Page 4 of 5

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 20 Feb 2009, 09:54
by dino
dan ukuran propeler yg pas buat engine 46 brp...? dsan klo engine 56 brp?... klo dipasang 3 blade propeler keuntungan dan ukurannya apa sama dng 2 blade propeler... ?

regard dino

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 11 Mar 2011, 11:32
by whiskey29
Kalo 3 propeler lebih ngga efficient, rugi...
untuknya : 1. keren, 2. dia meter prop lebih kecil, 3. keren

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 19 Apr 2011, 06:53
by Sukend
Pak djai,kalo di area banjarmasin dan skitarnya dapatin metanol ama castor oil dimana ya?

Salam,
SK

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 25 May 2011, 16:05
by sudjai sarmo
@ Sukend,
Maaf agak terlambat saya menjawab, di Banjarmasin kalau Anda mau beli Methanol bisa didapatkan di Kimia Farma di Jalan Veteran dekat dengan Gramedia. Terakhir saya beli Methanol disana sekitar 1974 yang lalu dan pembelian harus satu Jerrycan 20 ltr, mereka tidak menjual eceran. Mereka menyediakan Methanol biasanya yang beli dulu dari Dirgantara Air Service untuk keperluan Start Engine Casa yang harus dipancing dulu dengan Methanol. Castor Oil mereka juga menyediakan.

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 26 May 2011, 09:10
by NF
sudjai sarmo wrote: yang beli dulu dari Dirgantara Air Service untuk keperluan Start Engine Casa yang harus dipancing dulu dengan Methanol.


..... :tlt .....casa ...?
.................................. :hah ....'jump start'nya pake methanol ???....apa ignition nya dah mulai ngadat om dja'i ?

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 26 May 2011, 10:08
by sudjai sarmo
@ NF, itulah permasalahan yang ditimbulkan oleh Turbo Prop yang menggunakan kompresor centrifugal, pada saat start kan putaran masih lumayan rendah hingga kompresi yang dihasilkan juga masih rendah makanya dibutuhkan bahan yang sangat mudah terbakar untuk mempercepat start, begitu yang saya dapatkan informasinya dari tehnisi di PT DAS tempo hari ( 1974an ) perkembangan sekarang saya tidak tau lagi karena sejak PT DAS hengkang dari bumi Kalsel saya tidak punya relasi untuk bertanya masalah engine pesawat.

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 26 May 2011, 10:14
by NF
...untung .....ga perlu pake nitro.. :wek ....bisa jadi saingan berat aeromodelling ntar......

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 26 May 2011, 10:36
by afifer
#pa djai. Bgus mana bahan bakar racikan dgn bahan bakar pabrikan?

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 26 May 2011, 13:38
by yog1_p
@pak ja'i dan rekan-rekan.
break in mesin ABC dan ring jelas perlakuanya berbeda. (terimakasih ulasannya pak) :plk
kalo break in untuk mesin pesawat sih saya ga begitu pusing.
hanya sy bingung kalo break in mesin heli yang saya punya sekarang ASP46H type ABC.
jadi cara break in suhu2 heli belum berani sy terapkan. karena rata-rata menggunakan mesin heli type ring.
apakah ada cara atau trik tersendiri untuk break-in mesin heli type ABC ?
(hover tapi dalam keadaan full trottle :pyg)
terima kasih atas pencerahannya pak :thx

Re: Break in pada Engine baru.

Posted: 26 May 2011, 15:10
by sudjai sarmo
@Aififer, kalau mau dibandingkan ya jelas dan terang dan pasti bagus buatan pabrik, kalau bagus oplos sendiri nanti pabriknya gulung tikar.

@Yog1_p, menurut pengalaman saya waktu punya Raptor 50 SE dulu begitu mesin hidup posisi idle ya saya biarkan saja sampai bahan bakarnya habis lalu saya ulang sampai tiga tangki yang di Heli, yang keempatnya baru saya pakai Hover dan Hover dengan sedikit patroli. Yang paling penting kalau mau main Heli Engine jangan dilapangan yang permukaanya pasir atau tanah, cari lapangan dengan permukaan asphalt atau beton agar debu pasir tidak tersedot kedalam mesin. Kalau sulit cari lapangan yang bebas pasir terpaksa harus bawa potongan triplek yang agak lebar untuk Helipat. Selamat terbang dengan selamat.