Kalo biplane, CG selalu di sayap yang atas om Jerry hehehe. Sebenernya sudut motor ga perlu di cari2 lagi, udah jelas harus menunduk bawah seperti aslinya, jadi tinggal ngikuti aja aslinya kalo neko2 malah ribet nanti hehehe. Saya hanya penasaran bagaimana menjelaskannya, mengapa ke bawah, itu aja sih. Jadi seperti re-engineering, pengen tau kenapa buat pembelajaran. Soal sudut2 motor dan sayap sudah diketahui dari gambar aslinya om Jerry.
Kalo soal pesawat sekaligus boat, saya pikir ini pesawat dan boatnya bonus, ga mungkin CG bisa berubah saat di udara dan air hehehe. Pasti ngejarnya CG di udara, yang di air mengikuti. Sebenernya nanti bisa kita lihat saat maiden di darat pake roda, apakah dia cenderung menukik atau menukik sedikit lalu lepas landas kita liat nanti hehehe. Karena kalo liat aslinya dia butuh mengangkat ekornya dulu sebelum lepas dari air.
progress terakhir udah dipasangi float
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 23 Apr 2015, 23:50
by jerrysim
Siiip deh... lanjutkannn...
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 24 Apr 2015, 02:12
by julescrafter
udah jadi tinggal maiden flight
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 24 Apr 2015, 10:32
by julescrafter
foto siang hari yang lebih jelas ga tau nih maiden kapan, anginnya kok jadi gede lagi beberapa hari ini
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 24 Apr 2015, 13:32
by nubitol
Imho
jika cg diatas sayap mugkin cara lihatnya adalah seperti bandul, tarik garis lurus virtual dari cg ke bawah. jika daya dorong/tarik mesin di depan garis lurus maka arah angin yg di hembuskan ke bawah, kalau di belakang garis maka angin yg dihembus mesin arahnya ke atas, biar "bandul" mudah berayun
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 24 Apr 2015, 13:44
by iwan21
Penjelasan om Nubitol diatas, implementasinya kayak gambar dibawah dan selama ini saya udah pake
keterangan : 1. no 1,2,3,4 bisa dipake utk posisi motor deket sayap (sekitar leading edge atau trailing edge) 2. no 3,4 bisa juga berlaku utk motor di ekor 3. no 2 berlaku juga utk motor dihidung, baik low wing, midwing maupun high wing
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 24 Apr 2015, 20:38
by julescrafter
iwan21 wrote:Penjelasan om Nubitol diatas, implementasinya kayak gambar dibawah dan selama ini saya udah pake
keterangan : 1. no 1,2,3,4 bisa dipake utk posisi motor deket sayap (sekitar leading edge atau trailing edge) 2. no 3,4 bisa juga berlaku utk motor di ekor 3. no 2 berlaku juga utk motor dihidung, baik low wing, midwing maupun high wing
thanks om Roji ilmunya, brarti bener ya logikanya si Walrus. Tadi sore nunggu angin reda, brangkat ke lapangan jam setengah enam Pas cek ricek, aileron ga bergerak, taunya ada kabel putus di servo kiri terpaksa pulang, coba lagi besok pagi.
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 25 Apr 2015, 10:14
by julescrafter
Akhirnya terbang juga. Pas maiden langsung nyusruk ke jurang karena tail heavy parah. Untungnya cuma sedikit rusaknya masih bisa di lem lagi. Float patah satu tiangnya. Sambungan sayap ke fuselage kebuka (mangap) setengah. Stabiliser agak goyang, mangap juga sambungan ke fuselage.
Setelah di lem di penerbangan kedua sampe butuh 2 batere 3S 2200 agar balance di CG Ternyata itung2an CGnya meleset jauh 2-3 cm.
Ke depan nanti ga perlu 2 batere tapi dikasih pemberat diujung hidung agar bobot ga terlalu bertambah banyak.
Penerbangan ke-3 dan ke-4 baru bisa enjoy, ternyata ga perlu banyak2 gas, terlalu banyak gas malah kaya maksa dan pesawat ga bertambah cepat, ternyata cukup 60% throttle udah bisa low slow flying tanpa stall.
Take off tidak sependek yang dikira masih butuh sekitar 5-6 meter untuk take off, itu pun perlu elevator up agar idung tidak nyium tanah. Baru setelah mulai naik elevator di level pelan2 agar bisa scale take offnya
Video menyusul
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 26 Apr 2015, 00:18
by jerrysim
Wiw... mantap!
julescrafter wrote:Akhirnya terbang juga. Setelah di lem di penerbangan kedua sampe butuh 2 batere 3S 2200 agar balance di CG Ternyata itung2an CGnya meleset jauh 2-3 cm.
Ke depan nanti ga perlu 2 batere tapi dikasih pemberat diujung hidung agar bobot ga terlalu bertambah banyak.
Penerbangan ke-3 dan ke-4 baru bisa enjoy, ternyata ga perlu banyak2 gas, terlalu banyak gas malah kaya maksa dan pesawat ga bertambah cepat, ternyata cukup 60% throttle udah bisa low slow flying tanpa stall.
Take off tidak sependek yang dikira masih butuh sekitar 5-6 meter untuk take off, itu pun perlu elevator up agar idung tidak nyium tanah. Baru setelah mulai naik elevator di level pelan2 agar bisa scale take offnya
Video menyusul
Wuih... perlu 2 batere 2200, jadi All Up Weight nya berapa om?
Re: Supermarine Walrus 1200 mm
Posted: 26 Apr 2015, 03:31
by julescrafter
jerrysim wrote:Wiw... mantap! Wuih... perlu 2 batere 2200, jadi All Up Weight nya berapa om?
Pake 2 batere itu improvisasi di lapangan om Jerry. Jadi batere awal mentok ke depan, lalu karena masih ada tempat di belakang batere pertama, diselipin lagi batere kedua. Tapi sekarang udah ngga gitu lagi karena pemberat udah ditaroh makin ke depan di samping kiri kanan tempat batere dan mentok ke depan, jadinya beratnya ga seberat kalo pake 2 batere. Setelah di warnain sekarang AUWnya 1280 gram.