budi.santoso wrote:@Budiman: Sy kalo ditanya pake berapa? Sy utk Trex600 pake cyclic swashplate 7deg.
Pada Trex700, untuk mendapatkan cyclic yg sama feelingnya sptnya sy pake sudut swashplate yg agak lebih besar.
Secara basic sebenarnya itu disesuaikan dgn habits tangan seseorang dan design dr rotor head setiap heli. Tiap orang dan tiap heli beda2 settingnya.
Soal bogging, sebelumnya sy mau tanya juga, apakah settingan engine sdh benar?
Sebab kalo settingan engine belum maksimal, otomatis berpengaruh sekali terhadap terjadinya bogging engine.
Engine akan bogging krn dia kelebihan beban. Kenapa dia bisa kelebihan/tdk sanggup menerima beban besar? ya balik lagi, krn settingan engine belum pas. Semakin besar pitch yg kita gunakan tentunya semakin besar beban yg akan diterima oleh engine.
Kalo sy lagi adjustment engine, yg sy lakukan tdk hanya pumping saja krn itu belum memberi beban maksimal kpd engine.
Beban maksimal adalah beban dmana engine menerima pitch paling besar. Dmana pitch yg paling besar? yaitu Pitch maksimum + derajat swashplate. Misalkan, pitch kita setting di +-12deg. Sudut cyclic 7deg. Kalo kita melakukan fast forward trus kita up 50% elevator sampai heli spt melakukan stall turn,, itu pitch masuk sampai hampir 15.5deg. Rumusannya 12+3.5=15.5(coba ukur pake pitch gauge).
Naah, kalo engine sdh sanggup menerima beban ini, berarti engine sdh OK..
Wuahh ini dia rahasianya keluar he..h.e.he
waduh terima kasih sekali mau sharing disini om.. jadi menambah pengetahuan kita-kita yang hanya berbekal nekat sama pengen mencoba dan mencoba.... kalau ada panduan begini jadi lebih terarah coba-cobanya , he..he..he sekali lagi terima kasih dan ambil kursi duduk lagi...menyimak.......
Pitch ketika rolling.
Secara teoritis, pitch yg diterima engine ketika heli melakukan rolling satu sumbu lurus adalah sbb:
Ketika heli diposisi normal/invert 5-6deg(kalo lebih dr 5-6deg, heli pasti ngebuang rollingnya).
Ketika heli posisi knife edge, stick throttle hrsnya pada posisi tengah(50%) atau pd 0deg tp kenyataannya dia ada pitch 7 deg, yg timbul akibat dr sudut swashplate krn input aileron(kalo setting sudut swahplate 7deg)..
Naah balik lagi, kalo engine sdh sanggup menerima beban pitch sebesar 15.5deg maka secara matematis dia sanggup melakukan rolling krn beban yg timbul tdk terlalu besar.
Mengenai tipikal Main Blade, kalo yg dimaksud itu adalah berat, bentuk dan bahannya..tentu saja ada memberi pengaruh ke roll rate.
Tapi yg paling signifikan itu adalah di berat paddle, panjang flybar rod dan sudut kemiringan swashplate.
Kurang lebih spt itulah yg sy tau pak.. Mungkin ada senior2 lain yg bisa menambahkan atau mengoreksi penjelasan sy kalo ada yg salah..
Salam,