Page 5 of 7

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 25 Jan 2011, 11:19
by toto
om Pamuncak, prinsip wing loading sama aja kok mau power nya electric, glow maupun gasoline sedangkan untuk bentuk chordnya ya tergantung sama jenis pesawatnya begitu juga bentuk airfoilnya, intinya antara bentuk dan luas penampang sayap serta berat pesawat mempunyai korelasi yang pada akhirnya menentukan performance sipesawat tersebut

halo suhu2 olong dong saya nyerah nih jelasin detail teorinya ............................ tulong tulong tulong ........................... :whoaa

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 25 Jan 2011, 12:58
by iwan21
Saya tidur2an dulu ahhhhh..sambil liatin wak Toto guling2 di library Gaero cari2 referensi......

:ha3 :ha3 :ha3

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 25 Jan 2011, 13:16
by toto
iwan21 wrote:Saya tidur2an dulu ahhhhh..sambil liatin wak Toto guling2 di library Gaero cari2 referensi......

:ha3 :ha3 :ha3


nah ini dia suhu nongol ................... kok seneng banget sih ngeliat muridnya ngadepin soal ujian ampe keringetan gini ..... ayo dong suhu ..... :whoaa

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 27 Jan 2011, 11:12
by pamuncak
menunggu dengan sabar

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 27 Jan 2011, 14:36
by toto
mana nih suhu iwan21 ................. tega amat ya ngeliat muridnya di udak2 kaya gini ............................. suhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu ....... :whoaa

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 27 Jan 2011, 14:56
by iwan21
hik..yg lagi tiduran sambil ngantuk2 coba bantu2 angkat tangga buat nyari buku

dapetnya gini ( gak tau liat dibuku mana ..)
- Elektrik,
1.slow flyer atau trainer , patokan wing loading dibawah 30 gr/dm2
2. intermediate, dg power yg lebih besar dari trainer, wing loading antara 30 sampe 40 gr/dm2
3. diatas 40 gr/dm2 udah dipake dipesawat engine, bukan elektrik lagi ( warbird series make wingloading ini, makanya terbangnya kagak ade yg pelan, masuk kelompok racing team semua...kekekekekekekkkkk)

buat nomer 1 sendiri juga dibagi2 lagi, sesuai kelas slow dan trainernya, misal :
1. indoor/mikro , dibawah 10 gr/dm2
2. trainer slow, dibawah 20 gr/dm2
3. sport, dibawah 30 gr/dm2

nah kalu EDF mapun pusher, antara 30 sampe 40 gr/dm2, masuk kategori 2, intermediate.

n/b : ini kalo dicari referensinya saya juga bingung darimana , lah ini cuman dari praktek langsung doang kok ( sekolahnya keburu rubuh sebelom muridnya tamat belajar, jadi keburu dibubarin ama gurunya.. :D )

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 27 Jan 2011, 14:59
by toto
Nah ini dia namanya baru guru teladan ............... biar kate sekolahnya ambruk tetep aja pembelajaran jalan terus dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan anak bangsa .............. ma kasih ya suhu ................... :deal

salam

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 27 Jan 2011, 15:47
by pamuncak
iwan21 wrote:hik..yg lagi tiduran sambil ngantuk2 coba bantu2 angkat tangga buat nyari buku

dapetnya gini ( gak tau liat dibuku mana ..)
- Elektrik,
1.slow flyer atau trainer , patokan wing loading dibawah 30 gr/dm2
2. intermediate, dg power yg lebih besar dari trainer, wing loading antara 30 sampe 40 gr/dm2
3. diatas 40 gr/dm2 udah dipake dipesawat engine, bukan elektrik lagi ( warbird series make wingloading ini, makanya terbangnya kagak ade yg pelan, masuk kelompok racing team semua...kekekekekekekkkkk)

buat nomer 1 sendiri juga dibagi2 lagi, sesuai kelas slow dan trainernya, misal :
1. indoor/mikro , dibawah 10 gr/dm2
2. trainer slow, dibawah 20 gr/dm2
3. sport, dibawah 30 gr/dm2

nah kalu EDF mapun pusher, antara 30 sampe 40 gr/dm2, masuk kategori 2, intermediate.

n/b : ini kalo dicari referensinya saya juga bingung darimana , lah ini cuman dari praktek langsung doang kok ( sekolahnya keburu rubuh sebelom muridnya tamat belajar, jadi keburu dibubarin ama gurunya.. :D )


terima kasih atas perinciannya jadi agak ndak bingung lagi.sebab sy baca di buku "basic of R/C model aircraft design tulisan Randy Lennon" ( donlod gratis ) menampilkan nomogram korelasi wing loading,speed dan kurva koefisien liftwing dan disitu ditulis wing load sampe lebih dari yg 30gr itu.gpp referensinya sulit dicari yg penting msh ada yg tahu atau inget sdh cukup tapi tanya lagi boleh ya.seandainya ada batasan pada ukuran semisal bentang sayap berapa minimalnya.setelah saya lihat bendanya mesti besar dan bentang sayap jg diatas atau minimal 1-1,5 meter atau seandainya batasan tersebut merupakan skala ukuran dari aslinya pakai skala berapa.mohon maaf kepada yang punya kamar sdh diubek2 sama saya.sepurane/maaf.kepada mbah e toto tiada maksud mengudak-udak dimaafkan yahh

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 27 Jan 2011, 16:03
by redsky767
toto wrote:Nah ini dia namanya baru guru teladan ............... biar kate sekolahnya ambruk tetep aja pembelajaran jalan terus dalam rangka turut serta mencerdaskan kehidupan anak bangsa .............. ma kasih ya suhu ................... :deal

salam


suhu toto.. :hl sudah sy bilang kan, kalo seandainya dulu pas jaman sekolahan sy nemu guru ilmu pasti kayak suhu iwan sy, pasti deh sy gak akan bolos2 lagi :smt024 :smt024 ... dan pasti deh sy bakal jadi juara disekolahan................ :^o :^o :^o

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 28 Jan 2011, 12:59
by pamuncak
menunggu dgn sabar..lagi