ini semua ber-awal dari kalimat om topan yg mengatakan "9 servo high current"
jadinya pada heboh ...
begini om topan, kalau melihat spec servo yg sekarang ini mau dipakai, itu sih bukan servo high current, jadi pake nya biasa aja, nggak perlu yg heboh2 ...
RX normal masih sanggup lah, cuman kalau mau pake kabel connector sendiri ya memang lebih baik.
yg jadi botle-neck arus nya itu di connector dari BEC ke RX, karena ke sembilan servo ngambil arus nya dari sini semua. jalur PCB nya masih mampu cuman konektor nya ini yg bakal kerja keras.
1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
Moderator: topankaltim
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
- topankaltim
- Senior Master Sergeant
- Posts: 672
- Joined: 20 Mar 2011, 18:47
- Location: Yogyakarta, Jakarta
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
christoffel wrote:ini semua ber-awal dari kalimat om topan yg mengatakan "9 servo high current"
jadinya pada heboh ...
begini om topan, kalau melihat spec servo yg sekarang ini mau dipakai, itu sih bukan servo high current, jadi pake nya biasa aja, nggak perlu yg heboh2 ...
RX normal masih sanggup lah, cuman kalau mau pake kabel connector sendiri ya memang lebih baik.
yg jadi botle-neck arus nya itu di connector dari BEC ke RX, karena ke sembilan servo ngambil arus nya dari sini semua. jalur PCB nya masih mampu cuman konektor nya ini yg bakal kerja keras.

Berarti memang selayaknya memang konektor dari BEC ke RX diperhatikan lebih ya Om Chris...mengingat dari yang menyedot banyak servo (ada kemungkinan bekerja bareng, throtle, aileron, elevator, flap, rudder) saat take off maupun landing..
kesimpulan saya : selama konektor dari BEC ke RX masih cukup penampangnya (ukurannya) untuk dilewati arus yang dibutuhkan oleh servo servo, maka RX akan aman aman saja dilewati oleh masing masing arus ke servo..begitukah Om?

salam
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
betul om topan ....
sudah pernah coba kemampuan arus konektor ini ? yg paling gampang dan sering kita lakukan adalah waktu charge.
Kalau saya nge-charge batt RX di pesawat, kan harus colokin charger nya melewati konektor servo yg di power switch (memang untuk charge). Saya biasanya pake batt NiCd. kalau arus charge saya bikin 2A, konektornya mulai terasa hangat. Kalau diatas itu, terasa panas. Jadi akhirnya saya batasi arus charge 1 A saja.
sudah pernah coba kemampuan arus konektor ini ? yg paling gampang dan sering kita lakukan adalah waktu charge.
Kalau saya nge-charge batt RX di pesawat, kan harus colokin charger nya melewati konektor servo yg di power switch (memang untuk charge). Saya biasanya pake batt NiCd. kalau arus charge saya bikin 2A, konektornya mulai terasa hangat. Kalau diatas itu, terasa panas. Jadi akhirnya saya batasi arus charge 1 A saja.
- topankaltim
- Senior Master Sergeant
- Posts: 672
- Joined: 20 Mar 2011, 18:47
- Location: Yogyakarta, Jakarta
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM


Okelah....semua servo saya coba ground test dulu aja..mulai dari semua servo ambil arus langsung dari RX 6208 aja..begitu ada tanda tanda panas di RX...saya akan ambil catu daya semua servo langsung ke BEC (tapi kalo groudn test kan belum ada beban angin ya Om...jadinya gak representatif kondisi sebenernya saat terbang

salam
- topankaltim
- Senior Master Sergeant
- Posts: 672
- Joined: 20 Mar 2011, 18:47
- Location: Yogyakarta, Jakarta
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
kemarin hari jumat engine 111CC dah nyala 10 menit untuk pertama kali dengan suara yg kelihatan banget sangat rich...sangat bogging (bener gak yah istilahnya
) mesin serasa mau melompat lompat dari bench padnya gitu...
tadi pagi juga sudah dicoba lagi dan lumayan mudah distarter daripada kemarin...
sampai sekarang masih belum nemuin setting low nedle yang pas...setiap di geber full dan dilepas throtlenya...mesin langsung mati....belum tahu penyebabnya...entah BBM terlali lean atau justru terlalu rich..
mohon dibantu kenapa ya bisa begitu??



tadi pagi juga sudah dicoba lagi dan lumayan mudah distarter daripada kemarin...
sampai sekarang masih belum nemuin setting low nedle yang pas...setiap di geber full dan dilepas throtlenya...mesin langsung mati....belum tahu penyebabnya...entah BBM terlali lean atau justru terlalu rich..
mohon dibantu kenapa ya bisa begitu??


- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
topankaltim wrote:christoffel wrote:ini semua ber-awal dari kalimat om topan yg mengatakan "9 servo high current"
jadinya pada heboh ...
begini om topan, kalau melihat spec servo yg sekarang ini mau dipakai, itu sih bukan servo high current, jadi pake nya biasa aja, nggak perlu yg heboh2 ...
RX normal masih sanggup lah, cuman kalau mau pake kabel connector sendiri ya memang lebih baik.
yg jadi botle-neck arus nya itu di connector dari BEC ke RX, karena ke sembilan servo ngambil arus nya dari sini semua. jalur PCB nya masih mampu cuman konektor nya ini yg bakal kerja keras.
![]()
Berarti memang selayaknya memang konektor dari BEC ke RX diperhatikan lebih ya Om Chris...mengingat dari yang menyedot banyak servo (ada kemungkinan bekerja bareng, throtle, aileron, elevator, flap, rudder) saat take off maupun landing..
kesimpulan saya : selama konektor dari BEC ke RX masih cukup penampangnya (ukurannya) untuk dilewati arus yang dibutuhkan oleh servo servo, maka RX akan aman aman saja dilewati oleh masing masing arus ke servo..begitukah Om?
salam
berbagi pengalaman
sy pernah punya pesawat serupa, pake servo 5kg, rudder 12kg, jungkir balik hover2 gak pernah brown-out, pake BEC 8A linear burst 15A.
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
Karena saya orang konservatif sebagai jaga2 aja untuk baterai sebagai catu daya saya pasang 2 buah dengan power switch masing2 baru masuk ke powerbox dan untuk power switch saya gunakan yg heavy duty .... Mohon maaf kalau saran saya ini tidak sejalan dengan para suhu perakit pesawat kelas gajah ....
Salam
Salam
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
toto wrote:Karena saya orang konservatif sebagai jaga2 aja untuk baterai sebagai catu daya saya pasang 2 buah dengan power switch masing2 baru masuk ke powerbox dan untuk power switch saya gunakan yg heavy duty .... Mohon maaf kalau saran saya ini tidak sejalan dengan para suhu perakit pesawat kelas gajah ....
Salam
oom toto
pengalaman saya punya odong2 30cc seingat saya total ada 11 buah, 3 udah saya hibahkan sehabis crash, yg 1 crash hancur banget karena diojekin temen, sisanya masih padad nungging di man cave.
tidak satupun pake powerbox, krn sebelum pake saya udah test semua servo digandulin pemberat atau dipasangin tarik2an supaya stall.
6 servo maximum narik 7 amper.
kemudian juga receiver futaba saya mampu continuous 10amper.
sayangnya test ini saya lakukan udah lama tahun kemarin gak saya dokumentasikan.
mungkin lain kali kalo ada waktu saya lakukan lagi dengan dokumentasi sekalian.
selain itu rekan2 di milis tetangga jauh flying giant dan rc-universe jg rata2 sama.
mereka pake powerbox kalo udah 50cc keatas.
saya juga punya TL-2000 60cc gak pake powerbox karena paling banter manuvernya cuma inverted, gak bisa hover atau harrier.
intinya powerbox adalah menghindari brown-out di receiver,
dimana arus yg sangat besar ditarik sama servo mengakibatkan bus power di receiver turun tegangan dan receiver jadi out of bound alias loss karena kekurangan tegangan.
kemudian bisa dilihat di posting SRAC ada pilot-rc sbach 50cc itu jg gak pake powerbox, pake servo 12kg maximum nyedotnya juga segituan sekitar 7 amper lebih.
bisa dilihat di fotonya itu sbach jungkir balik dll dll.
saya sempet ragu sm sbach itu tapi ternyata sampe hari ini selamat aja terus,
malah sbach ini pake smoke system segala, tapi power supplynya terpisah.
begitu ceritanya pengalaman saya ini
kalo nggak percaya mungkin nanti minggu saya fotoin radio setupnya

- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
in case ada yg mau bikin power distributor untuk eliminate rx sama servo power,
ini saya bikin basic design, pcbnya pesen sama anak2 mahasiswa unsri,
etching dan sablon manual dimaklum aja kalo penampakannya kurang menggairahkan tapi fungsinya sesuai keinginan,
udah saya pake di 50cc pesawat 3D


2 BEC bisa dipisah masing2 sebelah rx sebelah servo
atau juga bisa spt ini misal BEC bus #1 rx + 2 servo, bus #2 4 servo.
powerbox harganya 3jt
pake ini plus 2 BEC gak sampe 400rb
minimalis realistis
ini saya bikin basic design, pcbnya pesen sama anak2 mahasiswa unsri,
etching dan sablon manual dimaklum aja kalo penampakannya kurang menggairahkan tapi fungsinya sesuai keinginan,
udah saya pake di 50cc pesawat 3D


2 BEC bisa dipisah masing2 sebelah rx sebelah servo
atau juga bisa spt ini misal BEC bus #1 rx + 2 servo, bus #2 4 servo.
powerbox harganya 3jt
pake ini plus 2 BEC gak sampe 400rb

minimalis realistis
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM
Saya percaya kok sama om suhu flylow bahwa bisa aja enggak pakai power box, hal ini cuman suatu pilihan saja makanya ditulisan awal kan saya udah nyatakan saya ambil jurusan konservatif dan hanya mengikuti saja mengapa kok di ciptakan powerbox lepas dari mau dipakai terbang gaya apa .... Jadi itu aja kok dan saya tidak mengatakan menjadi wajib adanya hanya sekedar saran saja ... Disinipun ada juga kok yg enggak pakai powerbox pada pesawat kelas gaban juga enggak apa2 ... Jadi soal pakai atau tidak powerbox hanya suatu pilihan masing2 tentunya ada yg pro's dan con's ... Jadi sekali lagi saya tidak menyatakan wajib hanya saran saja ... Jadi namanya saran mau di pakai boleh enggak di pakai juga enggak apa2 kembali kepada keyakinan masing2 ... Gituh loh om saja saya mohon maaf apabila saran saya ini salah
Salam
Salam