Page 5 of 7
Re: Wingloading
Posted: 04 Aug 2011, 15:14
by iwan21
bayupbm wrote:nanya lagi om.. untuk solusi masalah seperti peswat saya yg terlalu berat wing loadingnya, biasanya bagamana solusi yg tepat?
lebarin sayap..,?
ganti batre yg lebih kecil biar ringan(skarang saya pakai 2cell 1600mah)...? atau
cari motor lagi yang pas tenaga dan efisiensinya....?
utk ukuran sayap yg ada usahain wingloadingnya dibawah 30 gr/dm2, terserah gimana caranya (kalo bisa tanpa merubah ukuran pesawatnya supaya tetep bisa pake motor kelas 100 watt dab batere 1000 mAh)
Re: Wingloading
Posted: 04 Aug 2011, 18:47
by toto
berarti pesawatnya musti diet nih ... kalau enggak ada yg bisa dipretelin lagi untuk bisa ngurangi berat berarti apa boleh baud harus memperluas sayap atau melangsingkan fuselage ...
tapi coba deh sekarang itu pesawat enggak usah pakai landing gear dijamin lumayan mengurangi bobot, takeoff dilempar landing ditangkap atau cari rerumputan untuk ngegelosor jangan lupa throttle off supaya nanti tangan atau propeller tidak menjadi korban .....
kemungkinan tempat yg perlu di tinjau lagi ada batang spar sayap, yang udah2 tuh saking takut sayap tepuk tangan diudara batang spar nya dibikin gede jadi aja berat begitu juga spar yg di horizontal stab
semoga bisa berhasil dan tetap semangat langsung kerjakan ......
salam
Re: Wingloading
Posted: 16 Aug 2011, 15:47
by bayupbm

om iwan & pakde Toto yang sy hormati...
saya kok jadi bingung nih... trakir bikin peswt wing loading 25an gr/dm, saya bandingkan dengan cessna art-tec yg wing loadingnya skitaran 50an gr/dm, kok untuk takeof dan landingnya enakan cessna, motor yg semula saya pasang di PD-51 dngn trust 400gr enak banget buat ngangkat cessna 650gram, dengan landing gearnya saya tambah servo, jadi kemungkinan cesna-nya lebih dari 650gr, iseng lagi, saya tambahin satu servo buat flap, masih juga enak, memang sih takeoffnya skitaran 15 meter, tp kerasa kalemnya, enak di ajak nunggu buka.. yg menjadi pertanyaan, sebenernya peswt yg pling enak tu WLnya gede atau kecil (terlepas dari model peswat).., mohon pencerahan om dan pakde biar tidak terjadi kesalahan belajar kedepanya, klo menurut saya enak tapi enak belum tentu bener kan....
Re: Wingloading
Posted: 20 Sep 2011, 21:10
by Rojotibo
Klo saya perhatiin di youtube, di tread2 bule...orang2 terkesan cuma bikin pesawat se-enak2nya aja n bentuknya juga aneh2 ngga karuan malah ada yang dari kardus bekas...tapi lho kok ya terbang2 juga yah?
Wingloading...apa lagi yah, blum selesai tau soal CG ada ini lagi..tambah mumet

tapi enak
Maaf klo OOT pak
Re: Wingloading
Posted: 21 Sep 2011, 09:40
by iwan21
bayupbm wrote::thx

om iwan & pakde Toto yang sy hormati...
saya kok jadi bingung nih... trakir bikin peswt wing loading 25an gr/dm, saya bandingkan dengan cessna art-tec yg wing loadingnya skitaran 50an gr/dm, kok untuk takeof dan landingnya enakan cessna, motor yg semula saya pasang di PD-51 dngn trust 400gr enak banget buat ngangkat cessna 650gram, dengan landing gearnya saya tambah servo, jadi kemungkinan cesna-nya lebih dari 650gr, iseng lagi, saya tambahin satu servo buat flap, masih juga enak, memang sih takeoffnya skitaran 15 meter, tp kerasa kalemnya, enak di ajak nunggu buka.. yg menjadi pertanyaan, sebenernya peswt yg pling enak tu WLnya gede atau kecil (terlepas dari model peswat).., mohon pencerahan om dan pakde biar tidak terjadi kesalahan belajar kedepanya, klo menurut saya enak tapi enak belum tentu bener kan....
Haha,
kalo kasus kayak gini tentu gak bisa komparasi langsung om
1. apakah pesawat yg om buat airfoilnya sama dg si Cessna artech? karena beda bentuk airfoil tentu akan beda juga lift yg dihasilkan ( walau ada juga pendapat, flat plate airfoil juga gak masalah utk pesawat model). Nah si Cessna artech, dg airfoilnya, pada kecepatan rendah sudah menghasilkan lift walau dg wingloading yg om tulis 50 gr/dm2 ( bener nih ngitungnya?, karena ini sekelas wingloading pesawat engine kelas .40 ci tuh om, sementaar pesawat engine kelas 25 aja rata2 40 gr/dm2 seinget saya )
2. intinya dg wingloading rendah stall speed akan rendah juga, otomatis gak perlu power motor gede, jadi hemat di batere
3. maka itu, patokan umumnya kan utk slow flyer/trainer elektrik wingloading antara 20 sampe 30 gr/dm2 dan 30 sampe 40 gr/dm2 utk kelas sport
4. selian faktor wingloading, juga power loadingnya diperhatikan, 0,2 wtt/gr utk trainer/slow flyer udah lebih dari cukup, sedang utk sport/edf biasa dipake minimal 0,3 watt/gr
begitu om patokan saya selama ini, dan Alhamdulillah semua pesawat saya bisa terbang dg baik dg patokan ini ( gak pernah keberatan body, gak pernah pake motor dan batere yg oversize)
Re: Wingloading
Posted: 21 Sep 2011, 09:41
by iwan21
Rojotibo wrote:Klo saya perhatiin di youtube, di tread2 bule...orang2 terkesan cuma bikin pesawat se-enak2nya aja n bentuknya juga aneh2 ngga karuan malah ada yang dari kardus bekas...tapi lho kok ya terbang2 juga yah?
Wingloading...apa lagi yah, blum selesai tau soal CG ada ini lagi..tambah mumet

tapi enak
Maaf klo OOT pak
berarti yg buat elmunya udah tinggi tuh om, kalo saya sih gak sanggup

Re: Wingloading
Posted: 21 Sep 2011, 10:03
by deninabil
iwan21 wrote:bayupbm wrote::thx

om iwan & pakde Toto yang sy hormati...
saya kok jadi bingung nih... trakir bikin peswt wing loading 25an gr/dm, saya bandingkan dengan cessna art-tec yg wing loadingnya skitaran 50an gr/dm, kok untuk takeof dan landingnya enakan cessna, motor yg semula saya pasang di PD-51 dngn trust 400gr enak banget buat ngangkat cessna 650gram, dengan landing gearnya saya tambah servo, jadi kemungkinan cesna-nya lebih dari 650gr, iseng lagi, saya tambahin satu servo buat flap, masih juga enak, memang sih takeoffnya skitaran 15 meter, tp kerasa kalemnya, enak di ajak nunggu buka.. yg menjadi pertanyaan, sebenernya peswt yg pling enak tu WLnya gede atau kecil (terlepas dari model peswat).., mohon pencerahan om dan pakde biar tidak terjadi kesalahan belajar kedepanya, klo menurut saya enak tapi enak belum tentu bener kan....
Haha,
kalo kasus kayak gini tentu gak bisa komparasi langsung om
1. apakah pesawat yg om buat airfoilnya sama dg si Cessna artech? karena beda bentuk airfoil tentu akan beda juga lift yg dihasilkan ( walau ada juga pendapat, flat plate airfoil juga gak masalah utk pesawat model). Nah si Cessna artech, dg airfoilnya, pada kecepatan rendah sudah menghasilkan lift walau dg wingloading yg om tulis 50 gr/dm2 ( bener nih ngitungnya?, karena ini sekelas wingloading pesawat engine kelas .40 ci tuh om, sementaar pesawat engine kelas 25 aja rata2 40 gr/dm2 seinget saya )
2. intinya dg wingloading rendah stall speed akan rendah juga, otomatis gak perlu power motor gede, jadi hemat di batere
3. maka itu, patokan umumnya kan utk slow flyer/trainer elektrik wingloading antara 20 sampe 30 gr/dm2 dan 30 sampe 40 gr/dm2 utk kelas sport
4. selian faktor wingloading, juga power loadingnya diperhatikan, 0,2 wtt/gr utk trainer/slow flyer udah lebih dari cukup, sedang utk sport/edf biasa dipake minimal 0,3 watt/gr
begitu om patokan saya selama ini, dan Alhamdulillah semua pesawat saya bisa terbang dg baik dg patokan ini ( gak pernah keberatan body, gak pernah pake motor dan batere yg oversize)
pak iwan, maaf kalo udah pernah di bahas n OOT. untuk menghitung power loading bagaimana caranya?
terimaksih
Re: Wingloading
Posted: 21 Sep 2011, 10:06
by iwan21
deninabil wrote:pak iwan, maaf kalo udah pernah di bahas n OOT. untuk menghitung power loading bagaimana caranya?
terimaksih
power loading = power motor, dalam Watt, dibagi berat total pesawat, dalam gram, dapet watt/gram
atau bis ajuga yg kita punya cuman power motor, nah kita pengan tau bisa bawa berat sampe berapa si pesawat.
katakan power motornya 100 Watt
kemudian power loading yg kita pake adalah 0,1 Watt/gr ( utk slow flyer/trainer)
maka bobot pesawatnya maksimal adalah = 100/0,2 = 500 gr
nah kaitannya dg wingloading, karena ini 0,2 watt/gr utk pesawat trainer, maka wingloading si pesawat juga mesti kisaran 20 sampe 30 gr/dm2.
Jadi antara power loading dan wing loadig itu saling berkaitan ( minjem istilah suhu Budi, kayak 2 sisi mata uang, ilang satu kan gak laku uangnya)
Re: Wingloading
Posted: 21 Sep 2011, 10:16
by deninabil
iwan21 wrote:deninabil wrote:pak iwan, maaf kalo udah pernah di bahas n OOT. untuk menghitung power loading bagaimana caranya?
terimaksih
power loading = power motor, dalam Watt, dibagi berat total pesawat, dalam gram, dapet watt/gram
atau bis ajuga yg kita punya cuman power motor, nah kita pengan tau bisa bawa berat sampe berapa si pesawat.
katakan power motornya 100 Watt
kemudian power loading yg kita pake adalah
0,1 Watt/gr ( utk slow flyer/trainer)
maka bobot pesawatnya maksimal adalah = 100/0,2 = 500 gr
nah kaitannya dg wingloading, karena ini 0,2 watt/gr utk pesawat trainer, maka wingloading si pesawat juga mesti kisaran 20 sampe 30 gr/dm2.
Jadi antara power loading dan wing loadig itu saling berkaitan ( minjem istilah suhu Budi, kayak 2 sisi mata uang, ilang satu kan gak laku uangnya)
maksud pak iwan 0,2watt/gr ya? (yg di bold)
Re: Wingloading
Posted: 21 Sep 2011, 10:24
by iwan21
iya, maksudnya 0,2 Watt/gr, keburu2 ngetik jadi salah..maap yaa
