Page 4 of 6

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 16 Jan 2012, 23:36
by Budiman
Nah..ini yang saya sama sekali tidak bisa menjawab untuk pertanyaan soal Governor, baik pada EP(electrical) heli serta NP(Nitro) heli...
karena pada dasarnya memang menjauhi Governor...namun saran Pak budi.santoso juga perlu patut dipertimbangkan mengenai penggunaan Governor dan Tachometer...
Jadi mas mamatpirlo yang baik hati,tidak sombong dan rajin menabung..mohon maaf, saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda..karena saya sendiri belum tahu pasti...yang terang, performance engine ditentukan dari prosedur break-in pada awal nya....dan setau saya, selama break-in, justru tidak menggunakan Governor dulu...serta saat menggunakan Governor, kita harus paham benar bagaimana karakteristik engine utamanya saat menghadapai perubahan beban yang bervariasi dan cepat...ya Tachometer tadi sebagai alat bantu dalam tuning Governor...apapun itu baik multigov atopun RPM limiter....
Menggunakan Governor tanpa mengetahui bagaimana karakteristik engine, ya rasanya tidak akan mencapai harapan yang diinginkan, berdasarkan yang saya alami sendiri...

Sedangkan utk EP heli, akselerasi BL motor kan lebih cepat daripada akselerasi engine...nah, kenapa harus menggunakan menu Governor ON pada ESC?... :ide ...silahkan, menanggapi bagi rekan2 yang mengerti soal ini.. :thx ..
Perkembangan soal spesifikasi dan skill heli, saya melihatnya hanya sebagai salah satu taktik bisnis para produsen saja, sedangkan kita kebanyakan tergiur dengan iklan dan jargon2 dr mereka ...Lagipula sepanjang yang saya tahu..heli 3D class adalah heli yang justru sangat jauh dari kriteria akurasi dan presisi...saya heran, apa lagi yang dikembangkan dari sebuah barang yang tidak presisi??... :tlt

Misalkan trend Torque Tube..bukanlah Torque Tube ini adalah kreasi heli jaman dulu?...kenapa sekarang muncul lagi... :shy
Kemudian kita dipaksa lagi mengenai CCPM..weleh, tehnologi CCPM sudah ada di pertengahan tahun 1988 untuk R/C heli... :ha3 ..
Lalu dikatakan CCPM lebih cepat dari non-CCPM...wah, kalo yang saya lihat malah, non-CCPM tidak kalah cepat dari CCPM dan setting up justru lebih mudah dari CCPM, buat saya saja lho ya... :pis..

Jadi, seperti Pak budi.santoso telah menyebutkan, bahwa jangan sampai kita melengkapi heli kita dengan sebuah tehnologi yang mubazir dan parahnya kita tidak cukup paham mengenai fungsinya...saya jujur sangat sependapat dengan beliau ... :ok

Namun, seperti biasa,...pilihan selalu berbalik kepada Anda masing2....

Sekali lagi bagi rekan2 yang memiliki pengalaman mengenai apa yang ditanyakan oleh Mas johan dan Mas mamatpirlo(yang baik hati, tidak sombong serta rajin menabung)..silahkan untuk nimbrung...dan mari kita ramaikan room heli ini...terimakasih sebelum nya :thx :thx

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 17 Jan 2012, 19:04
by panjitohaga
johansipp wrote:
Trus juga d kasih tau kalo menu governor esc bisa d ON kan pada heli elektrik utk mengejar rpm yg d inginkan.. <---- apakah demikian? Mohon pencerahannya oom..


kayanya untuk kasus ini tergantung esc nya om, tidak semua esc gov nya berfungsi dengan baik..hanya beberapa merk saja yg bagus kalo dari pengalaman. Kalo ESC nya mempunyai gov yg berfungsi dengan baik tidak ada salahnya di gunakan.

Kalo menurut saya dengan pake governor yg di set-up dengan benar bisa mendapatkan headspeed yang konsisten jadi ketika melakukan manuver bisa mendapatkan power yg konsisten juga. Karena ada konsistensi Heli jadi lebih gampang di prediksi gerakannya dan collective serta pitch terasa lebih mulus. Tentunya ada kekurangannya juga ;)

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 17 Jan 2012, 21:20
by andreansyah
mamatpirlo wrote:pak budiman yang baek hati dan tidak sombong saya mau numpang nimbrung juga nih pak.. :thx :thx
heli saya velo50 engin navarosi 57, pitch +12/-12, swash degre 10, governoor multigov. setingan engin high nedle 1,5+3klik , midle nedle 1putaran, fuel coolpower 30%. jadwal terbang setiap jam 06-08 pagi.
yang saya rasakan ampe sekarang ini kok velo50 saya tenaganya masih kurang n ngedrop ya pak??? apa lagi klo wat di tiktok.... weleh...weleh... mesti ngedrop pak :nw . kok ndak bisa kayak punyane si tareh itu ya pak ..... :tlt :tlt ampe :pyg saya.
apa itu setingan enginnya ya pak???? ato perlu dicoba ngurangi swash degrenya gtu ya pak???
mohon petunjuknya pak.....

terima kasih...


gampang om nanti hari minggu kan ada yg mampir ke tempat om nah jempolnya kan besar tuh trus suruh beliau coba dijamin heli om kaya punya wan tareh dah :wek

btw ,sekali waktu itu ketemu pa budi s ,trex 700 punya pa budi santoso sangat mantep powernya pas ditic toc mantep disiksa bagaimanapun juga tetap engine stabil . padahal kalo ga salah pa budi s hanya pake governoor align ya pa,ngmg2 bagi ilmu set governoor yg pas dong pa :shy

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 17 Jan 2012, 21:37
by budi.santoso
Budiman wrote:...Lagipula sepanjang yang saya tahu..heli 3D class adalah heli yang justru sangat jauh dari kriteria akurasi dan presisi...saya heran, apa lagi yang dikembangkan dari sebuah barang yang tidak presisi??... :tlt

Banyak koq pak. Bukti nyatanya adalah dulu heli yg dibilang presisi tinggi spt Hirobo dan Sylphide semuanya pake tenaga engine, malah heli 3D duluan sdh pake tenaga elektrik, terutama sejak mulainya dibuat motor2 BL dgn size besar utk heli2 3D size 50 trus naik ke size 90. Baru belakangan Sylphide bikin kit yg utk elektriknya.
Yg baru2 ini skrg heli 3D sdh byk yg pake system Flybarless. Bukan tidak mungkin suatu saat FAI membolehkan utk lomba F3C pake head FL, lalu mereka ikutan buat :)
Jadi sebenarnya kemajuan heli2 yg menganut system presisi tinggi itu justru perkembangan teknologinya kalah cepat dibanding heli2 yg berorientasi utk 3D.
Oh ya satu lagi, Governor.. Itu juga lhoo..
Itu yg sy tau.. Maaf kalo sy salah.. :shy

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 17 Jan 2012, 21:47
by mamatpirlo
Budiman wrote:Nah..ini yang saya sama sekali tidak bisa menjawab untuk pertanyaan soal Governor, baik pada EP(electrical) heli serta NP(Nitro) heli...
karena pada dasarnya memang menjauhi Governor...namun saran Pak budi.santoso juga perlu patut dipertimbangkan mengenai penggunaan Governor dan Tachometer...
Jadi mas mamatpirlo yang baik hati,tidak sombong dan rajin menabung..mohon maaf, saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda..karena saya sendiri belum tahu pasti...yang terang, performance engine ditentukan dari prosedur break-in pada awal nya....dan setau saya, selama break-in, justru tidak menggunakan Governor dulu...serta saat menggunakan Governor, kita harus paham benar bagaimana karakteristik engine utamanya saat menghadapai perubahan beban yang bervariasi dan cepat...ya Tachometer tadi sebagai alat bantu dalam tuning Governor...apapun itu baik multigov atopun RPM limiter....
Menggunakan Governor tanpa mengetahui bagaimana karakteristik engine, ya rasanya tidak akan mencapai harapan yang diinginkan, berdasarkan yang saya alami sendiri...



pak budiman yg orangnya berbudi luhur....hehehehe :pis :pis
sore tadi saya coba untuk mabur lagi pak dengan heli kesayangan velo50. cuaca sedikit mendung n angin sepoiii...sepoii... :dc1
sbelum terbang saya utak-atik dulu :tlt :tlt pak, swash degre dari 10 saya turunin ke 7 dan setingan engin saya jepit lagi ke arah 1,5putaran(high nedle) dan 1 putaran medium nedle.
dan hasilnya cukup ada perkembangan yg baik:
heli serasa nambah tenaganya dari yang sebelumnya tapi untuk dicoba pyro flip memang agak lambat( lo wat saya malah enak jadi gerakannya tidak terlalu cepat :ide soalnya jempol masih nggremettt pak.... :ha3 :ha3 )
tapi saya cek enginnya memang agak sedikit panas sih pak.... :-k apa ini masih wajar ya pak???
trus klo fungsi medium nedle ato middle nedle itu cenderung pengaruh ke helinya apa ya pak???
soalnya belum begitu dong antara setingan high nedle dengan medium nedle gtu pak.... :hi3 :hi3 ??
barang kali master2 ato suhu bisa membantu untuk pembelajaran saya di dunia heli perEnginan... :thx :thx :thx

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 17 Jan 2012, 21:54
by budi.santoso
andreansyah wrote:........gampang om nanti hari minggu kan ada yg mampir ke tempat om nah jempolnya kan besar tuh trus suruh beliau coba dijamin heli om kaya punya wan tareh dah :wek

btw ,sekali waktu itu ketemu pa budi s ,trex 700 punya pa budi santoso sangat mantep powernya pas ditic toc mantep disiksa bagaimanapun juga tetap engine stabil . padahal kalo ga salah pa budi s hanya pake governoor align ya pa,ngmg2 bagi ilmu set governoor yg pas dong pa :shy

Kan udah pernah sy share..
Kalo utk governor Align sangat simple yaa..
Apanya lagi yg perlu diset selain menentukan titik bawah dan titik atas dr range throttlenya?
Kalo pake governor mau dpt hasil yg baik ya kita harus ngeset engine dgn benar dulu. Kalo setting engine sdh benar, governor tinggal di ON kan saja :) Itu aja kuncinya koq.
Kalo setting engine belum dapat, jgn harap governor merk apapun bisa bantu..

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 17 Jan 2012, 22:55
by levpardede
swash degree itu maksudnya cyclic pitch bukan om?
tuk menentukan roll rate heli mungkin:)

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 18 Jan 2012, 06:34
by Budiman
budi.santoso wrote:
Budiman wrote:...Lagipula sepanjang yang saya tahu..heli 3D class adalah heli yang justru sangat jauh dari kriteria akurasi dan presisi...saya heran, apa lagi yang dikembangkan dari sebuah barang yang tidak presisi??... :tlt

Banyak koq pak. Bukti nyatanya adalah dulu heli yg dibilang presisi tinggi spt Hirobo dan Sylphide semuanya pake tenaga engine, malah heli 3D duluan sdh pake tenaga elektrik, terutama sejak mulainya dibuat motor2 BL dgn size besar utk heli2 3D size 50 trus naik ke size 90. Baru belakangan Sylphide bikin kit yg utk elektriknya.
Yg baru2 ini skrg heli 3D sdh byk yg pake system Flybarless. Bukan tidak mungkin suatu saat FAI membolehkan utk lomba F3C pake head FL, lalu mereka ikutan buat :)
Jadi sebenarnya kemajuan heli2 yg menganut system presisi tinggi itu justru perkembangan teknologinya kalah cepat dibanding heli2 yg berorientasi utk 3D.
Oh ya satu lagi, Governor.. Itu juga lhoo..
Itu yg sy tau.. Maaf kalo sy salah.. :shy

Sebelumnya saya akan mengatakan bahwa ini bukan soal f3c vs 3d...

Yang saya maksudkan heli 3D sebagai heli yang tidak presisi adalah bila kita meninjau dari akurasi flight performance terutama mengendalikannya saat hovering dengan menggunakan sistem original nya tanpa modifikasi apapun, dan bukan dari jenis power plantnya..
Termasuk parameter2 seperti delta ratio,flybar ratio dan headspeed pada masing2 heli, yang saya tau, memiliki perbedaan yang sangat besar antara keduanya
Heli 3D dirancang cenderung tidak stabil, karena memang being designed untuk melakukan manuver2 yang ekstrim ,namun perlu banyak upaya untuk membuatnyauntuk terbang "in track" yang benar2 lurus.
Soal Governor..hehehehehe...saya masi berpendapat, engine yang dipersiapkan dengan baik justru tidak perlu menggunakan Governor...saya lebih memilih menggunakan Cyclic-Throttle mixing, malah bekerja lebih cepat dari Governor... :pis

Schedule FAI yang terakhir memang lebih banyak melibatkan unsur 3D, atas saran, kalo saya tidak salah adalah saran dari Curtis Youngblood, kepada FAI sendiri, dengan tujuan untuk menarik minat para pilot heli 3D(utamanya di USA) untuk ikut berpartisipasi dalam Heli contest.
Untuk itu, maka power plant dari heli FAI pun mengalami perubahan, karena manuver2 dari schedule yang baru ini kurang dapat diakomodir oleh nitro engine. Akan lain ceritanya jika FAI sama sekali tidak mau untuk "merangkul" kaum pilot heli 3D ini, saya yakin, precision heli masih akan menggunakan sistem yang sebelumnya.
Jadi,kalo saya melihatnya masalah perkembangan tehnologi akurasi/presisi bukan kalah cepat dengan heli 3D, namun hanya sekedar menyesuaikan sedikit, agar temen2 3D dapat "nimbrung" juga...kan sebelumnya 3D hanyalah sebagai kompetisi di luar agenda resmi yang diadakan oleh FAI .
Jika saya tidak salah, tehnologi FBL (yang sekarang menjadi trend pada heli2 3D), karena penggunaan 3 axis gyro, masih tidak diperbolehkan oleh FAI..ya namanya kan skill yang diunggulkan tanpa menggunakan alat bantu..buat saya ini adalah salah satu contoh tehnologi mubazir untuk sebuah kompetisi... :shy ...
Info terakhir yang saya ketahui, FAI akan mengadakan kontes F3N(3D versi FAI) di Jerman pada tahun ini, entah pada bulan apa tepatnya...

Mulai OOT ..lebih baik kita balik ke bahasan sebelumnya deh... :shy

@Om levpardede,
Iya betul,Pak...bukan cuma utk roll- rate saja...tapi ya semuanya juga... :shy

@Om mamatpirlo aka Mas Anto yang berbudi pekerti tinggi,
Swash degree sampe 10 deg???.... :hah ...
Ya buat saya...engine bener2 overloaded :pyg .....swash degree masi belum dijumlahkan dengan pitch main blade pula..ampun deh ... :pyg ...
Dikurangi aja,Om...7-8 deg untuk swash...Engine sedikit panas ya?...berapa lama Anda dapat menyentuh backplate saat itu?...

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 19 Jan 2012, 14:28
by budi.santoso
Budiman wrote:..........
Sebelumnya saya akan mengatakan bahwa ini bukan soal f3c vs 3d...

Yang saya maksudkan heli 3D sebagai heli yang tidak presisi adalah bila kita meninjau dari akurasi flight performance terutama mengendalikannya saat hovering dengan menggunakan sistem original nya tanpa modifikasi apapun, dan bukan dari jenis power plantnya..
Termasuk parameter2 seperti delta ratio,flybar ratio dan headspeed pada masing2 heli, yang saya tau, memiliki perbedaan yang sangat besar antara keduanya
Heli 3D dirancang cenderung tidak stabil, karena memang being designed untuk melakukan manuver2 yang ekstrim ,namun perlu banyak upaya untuk membuatnyauntuk terbang "in track" yang benar2 lurus.
Soal Governor..hehehehehe...saya masi berpendapat, engine yang dipersiapkan dengan baik justru tidak perlu menggunakan Governor...saya lebih memilih menggunakan Cyclic-Throttle mixing, malah bekerja lebih cepat dari Governor... :pis

Schedule FAI yang terakhir memang lebih banyak melibatkan unsur 3D, atas saran, kalo saya tidak salah adalah saran dari Curtis Youngblood, kepada FAI sendiri, dengan tujuan untuk menarik minat para pilot heli 3D(utamanya di USA) untuk ikut berpartisipasi dalam Heli contest.
Untuk itu, maka power plant dari heli FAI pun mengalami perubahan, karena manuver2 dari schedule yang baru ini kurang dapat diakomodir oleh nitro engine. Akan lain ceritanya jika FAI sama sekali tidak mau untuk "merangkul" kaum pilot heli 3D ini, saya yakin, precision heli masih akan menggunakan sistem yang sebelumnya.
Jadi,kalo saya melihatnya masalah perkembangan tehnologi akurasi/presisi bukan kalah cepat dengan heli 3D, namun hanya sekedar menyesuaikan sedikit, agar temen2 3D dapat "nimbrung" juga...kan sebelumnya 3D hanyalah sebagai kompetisi di luar agenda resmi yang diadakan oleh FAI .
Jika saya tidak salah, tehnologi FBL (yang sekarang menjadi trend pada heli2 3D), karena penggunaan 3 axis gyro, masih tidak diperbolehkan oleh FAI..ya namanya kan skill yang diunggulkan tanpa menggunakan alat bantu..buat saya ini adalah salah satu contoh tehnologi mubazir untuk sebuah kompetisi... :shy ...
Info terakhir yang saya ketahui, FAI akan mengadakan kontes F3N(3D versi FAI) di Jerman pada tahun ini, entah pada bulan apa tepatnya...

Mulai OOT ..lebih baik kita balik ke bahasan sebelumnya deh... :shy

@Om levpardede,
Iya betul,Pak...bukan cuma utk roll- rate saja...tapi ya semuanya juga... :shy

@Om mamatpirlo aka Mas Anto yang berbudi pekerti tinggi,
Swash degree sampe 10 deg???.... :hah ...
Ya buat saya...engine bener2 overloaded :pyg .....swash degree masi belum dijumlahkan dengan pitch main blade pula..ampun deh ... :pyg ...
Dikurangi aja,Om...7-8 deg untuk swash...Engine sedikit panas ya?...berapa lama Anda dapat menyentuh backplate saat itu?...

:-k :-k

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 19 Jan 2012, 15:26
by Budiman
Pak budi.santoso...Anda boleh tidak percaya dengan apa yang saya utarakan sebelumnya... :ha3 :ha3 ...

Pendapat saya tsb hanya berdasarkan apa yang telah saya alami secara nyata saat meng-handle dan mempersiapkan 2 heli yang berbeda design serta karakter... :pis :pis