Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
redsky767
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 15 May 2009, 11:01
Location: Banda Aceh
Contact:

Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by redsky767 »

Gragerian dan para Suhu tercinta.

mohon maaf mau nanya lagi... :thx

setelah ngubek2 is forum ini, sy mulai agak sedikit mengerti :^o bahwa untuk menjaga efisiensi dan efektifitas pemakaian batere lipo kita harus mengetahui Run time dari si Lipo. ini menjadi penting agar si lipo awet dan kita bisa memprediksikan waktu terbang yg sesuai dengan kemampuan batre.

yg saya tau bahwa rumus untuk menghitung Run Time dari Lipo adalah :

kapasitas batre (mAh) x arus yg ditarik motor (Amp) x 60 menit x 80%

jadi kalo punya batre 2250 mAh dengan arus yg ditarik motor 24 Amp maka waktu terbang yg aman adalah :

2250 mAh x 24 Amp x 60 menit X (80%) = 4.5 menit.

(ini sudah sy uji pada pesawat electric sy dengan AUW 1200 gram)

nah sy sering membaca anjuran suhu iwan21 agar membuat pesawat seringan mungkin, karena kalo semakin ringan, maka akan semakin efisien power yg disuplai oleh batre. dengan kata lain (pemahaman sy) bahwa masa terbang jadi lebih lama.

yang ingin sy tanyakan :
1. apakah temans dan para suhu bisa memjelaskan hubungan atau bahkan ada formula untuk menghitung efisiensi waktu terbang dengan mengetahui kemampuan run time batre dan berat total pesawat ? Jadi misalnya sy pake batre 2250 mAh dgn arus untuk motor 24 A dan berat total pesawat adalah 1200 gram = maka lama terbangnya adalah 4.5 menit.

2. seandainya dengan spec yg sama namun AUW pesawat adalah 600 gram apakah berarti sy bisa bisa terbang dua kali lebih lama (9 menit) ?

mohon bimbingan dari temans dan para suhu semua. :thx :thx :thx

salam hangat.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by iwan21 »

koreksi dikit itungannya om, yg betul :
kapasitas batere (dlm mAH)/arus mtr (dlm A) x 60 menit x 0,8

utk motor dg tarikan arus seperti contoh diatas, 24 Amp, dan kapasitas batere yg 2250 mAh, mau berat pesawat berapapun, kalo pakenya 24 amp, waktu pakainya ya tetep 4,5 menit, gak bisa jadi bertambah.
karena ya itu tadi, itungannya kan sama , 2,250/24x60x0.8.

nah keuntungan pesawat yg lebih ringan adalah, power motor yg kita kasih gak perlu segede yg berat.
Utk hal diatas kita inget aturan jempol dari suhu Budi P-1, 0,22 Watt per gram utk sport/jet, atau patokan saya yg 0,17 watt per gram utk slow flyer.

coba kita itung2an
motor kelas 24 ampere, kalo pake lipo 3 sel, kurang lebih powernya 250 watt
bobot maksimal yg bisa dibawa :
1. dg 0,22 watt/gr => 1136 gr
2. dg 0,17 watt/gr => 1470 gr.

pake asumsi pertama, 0,22 watt/gr dan bobot 1136 (mendekati contoh om redsky yg 1200 gr)
kalo kemudian itu pesawat diperingan jadi 600 gr, maka untuk menggerakkan pesawat cuman perlu power motor 600x0.22 = 132 watt alias 53% nya.
nah karena kita punya motor 250 watt alias 24 amp, maka dg power setengahnya aja, yaitu 24x0.53 = 11.89 amp si pesawat udah bisa terbang.
karena konsumsi nya jadi sekitar setengahnya, maka waktu terbang secara gak langsung akan kira2 lipat duanya ( 2250/11.89/60x0,8 = 9 menit)
Jadi ada faktor lain, yaitu power loading yg kita jadiin acuan selain kapasitas batere

begitu kira, mohon dikoreksi kalo salah
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by NF »

semakin ringan = beban mesin makin ringan = arus yang dipakai makin sedikit = awet / terbang lebih lama ......
bisa lebih lama 45 % lagi...........itu nurut saya :ide
User avatar
redsky767
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 15 May 2009, 11:01
Location: Banda Aceh
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by redsky767 »

iwan21 wrote:koreksi dikit itungannya om, yg betul :
kapasitas batere (dlm mAH)/arus mtr (dlm A) x 60 menit x 0,8

NF wrote:semakin ringan = beban mesin makin ringan = arus yang dipakai makin sedikit = awet / terbang lebih lama ......
bisa lebih lama 45 % lagi...........itu nurut saya :ide

makasih suhu iwan dan suhu NF :thx :thx :thx

nah ini yg sy agak bingung suhu .>>>
iwan21 wrote:utk motor dg tarikan arus seperti contoh diatas, 24 Amp, dan kapasitas batere yg 2250 mAh, mau berat pesawat berapapun, kalo pakenya 24 amp, waktu pakainya ya tetep 4,5 menit, gak bisa jadi bertambah.
karena ya itu tadi, itungannya kan sama , 2,250/24x60x0.8.


dengan pernyataan ini

iwan21 wrote:pake asumsi pertama, 0,22 watt/gr dan bobot 1136 (mendekati contoh om redsky yg 1200 gr)
kalo kemudian itu pesawat diperingan jadi 600 gr, maka untuk menggerakkan pesawat cuman perlu power motor 600x0.22 = 132 watt alias 53% nya.
nah karena kita punya motor 250 watt alias 24 amp, maka dg power setengahnya aja, yaitu 24x0.53 = 11.89 amp si pesawat udah bisa terbang.
karena konsumsi nya jadi sekitar setengahnya, maka waktu terbang secara gak langsung akan kira2 lipat duanya ( 2250/11.89/60x0,8 = 9 menit)


sekali lagi makasih banyak suhu :thx
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by NF »

kalo ga salah , pernyataan suhu iwan yg pertama intinya , kalo di "gas" puol alias full throttle .....dan respon pesawat seperti apa saya ga tahu :hah ....................
mangaf kalauw syalah......
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by NF »

:tlt ..............kalo buat saya dan suhu iwan " LIGHTER IS BETTER..........." but , UAV atau apalah yg di pake buat photo udara jangan ringan karena " LIGHTER IS MUNTING " alias ga stabil buat aerial platform..... #-o
:pis
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by iwan21 »

Om Redsky, yg saya tulis bukan kontradiksi kok, prinsipnya sama dg yg dijelaskan opleh pakde NF.
Kalo kita pake patokan arus 24 amper, alias itu pesawat di gas poll, gak ada penambahan waktu yg kita dapet walaupun pesawatnya lebih ringan 50%
penambahan waktu akan kita peroleh kalo kita menggunakan managemen power dan throttle, dimana kalo dg setengah power udah cukup ,karena pesawatnya lebih ringan, kenapa enggak?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by iwan21 »

NF wrote::tlt ..............kalo buat saya dan suhu iwan " LIGHTER IS BETTER..........." but , UAV atau apalah yg di pake buat photo udara jangan ringan karena " LIGHTER IS MUNTING " alias ga stabil buat aerial platform..... #-o
:pis



buat ssaiyyaaaa..kalo bikin pesawat single engine/motor, terus beratnya sampe 500 gr..udah overweight sanget......hihihihihihihiiiiiiiiii
maka itu selalu buat patokan wingloading diusahakan gak boleh lebih dari 25gr/dm2 (kecuali pake EDF berani sampe 40 gr/dm2 karena pasti gak terbang pelan), dg demikian saya bisa pake power loading yg 0,17 watt/gr
User avatar
redsky767
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 15 May 2009, 11:01
Location: Banda Aceh
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by redsky767 »

NF wrote:kalo ga salah , pernyataan suhu iwan yg pertama intinya , kalo di "gas" puol alias full throttle .....dan respon pesawat seperti apa saya ga tahu :hah ....................
mangaf kalauw syalah......


iwan21 wrote:Om Redsky, yg saya tulis bukan kontradiksi kok, prinsipnya sama dg yg dijelaskan opleh pakde NF.
Kalo kita pake patokan arus 24 amper, alias itu pesawat di gas poll, gak ada penambahan waktu yg kita dapet walaupun pesawatnya lebih ringan 50%
penambahan waktu akan kita peroleh kalo kita menggunakan managemen power dan throttle, dimana kalo dg setengah power udah cukup ,karena pesawatnya lebih ringan, kenapa enggak?


:suns: :suns: :suns: ....setelah baca berkali- kali baru murid ngerti suhu :thx

1. berarti kalo penjelasan suhu iwan yg pertama patokannya adalah pada arus yg ditarik motor kan ? jadi berapapun berat pesawatnya kalo motornya di geber pul trotel (dgn arus 24) run timenya tetap 4.5 menit.

2. berat pesawat yg lebih ringan setengahnya (600 gram) akan semakin memperkecil power loading yg itu berarti bahwa suplai arus ke motor gak perlu terlalu besar buat ngangkat pesawat nya.

bener gitu kan suhu kesimpulannya ?

duh... kalo seandainya dulu waktu jaman sekolahan ketemu guru matematika dan fisika kayak suhu iwan dan suhu NF. sumpah deh... :^o :^o gak bakalan bolos lagi saiyah.... sekolah pasti jadi tempat yg menyenangkan. :pis

trus nanya satu lagi ya suhu.

sebenarnya patokan ringan untuk pesawat itu apa ya ?

A. Wing Loading
B. Thrust to Weight Ratio
C. Power Loading
D. Semuanya benar (loh koq kayak multiple choice????) :compuf: [kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.]
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Post by NF »

ringan....... #-o .........duh.........buat saya....patokan standartnya : bawa gampang , buat cepet (kalo ga males dan sibuk ) , flying area bisa terbatas / kecil (ada ruang / tempat "terbuka" sedikit bisa terbang) ' cause small is smart and sexy...... :hah
ringan = wing loading rendah / ringan................... :htg ngetestnya (kalo extreem)...dilempar !!! kalo meluncur bagus = ringan , go to zero alias langsung jatuh = jelek / berat :ha3 :ha3 :ha3




:pis ................................it's only by me lho........
Post Reply