piston dan liner bergesekan secara keras danmembuat kompresi lebih rendah.

kalo Break-In ABC, harus langusung dioperate di "proper operating" temperature.
tidak boleh dibuat terlalu Rich
dan saran saya, low needle valve (yg pake obeng) kalo engga perlu, jangan diputar2. biasanya factory setup sudah bagus.

ini ada artilkel bagus, banyak gambar2nya juga.
Good Luck...
http://www.mecoa.com/faq/abc/abc.htm

breakin ABC engine : http://www.mecoa.com/faq/breakin/breakin_abc.htm
breakin RINGED engine : http://www.mecoa.com/faq/breakin/breakin_ringed.htm
breakin LAPPED engine : http://www.mecoa.com/faq/breakin/breakin_lapped.htm


brg,
Nick
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Saya pernah beli engine Glow yg ABC ,kemudian karena tdk tahu,saya breakin dgn cara Engine ring,
engine tsb jadi rusak permanen ,tdk bisa full power dan panas sedikit langsung mati....

Memang benar cara breakin engine ring dan ABC beda....jadi sebisa mungkin sesuaikan cara breakin kita dgn jenis enginenya dgn mengacu pertama kali pada manualnya...
Post Reply