Forum rules
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
NF wrote::hmm .....om eko........tlg hati hati kalo dah terbang Beyond Visual Range , alias sudah terbang fvp.........jangan sampe ganggu air traffic. ...cross sectionnya ga kliatan di radar display
BZ123456 wrote:Awas air traffic ya fahmi....sesuai pesan pak nf
fahmi43 wrote:mungkin beli HT ya, yang bisa masuk ke freq ATC jakarta, jadi sebelum terbang bisa dengerin dulu ada pesawat mau lewat situ apa ngga
Redblur wrote:terbang di tempat yg sepi jauh dari Lapangan udara,dan daerah dimana pesawt jarang mendekat seperti di pegunungan
ekozxx wrote:
Setuju suhu, bbrp pesawat komersil lewat cibereum arahnya ke timur/barat dan posisi sdh sangat tinggi suhu..ke utara pun saya ragu, selain tol jika diteruskan akan mengarah ke laut utara jawa dimana sdh masuk jalur terbang komersial..kira2 gitu suhu. Di Jkt memang susah utk FPV jarak jauh, selain padat penduduk, juga padan lalulintas terbang. Utk jalur komersil bisa terbaca, yang sulit jalur non komersil spt pesawat latih, angkatan, atau polisi.
fahmi43 wrote:Itu yagi dari beli emang tube item nya kendor2, saya kira emang begitu.. target saya sekarang 10km aja, tapi high altitude
NF wrote: ........... .....so many air traffic..............so many ATC................so many many de el el..............ada pol , au , al dan ad , juga lainnya , biasanya mereka pakai NOTAM........ ..juga jangan lupa aerodrome budiarto , pondok cabe , atang senjaya selain halim dan soetta.
BZ123456 wrote:Iya...kalo terbang kita harusnya juga memakai notam....harus diingat terbang yang gak pake notam di cibereum selain kita (aeromodeller) juga ada paralayang...please be safe....
NF wrote:atau di remote area saja ...........daerah wisata biasanya ga ada airtraffic = pegunungan / pantai ..................
Berdasarkan obrolan diatas, serta makin maraknya aktifitas ber FPV ria akhir2 ini, mari kita urun rembug bersama2 "APA DAN BAGAIMANA SEHARUSNYA TERBANG FPV "
Masukan dan saran2 dari fihak2 yg terlibat langsung maupun tidak langsung (operator, regulator,industri,dll) dalam dunia penerbangan, baik sipil maupun militer, komersial maupun non komersial/experimental/hobby) sangat diharapkan, demi terciptanya terbang FPV yg aman dan nyaman utk semua fihak
Yg pernah saya baca, di negri om Obama yg anak Menteng itu, kegiatan FPV sudah dilarang dan akan berurusan dg hukum, kecuali dilakukan oleh badan usaha berijin dg pilot yg punya lisensi FPV
Seandainya FPV er bisa bekerjasama dengan institusi legal seperti AURI , KEPOLISIAN , dll ; maka kegiatan ini mungkin bisa dinaungi dibawah institusi yg terkait . Jadi kegiatannya diketahui oleh aparat yang berwajib ; juga bisa memberikan masukan teknologi utk litbang institusi terkait .
Sebenarnya , mengenai faktor legalitas dan keamanan ; sudah lama kami kuatirkan . Makanya di forum rules ditulis :
Forum rules Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video . Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
Mudah2an kali ini , yang protes mengenai rules ini ; sudah mulai mengerti mengapa forum rules berbunyi demikian .
iwan21 wrote:Berdasarkan obrolan diatas, serta makin maraknya aktifitas ber FPV ria akhir2 ini, mari kita urun rembug bersama2 "APA DAN BAGAIMANA SEHARUSNYA TERBANG FPV "
Masukan dan saran2 dari fihak2 yg terlibat langsung maupun tidak langsung (operator, regulator,industri,dll) dalam dunia penerbangan, baik sipil maupun militer, komersial maupun non komersial/experimental/hobby) sangat diharapkan, demi terciptanya terbang FPV yg aman dan nyaman utk semua fihak
Setuju banget sama saran dari suhu iwan21.... demi keselamatan & keamanan bersama.....
Sekedar selayang pandang saja. Tahun lalu pak Feri Iriandi (maap kalo salah tulis nama) pernah mengutarakan kepada sy, kalo beliau sangat concern dengan perkembangan aeromodelling saat itu khususnya aerialphotografi dan sejenisnya yg terbang menggunakan gps dan kelengkapannya yg memungkinkan kendaraan model dpt terbang jauh. Beliau sangat khawatir kalau2 terjadi sesuatu yg tdk diharapkan dikemudian hari yg akhirnya membawa dampak yg sangat buruk pd dunia peraeromodellingan. Kalo tdk salah sih beliau mau menjadikan ini sebagai bahan diskusi di FASI. Cuma kelanjutannya bagaimana sy sendiri tdk tau krn sdh jarang ke lapangan.
Tp kalo secara pribadi sih mungkin menurut sy baiknya terbang dlm batas jarak normal sj atau kalo memang mau melakukan penerbangan jarak jauh hendaknya dikoordinasikan dgn instansi legal yg terkait spt yg dikatakan pak Wind Raider.
Untuk bahasan teknologinya sendiri yg ditakutkan hanya salah penerapan sj sih oleh pihak yg tdk bertanggung jwb(idem juga).
FPV sebenarnya sdh ada sejak puluhan tahun lalu. Saat ini bisa dibilang "future model aviation" krn "pengikutnya" sudah ribuan dari seluruh dunia, bahkan ada event tahunan khusus untuk FPV. Di Amerika tidak dilarang ber-FPV selama mengikuti regulasi umum http://amablog.modelaircraft.org/blog/2 ... pv-flight/. Yang terpenting safety concern, kemudian jika dikhawatirkan untuk tujuan2 kriminal, ya semua kembali kepada manusianya. Pisau bermanfaat jika digunakan oleh orang yang tepat, sama halnya untuk FPV. FPV bisa menuju ke arah, pemantauan bencanca, pemetaan, riset, penelitian, pendidikan, dll. Jika kriminal kita serahkan ke yang berwajib.