Page 5 of 14

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 00:24
by reez001
Wind Raider wrote:Boleh juga tuh pak .
Tinggal bentuk panitia yg terdiri dari para FPV ers gaero .
Dipersilakan :bow:

Ketua - Ekozxx ?? :mtp :mtp


Setuju suhu :mtp

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 04:56
by ekozxx
Wah gak usah pake panitia2an suhu. Sptnya cukup dibuat sub room FPV di Aerial Photography dimana halaman 1 dibuat pedoman/rules fpv. Tinggal kita2 yang mengarahkan/mengedukasi jika ada member/non member/teman di klub/dll yang berminat ber-FpV agar mengikuti pedoman tadi. Nah isi pedoman tadi sptnya link dari om Stefandy + input2 lain yang disesuikan dengan kondisi di sini yang disepakati bersama. Cara kerjanya dibuat praktis saja, diharapkan member gaero tinggal Copas dan menyebarluaskan/tempel/kerjasama dengan ketua/suhu diklub/komunitas tempat main masing-masing. Jd misalnya di klub X diketahui ada Newbie yang mau FPV, tinggal arahkan untuk mengikuti pedoman tadi sekaligus mengajak si Newbie tadi bergabung di Gaero agar saling mendapat pencerahan dan terdata. Jd yang dibutuhkan adalah sukarelawan yang menjadi koordinator, misalnya om Rezz utk wilayah Sukabumi dst, om Fahmi Cinere, saya CAC dan Cibereum,..dst. Krn saat ini di Indonesia belum banyak juga yang minat FPV jd lebih mudah penyesuaiannya jika dimulai dari yang masih sedikit.

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 07:37
by asoenhauw
Redblur wrote:Menurut saya sebagai pengamat Perkembangan FPV dan khususnya wahana berkamera ini. Perlu tanggung jawab yg besar dan kedisiplinan yang tinggi. Seperti yang kami tahu aeromodelling bukan mainan, melainkan benda (berpotensi) berbahaya yang terbang. Karena perkembangan teknologi FPV yang pesat berkembang, akhir-akhir ini muncul tren Terbang Jauh2an atau Beyond Line Of Sight. Bahaya yang bisa muncul adalah :

1. Lost Control : Kita gak tau apakah Fail safe berkerja atau tidak, namun apabila main diatas Objek seperti Gedung,Perumahan. Kejadian Lost control bisa memiju Wahana menghujam ke objek2 tsb. yang bisa mengakibatkan kerugian material. ini gak terbatas sama FPV-er. sama Normal flyer juga bisa kena resiko sedemikian rupa kalo lost control . namun ini bisa di tanggulangi dengan Pre-Flight check per terbang. diantaranya Range check

2. Mechanical Failure : Bisa-bisa platform mengalami kerusakan di udara seperti motor rusak,servo rusak, dll . apabila terjadi suatu keanehan dalam platform anda, segeralah mendarat atau return to base. kalau tidak terburu, maka carilah tempat yang lapang . biasakan lah melakukan Pre-Flight check sebelum mengudara seperti ngecek koneksi ESC,Servo,dll

Maka oleh karena itu
Play Safe! : Bermain lah dengan aman, cari tempat yang aman. Hindari terbang di tempat (atas) keramaian,Perumahan,dll . karena bisa saja kejadian terburuk terjadi seperti menabrak atap rumah, wahana multicopter Mati mesin di atas kerumunan orang atau Mobil yg lewat,dll.

Hobi Aeromodelling ini bisa di katakan naik kelas dari R/C Plane biasa menjadi Drone atau Pesawat tanpa awak,yang menurut saya harus punya disiplin,dan jam terbang yang tinggi. maka saran saya dari posting yg muter2 ini untuk kawan2 FPV-er adalah

1.Selalu ada Pendamping di sebelah anda,beliau bisa memperhatikan kemana anda terbang dan bisa mengikatkan sisa batrai/fuel saat anda menggunakan Goggles atau melototin layar televisi.

2.Pre-Flight check itu haruss! ingat duit terbang,kalo hilang ya

3.Kenali area yang anda ingin terbang, anggepan nya seperti nyupir kalo gak tau area yang mau di lewatin pasti tersesat. kalo tersesat mau tanya siapa :gg . saran saya adalah sebelum terbang perhatikan peta di google map, bisa membantu banget Google Maps itu. apalagi kalo dubrak,tinggal masukin koordinasi gps aja :mwk2

4.High discipline , ingat aeromodelling bukan mainan, bisa bahaya loh. jadi hindari terbang yang sembrono

5. Cek cuaca, dan Planning penerbangan dan jangan lupa Set timer

6. Terbang di tempat semestinya, jangan terbang di tempat vital seperti contohnya di atas rumah pak presiden,ataupun istana kepresidenan :nw . Menurut saya tempat yg cocok adalah ya lapangan luas bebas halangan aja cukup bagi yang mau terbang FPV jauh, dan remote area dimana traffic air nya jarang. namun apabila penerbang FPV Jarak dekat seperti multirotor,atau pesawat imut lain nya yang tidak mempunyai tujuan jauh-jauhan, lapangan Bola pun jadi

terus apa lagi ya?

jangan sampe ada kejadian yg tidak diinginkan di dunia aeromodelling ini

yang penting sih Disiplin sama Safety

cmiiw



:mtp om Blur :ok

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 08:04
by BZ123456
Saya manut dengan rules......

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 09:28
by iwan21
Alhamdulillah, ternyata para suhu sudah keluar dari pertapaan masing2

Saya liat point2 dari masukan dan sumbang saran yg muncul disini sangat banyak dan cukup beragam, dg sudut pandang yg berbeda2 dari berbagai sisi sesuai pangalaman dan latar belakang masing2.

Salut utk semua suhu2 ( eh salah ya? kalo menurut pak Yus Badudu, kalo udah ada kata "semua" gak perlu pake angka "2" lagi/kalimat dobel), saling menuliskan pendapat tanpa merasa paling tau, tanpa maksud menggurui satu sama lain , dan yg penting lagi gak ada debat kusir berkepanjangan hanya utk mempertahan pendapat pribadi :mtp

Nah rencananya semua itu akan kita coba rangkum bersama, kita coba buat ini jadi semacam panduan aja ( gak mengikat)

Mohon bantuan utk yg punya keahlian "merangkum", dibantu ya nanti , prok prok prok..

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 09:45
by fahmi43
ekozxx wrote:Wah gak usah pake panitia2an suhu. Sptnya cukup dibuat sub room FPV di Aerial Photography dimana halaman 1 dibuat pedoman/rules fpv. Tinggal kita2 yang mengarahkan/mengedukasi jika ada member/non member/teman di klub/dll yang berminat ber-FpV agar mengikuti pedoman tadi. Nah isi pedoman tadi sptnya link dari om Stefandy + input2 lain yang disesuikan dengan kondisi di sini yang disepakati bersama. Cara kerjanya dibuat praktis saja, diharapkan member gaero tinggal Copas dan menyebarluaskan/tempel/kerjasama dengan ketua/suhu diklub/komunitas tempat main masing-masing. Jd misalnya di klub X diketahui ada Newbie yang mau FPV, tinggal arahkan untuk mengikuti pedoman tadi sekaligus mengajak si Newbie tadi bergabung di Gaero agar saling mendapat pencerahan dan terdata. Jd yang dibutuhkan adalah sukarelawan yang menjadi koordinator, misalnya om Rezz utk wilayah Sukabumi dst, om Fahmi Cinere, saya CAC dan Cibereum,..dst. Krn saat ini di Indonesia belum banyak juga yang minat FPV jd lebih mudah penyesuaiannya jika dimulai dari yang masih sedikit.


Setuju banget deh sama suhu eko, karena belum ada rules resmi dari organisasi terkait, dan segala resiko tanggung sendiri, kalau pake panitia2an ntar panitia nya yg di tunjuk kalo ada apa2. hehehhe :gg . Jadi hanya membuat "Pedoman FPV" yang baik dan benar, dan yang mau ber-FPV dengan safety dan baik bisa mengikuti pedoman tersebut.

Saran aja, mungkin saat membahas isi pedoman tersebut, ada baik nya sesekali kita kopdar aja, jangan di forum terus, sambil silaturahmi dan mengenal satu sama lain, bisa terbang bareng, makan2 bareng, ngupi2, dll. dan dengan kopdar ini diharapkan kehadiran orang2 yang memang perduli dengan FPV dan ke amanan nya.

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 09:49
by BZ123456
Wuah ada rencana ke cibereum lagi....JAMBORE FPV CIBEREUM. Nation calls you guys! Be there!

Orchi...siapkan ayam panggang....pak gm minum...saya.....kuaci saja ya wakakakakaka

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 10:00
by NF
BZ123456 wrote:.saya.....kuaci saja ya wakakakakaka



........boleeehhhhh asal 0,5 ton dan ada yang segar dan dingin.............(dilapangan kan panas ???????.......awas lo kalo milihnya pas hujan deres :gg )

.....ok , banyak masukan yg menarik . semoga aeromodeling scr umum dan FPV scr khusus dapat berkembang dgn baik dan maju di indonesia lewat persahabatan dan kekeluargaan di forum ini...... :doa

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 10:19
by Wind Raider
fahmi43 wrote:
ekozxx wrote:Wah gak usah pake panitia2an suhu. Sptnya cukup dibuat sub room FPV di Aerial Photography dimana halaman 1 dibuat pedoman/rules fpv. Tinggal kita2 yang mengarahkan/mengedukasi jika ada member/non member/teman di klub/dll yang berminat ber-FpV agar mengikuti pedoman tadi. Nah isi pedoman tadi sptnya link dari om Stefandy + input2 lain yang disesuikan dengan kondisi di sini yang disepakati bersama. Cara kerjanya dibuat praktis saja, diharapkan member gaero tinggal Copas dan menyebarluaskan/tempel/kerjasama dengan ketua/suhu diklub/komunitas tempat main masing-masing. Jd misalnya di klub X diketahui ada Newbie yang mau FPV, tinggal arahkan untuk mengikuti pedoman tadi sekaligus mengajak si Newbie tadi bergabung di Gaero agar saling mendapat pencerahan dan terdata. Jd yang dibutuhkan adalah sukarelawan yang menjadi koordinator, misalnya om Rezz utk wilayah Sukabumi dst, om Fahmi Cinere, saya CAC dan Cibereum,..dst. Krn saat ini di Indonesia belum banyak juga yang minat FPV jd lebih mudah penyesuaiannya jika dimulai dari yang masih sedikit.


Setuju banget deh sama suhu eko, karena belum ada rules resmi dari organisasi terkait, dan segala resiko tanggung sendiri, kalau pake panitia2an ntar panitia nya yg di tunjuk kalo ada apa2. hehehhe :gg . Jadi hanya membuat "Pedoman FPV" yang baik dan benar, dan yang mau ber-FPV dengan safety dan baik bisa mengikuti pedoman tersebut.

Saran aja, mungkin saat membahas isi pedoman tersebut, ada baik nya sesekali kita kopdar aja, jangan di forum terus, sambil silaturahmi dan mengenal satu sama lain, bisa terbang bareng, makan2 bareng, ngupi2, dll. dan dengan kopdar ini diharapkan kehadiran orang2 yang memang perduli dengan FPV dan ke amanan nya.


Gini lho pak
Bukan panitia dalam artian yg resmi yang membuat aturan resmi / mengikat .
Tapi panitia ( kumpulan orang ) yang dianggap lebih mengerti utk membuat pedoman awal / draft .
Pedoman FPV ( guide line ) yang akan dibuat lebih bersifat himbauan .
Nanti rekan2 lainnya akan memberikan pendapat dan saran utk penyempurnaan.
Resiko ya tetap ditanggung sendiri lah , masak mau nyalahin panitia hehehehe ..

Btw , terserah kepada teman2 praktisi saja bagaimana baiknya .
Ada pun forum gaero hanya memfasilitasi .
Kopdar tentunya lebih baik .

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Posted: 27 Sep 2012, 19:55
by ekozxx
Terjemahan bebas dari linknya om stefandy.. (ada yang saya tambah2in), mohon koreksi bila diperlukan.

PANDUAN PRAKTIS TERBANG FPV


Pilot FPV wajib melakukan terbang FPV dengan aman. Banyak orang meyakini bahwa terbang FPV adalah "tidak aman". Hal ini dapat dimaklumi, untuk itu tugas kita sebagai penerbang FPV tidak hanya melakukan terbang aman di daerah aman, tetapi juga menunjukkan kepada orang lain bahwa kita telah mengambil langkah-langkah preventif agar terbang FPV menjadi seaman mungkin. Dengan demikian, kita telah mempromosikan dengan cara yang positif mengenai terbang FPV. Berikut ini adalah beberapa item dasar agar ber-fPV dengan aman :

1)Peralatan

Pertama-tama, penting untuk menggunakan komponen berkualitas baik. Dan ini tidak hanya berlaku untuk terbang FPV, namun RC pada umumnya. Produk inferior sering mengakibatkan kinerja lebih rendah. Paling penting adalah alat transmisi (Tx) / penerima (Rx), baik dari link Radio Kontrol dan downlink video. Karena ini adalah forum FPV, kita akan fokus pada komponen yang spesifik untuk terbang FPV. Kamera harus berkualitas baik dan memiliki resolusi yang cukup untuk dengan mudah melihat orientasi pesawat, lokasi, dan kedekatan dengan benda-benda lainnya. Selain itu adalah kualitas sistem downlink video. Anda pasti tidak ingin downlink video menghilang saat terbang FPV. Jadi Anda membuhkan komponen TX / RX yang berkualitas baik dan memiliki jangkauan transmisi yang baik. Ada langkah-langkah keamanan tambahan yang dapat diambil dalam hal terjadi kehilangan link video (lihat butir 5). Perlu ditekankan bahwa alat tambahan tersebut digunakan sebagai perangkat keselamatan tambahan, dan bukan untuk digunakan untuk mengatasi kekurangan system ini.

2) Pengalaman

Jangan pernah mencoba untuk terbang 2 km jauhnya sendirian pada pengalaman pertama penerbangan FPV Anda. Terbang FPV sema sekali berbeda dibandingkan terbang line-of-sight (terbang r/c konvensional). Anda akan mendapatkan perspektif yang sama sekali berbeda selama penerbangan FPVpertama Anda. Selain itu Anda akan sangat mudah untuk menjadi bingung terhadap orientasi terbang, posisi pesawat, arah dan jalur terbang . Hal ini disebabkan karena perbedaan visual dari terbang line-of-sight yang umum. Dibutuhkan latihan dan disiplin agar terbiasa dan mahir terbang FPV. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah jangan tergesa-gesa untuk menjadi mahir. Mulailah secara bertahap demi tahap dan perlahan dengan urutan menggunakan Simulator seperti AeroSim, Realflight G4, setelah itu terbang FPV jarak dekat, lalu menengah, baru kemudian lebih jauh. Pelajari lokasi penerbangan, benda-benda di sekitar Anda (pohon, bangunan, dll), dan sebelum melakukan penerbangan FPV, cobalah untuk berimajinasi seolah-olah Anda berada di dalam kokpit pesawat dan membayangkan apa yang mungkin terlihat dari berbagai sudut pandang di lapangan. Gunakan Google Earth untuk mempelajari bidang lokasi yang akan digunakan untuk terbang FPV.

3) Spotter (teman pemandu terbang)
Item keselamatan yang paling penting untuk terbang FPV, adalah memiliki spotter dengan Anda. Spotter adalah seseorang membantu melihat secara visual line-of-sight pada pesawat selama Anda melakukan penerbangan FPV. Jika terjadi masalah, spotter akan membimbing Anda, seperti orientasi pesawat, arah, ketinggian, dan lainnya yang dirasa perlu agar pesawat dapat kembali pulang dengan selamat. Bahkan akan lebih baik adalah jika spotter tersebut memegang remote control sebagai Buddy Box yang dikoneksikan pada remote Anda melalui trainer port. Dengan cara ini, jika transmisi video hilang, spotter dapat mengambil alih control pesawat dan kembali ke lapangan atau memberikan kontrol kembali kepada Anda jika link video kembali normal . Sangat bijaksana jika selalu menggunakan spotter pada setiap kali melakukan penerbangan FPV

4) Lokasi
Hal lain yang penting, dan mungkin selalu menjadi topik diskusi. Di mana area lokasi yang aman untuk terbang FPV? Kebanyakan orang pasti setuju bahwa terbang di atas wilayah padat penduduknya, jalan raya yang sibuk, dekat bandara, jalur lalu lintas udara, instalasi militer, atau daerah terbatas lainnya, adalah bukan daerah aman untuk terbang . Hal ini bukan hanya berlaku untuk terbang FPV, tetapi juga berlaku untuk terbang R/C pada umumnya. Diskusikan dengan rekan penerbang lain sebelum memutuskan apakah aman atau tidaknya lokasi untuk terbang FPV.

5) Terbang Jarak Jauh
Ini adalah topik yang hangat diperdebatkan terhadap terbang FPV. Karena sifat terbang FPV adalah visual kokpit, maka memungkinkan kita untuk terbang di luar jangkauan visual line-of-sight. Yang menjadi pertanyaannya adalah seberapa jauh saya bisa terbang? Akan ada BANYAK hal sebelum mengambil keputusan terbang jauh, termasuk semua item yang disebutkan di atas. Anda akan membutuhkan komponen berkualitas tinggi, dan Remote Control dan Downlink Video dengan kekuatan daya yang cukup untuk mengatasi jarak yang ditempuh. Demikian pula kapasitas batere yang mampu mensuplai daya batere selama penerbangan. Terbang FPV jarak jauh membutuhkan akumulasi pengalaman terbang FPV dan pengetahuan yang baik dari daerah sekitarnya. Ini HANYA boleh dilakukan di daerah-daerah di mana risiko bagi korban jiwa, harta benda diminimalkan. Dan spotters masih bisa dimanfaatkan untuk membantu pilot. Komponen hardware tambahan juga dapat digunakan di sini, dan sangat dianjurkan untuk terbang jarak jauh, seperti :

a). OSD yang dilengkapi GPS dengan kemampuan Return to Home, sehingga jika terjadi kehilangan kendali baik RC ,atau link video, pesawat yang akan dipandu kembali dengan selamat ke lapangan terbang melalui perangkat navigasi GPS.
b). "co-pilot"/’pilot assist” yaitu perangkat yang menjaga kestabilan level pesawat secara otomatis juga sangat diperlukan. Dengan alat ini posisi pesawat akan selalu level selama penerbangan maupun RTH yang dipandu oleh perintah perangkat GPS. Sekali lagi sangat ditekankan bahwa terbang jarak jauh hanya boleh dilakukan oleh pilot yang berpengalaman FPV, yang sudah sangat familiar dengan lokasi terbangnya, peralatannya dan selalu cek dan re-check memastikan semua peralatan bekerja sempurna dan melakukannya di lokasi yang aman.

Menjadi kewajiban seluruh penerbang FPV untuk mengetahui keterbatasan peralatan yang dimilikinya. Jangan coba-coba untuk terbang 5 km jauhnya dengan pemancar 10mW!.

disadur dari :http://www.fpvpilot.com/Pages/FPVPilotSafety.aspx