Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
budi.santoso
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 507
Joined: 09 Jul 2007, 23:25
Location: Jakarta
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by budi.santoso »

@ mas dhanin: Naah..ini suhu sy niih. Lihat dong foto avatarnyaa...koq bisa sama yaa? :ha3
Sy ngikutin beliau niih..posisi wajah tampak kanan :pis

@ Budiman: Wuah..itu cuma paparan garis besar sy koq pak, mungkin masih byk kurang dan salahnya disana sini.
Memang management pitch itu perlu sekali di heli. Kalo di pesawat management throttle kali yaa..? Seperti melakukan Rolling Harrier(pada pesawat),, pasti throttle dimaintance terus deeh..


Salam,
User avatar
dhanin
Airman
Airman
Posts: 36
Joined: 18 Jun 2011, 01:45
Location: Bekasi, Jabar, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by dhanin »

Budiman wrote:
(soalnya main blade yg FAI standart mahal bener harganya.. :ha3 )..

Terimakasih, Pak budi.santoso atas pencerahannya...hal seperti ini adalah sebuah knowledge sharing yg bagus...mengamalkan ilmu (entah sedikit ato banyak) adalah salah satu ibadah ...Bravo buat Anda.. :plk

salam,
budiman
[/quote]

:whoaa
Kenapa mesti dibuat mahal main blade FAI padahal kalo diperhatikan sepintas hanya beda beratnya saja dibanding main blade 3D yang ringan dan penempantan CG main bladenya, Tapi menurut saya Om Budiman , kayanya apapun yang berkaitan dengan ada embel2 FAI semuanya mahal2.
Kalo enggak salah saat roll inline tidak boleh ada pitch +/- karena akan membuat gerakan didak efesien power buat rollnya dan heli kemungkinan akan bergeser dari linenya ( pitch harus 0 derajat ) dan heli bergerak maju hanya dari momen lemparnya dan setelah selesai rollnya kembali pada pitch normal membuat maju baik kondisi invert / normal, bila ada kesalahan mohon pencerahannya dari para suhu.
salam
:pis :ok
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budiman »

dhanin wrote:
Budiman wrote:
(soalnya main blade yg FAI standart mahal bener harganya.. :ha3 )..

Terimakasih, Pak budi.santoso atas pencerahannya...hal seperti ini adalah sebuah knowledge sharing yg bagus...mengamalkan ilmu (entah sedikit ato banyak) adalah salah satu ibadah ...Bravo buat Anda.. :plk

salam,
budiman


:whoaa
Kenapa mesti dibuat mahal main blade FAI padahal kalo diperhatikan sepintas hanya beda beratnya saja dibanding main blade 3D yang ringan dan penempantan CG main bladenya, Tapi menurut saya Om Budiman , kayanya apapun yang berkaitan dengan ada embel2 FAI semuanya mahal2.
Kalo enggak salah saat roll inline tidak boleh ada pitch +/- karena akan membuat gerakan didak efesien power buat rollnya dan heli kemungkinan akan bergeser dari linenya ( pitch harus 0 derajat ) dan heli bergerak maju hanya dari momen lemparnya dan setelah selesai rollnya kembali pada pitch normal membuat maju baik kondisi invert / normal, bila ada kesalahan mohon pencerahannya dari para suhu.
salam
:pis :ok[/quote]

Pak Dhanin,
Saya tidak berani komentar lebih banyak lagi mengenai hal2 yg berkaitan dengan FAI ...karena keterbatasan pengetahuan saya yg cuma hobbyist amatir...sepanjang yg saya amati, memang benar, apapun yg berkaitan dengan FAI menuntut konsekwensi cost yg lumayan mahal...termasuk kit helikopternya sendiri...mungkin ,dikarenakan oleh tuntutan akan "kepresisian" yg lebih ...mungkin lho ya,Pak..
Mengenai main blade pun, saya juga kurang jelas...sepanjang yg saya tau, main blade 3D lebih agressif terhadap setiap respons cyclic serta angin...sehingga agak susah untuk mempertahankan ketinggian saat "hover" yg konstan.. Mungkin Pak Dhanin bisa lebih menjelaskan soal perbedaan karakter main blade ini .. :thx

Soal bagaimana eksekusi Roll yg benar...Pak Dhanin dapat menjelaskannya lagi secara "step by step" nya... :thx

salam,
budiman
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by handoyo6299 »

budi.santoso wrote:@Budiman: Sy kalo ditanya pake berapa? Sy utk Trex600 pake cyclic swashplate 7deg.
Pada Trex700, untuk mendapatkan cyclic yg sama feelingnya sptnya sy pake sudut swashplate yg agak lebih besar.
Secara basic sebenarnya itu disesuaikan dgn habits tangan seseorang dan design dr rotor head setiap heli. Tiap orang dan tiap heli beda2 settingnya.

Soal bogging, sebelumnya sy mau tanya juga, apakah settingan engine sdh benar?
Sebab kalo settingan engine belum maksimal, otomatis berpengaruh sekali terhadap terjadinya bogging engine.
Engine akan bogging krn dia kelebihan beban. Kenapa dia bisa kelebihan/tdk sanggup menerima beban besar? ya balik lagi, krn settingan engine belum pas. Semakin besar pitch yg kita gunakan tentunya semakin besar beban yg akan diterima oleh engine.

Kalo sy lagi adjustment engine, yg sy lakukan tdk hanya pumping saja krn itu belum memberi beban maksimal kpd engine.
Beban maksimal adalah beban dmana engine menerima pitch paling besar. Dmana pitch yg paling besar? yaitu Pitch maksimum + derajat swashplate. Misalkan, pitch kita setting di +-12deg. Sudut cyclic 7deg. Kalo kita melakukan fast forward trus kita up 50% elevator sampai heli spt melakukan stall turn,, itu pitch masuk sampai hampir 15.5deg. Rumusannya 12+3.5=15.5(coba ukur pake pitch gauge).
Naah, kalo engine sdh sanggup menerima beban ini, berarti engine sdh OK..

Wuahh ini dia rahasianya keluar he..h.e.he
waduh terima kasih sekali mau sharing disini om.. jadi menambah pengetahuan kita-kita yang hanya berbekal nekat sama pengen mencoba dan mencoba.... kalau ada panduan begini jadi lebih terarah coba-cobanya , he..he..he sekali lagi terima kasih dan ambil kursi duduk lagi...menyimak.......
:plk :plk :plk :plk :plk :plk

Pitch ketika rolling.
Secara teoritis, pitch yg diterima engine ketika heli melakukan rolling satu sumbu lurus adalah sbb:
Ketika heli diposisi normal/invert 5-6deg(kalo lebih dr 5-6deg, heli pasti ngebuang rollingnya).
Ketika heli posisi knife edge, stick throttle hrsnya pada posisi tengah(50%) atau pd 0deg tp kenyataannya dia ada pitch 7 deg, yg timbul akibat dr sudut swashplate krn input aileron(kalo setting sudut swahplate 7deg)..

Naah balik lagi, kalo engine sdh sanggup menerima beban pitch sebesar 15.5deg maka secara matematis dia sanggup melakukan rolling krn beban yg timbul tdk terlalu besar.

Mengenai tipikal Main Blade, kalo yg dimaksud itu adalah berat, bentuk dan bahannya..tentu saja ada memberi pengaruh ke roll rate.
Tapi yg paling signifikan itu adalah di berat paddle, panjang flybar rod dan sudut kemiringan swashplate.

Kurang lebih spt itulah yg sy tau pak.. Mungkin ada senior2 lain yg bisa menambahkan atau mengoreksi penjelasan sy kalo ada yg salah..

Salam,
User avatar
dhanin
Airman
Airman
Posts: 36
Joined: 18 Jun 2011, 01:45
Location: Bekasi, Jabar, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by dhanin »

Budiman wrote:sepanjang yg saya tau, main blade 3D lebih agressif terhadap setiap respons cyclic serta angin...sehingga agak susah untuk mempertahankan ketinggian saat "hover" yg konstan.. soal perbedaan karakter main blade ini .. :thx

salam,
budiman

:tlt
Mudah mudahan bisa share dengan keterbatasan pengetahuan ini, "Main Blade 3D lebih agresif" ada betulnya dengan berat main bladenya yang ringan dan lebig kaku dibandingkan FAI/F3C, yang mempengaruhi heli sulit buat diam stabil banyak factor 1, mekanik ada slope pada endroodnya, 2 karet Flap Damper dorometernya terlalu rendah (keras) pada umumnya 3D memiliki 60~70 dorometernya sedangkan F3C 70~80. 3. Rpm pada saat hover tidak cocokan dengan karakter main blade, 4. CG bila terlalu berat kedepan saat melakukan nose in diatas akan cenderung maju, 5. delta3 berpengaruh terhadap angin ( auto koreksi terhadap angin ) kurva pitch serta cyclic thot mix nya. 6. karakter main blade, 7. pilot seberapa kuat latihan berdiri menjinakan helinya....
mudah2an benar jika banyak salah mohon pencerahan dari pada suhu heli .
:ok :tlt :pis
Salam
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budi »

budi.santoso wrote:@ Budiman:
Memang management pitch itu perlu sekali di heli. Kalo di pesawat management throttle kali yaa..? Seperti melakukan Rolling Harrier(pada pesawat),, pasti throttle dimaintance terus deeh..


Karena pada umumnya roll baik forward maupun backward dilakukan di idle up atau governor mode, maka akan sangat tergantung dari remaining power dari engine, semakin rendah headspeed rpm. Dulu, saya suka set governor di 85-90%, korbannya ya head speed lebih rendah, tapi kemampuan untuk melakukan gerakan mendadak, masih bisa teratasi oleh sisa power di engine.......sehingga gejala bogging terutama saat tictoc bisa hilang, termasuk roll
User avatar
dhanin
Airman
Airman
Posts: 36
Joined: 18 Jun 2011, 01:45
Location: Bekasi, Jabar, Indonesia
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by dhanin »

Budi wrote:
budi.santoso wrote:@ Budiman:
Memang management pitch itu perlu sekali di heli. Kalo di pesawat management throttle kali yaa..? Seperti melakukan Rolling Harrier(pada pesawat),, pasti throttle dimaintance terus deeh..


Karena pada umumnya roll baik forward maupun backward dilakukan di idle up atau governor mode, maka akan sangat tergantung dari remaining power dari engine, semakin rendah headspeed rpm. Dulu, saya suka set governor di 85-90%, korbannya ya head speed lebih rendah, tapi kemampuan untuk melakukan gerakan mendadak, masih bisa teratasi oleh sisa power di engine.......sehingga gejala bogging terutama saat tictoc bisa hilang, termasuk roll

:plk :plk :plk :plk
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budiman »

Roll rate heli, untuk sementara saya hanya bisa menyimpulkan, namun belum tentu benar, jadi jika ada rekan yang hendak menambahkan lagi adalah sesuatu yang berharga bagi kita semua di sini..

Sepanjang yang saya amati, roll rate heli sangat ditentukan oleh :
1. Seberapa besar reaksi dari flybar system, semakin cepat respon flybar, maka akan roll rate yang cepat pula
2. seberapa besar swash degree untuk aeleron, ini dapat diubah melalui setting "D/R" untuk aeleron...semakin ke arah nilai 100% maka semakin cepat pula roll rate.
3. Nilai throttle curve, ada indikasi untuk "cenderung" flat, namun harus hati2 pula menentukan berapa setiap point nya termasuk kaitannya dengan menggunakan Cyclic-Throttle mixing atopun Governor
4. Pitch degree dari main blade untuk proses Rolling...

Silahkan untuk menambahkan,ato berpendapat lain atopun sekedar tertarik mengenai Rolling ...karena menerbangkan heli kan tidak melulu hover sampe ngantuk..hehehe... :shy
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by DedDredd »

Menyimak saja dengan setia.....sambil menyerap ilmu2 yang ada.....tp koq ttp nggak bisa praktekan teori yg ada karena keterbatasan....diri... :shy
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Bagaimana menentukan roll-rate heli?

Post by Budiman »

DedDredd wrote:Menyimak saja dengan setia.....sambil menyerap ilmu2 yang ada.....tp koq ttp nggak bisa praktekan teori yg ada karena keterbatasan....diri... :shy

hehehehe..sampean istirahat dulu...kan masih dalam proses penyembuhan :pis ....lagipula kalo mau dipraktekkan dengan heli merk "X"...gampang banget ng-roll nya..tapi seringnya si heli makin lama makin menurun alias dive.. :ha3 .. beda sekali dengan heli merk "anu" ... :ide :ha3
Post Reply