1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Moderator: topankaltim

Post Reply
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by christoffel »

ini semua ber-awal dari kalimat om topan yg mengatakan "9 servo high current"
jadinya pada heboh ...
begini om topan, kalau melihat spec servo yg sekarang ini mau dipakai, itu sih bukan servo high current, jadi pake nya biasa aja, nggak perlu yg heboh2 ...
RX normal masih sanggup lah, cuman kalau mau pake kabel connector sendiri ya memang lebih baik.
yg jadi botle-neck arus nya itu di connector dari BEC ke RX, karena ke sembilan servo ngambil arus nya dari sini semua. jalur PCB nya masih mampu cuman konektor nya ini yg bakal kerja keras.
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 672
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by topankaltim »

christoffel wrote:ini semua ber-awal dari kalimat om topan yg mengatakan "9 servo high current"
jadinya pada heboh ...
begini om topan, kalau melihat spec servo yg sekarang ini mau dipakai, itu sih bukan servo high current, jadi pake nya biasa aja, nggak perlu yg heboh2 ...
RX normal masih sanggup lah, cuman kalau mau pake kabel connector sendiri ya memang lebih baik.
yg jadi botle-neck arus nya itu di connector dari BEC ke RX, karena ke sembilan servo ngambil arus nya dari sini semua. jalur PCB nya masih mampu cuman konektor nya ini yg bakal kerja keras.


:thx
Berarti memang selayaknya memang konektor dari BEC ke RX diperhatikan lebih ya Om Chris...mengingat dari yang menyedot banyak servo (ada kemungkinan bekerja bareng, throtle, aileron, elevator, flap, rudder) saat take off maupun landing..

kesimpulan saya : selama konektor dari BEC ke RX masih cukup penampangnya (ukurannya) untuk dilewati arus yang dibutuhkan oleh servo servo, maka RX akan aman aman saja dilewati oleh masing masing arus ke servo..begitukah Om? :gg

salam
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by christoffel »

betul om topan ....

sudah pernah coba kemampuan arus konektor ini ? yg paling gampang dan sering kita lakukan adalah waktu charge.
Kalau saya nge-charge batt RX di pesawat, kan harus colokin charger nya melewati konektor servo yg di power switch (memang untuk charge). Saya biasanya pake batt NiCd. kalau arus charge saya bikin 2A, konektornya mulai terasa hangat. Kalau diatas itu, terasa panas. Jadi akhirnya saya batasi arus charge 1 A saja.
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 672
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by topankaltim »

:thx :thx
Okelah....semua servo saya coba ground test dulu aja..mulai dari semua servo ambil arus langsung dari RX 6208 aja..begitu ada tanda tanda panas di RX...saya akan ambil catu daya semua servo langsung ke BEC (tapi kalo groudn test kan belum ada beban angin ya Om...jadinya gak representatif kondisi sebenernya saat terbang :gg kecuali masing masing servo diberi beban tambahan selain beban control surface)

salam
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 672
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by topankaltim »

kemarin hari jumat engine 111CC dah nyala 10 menit untuk pertama kali dengan suara yg kelihatan banget sangat rich...sangat bogging (bener gak yah istilahnya :gg ) mesin serasa mau melompat lompat dari bench padnya gitu... :pyg

tadi pagi juga sudah dicoba lagi dan lumayan mudah distarter daripada kemarin...
sampai sekarang masih belum nemuin setting low nedle yang pas...setiap di geber full dan dilepas throtlenya...mesin langsung mati....belum tahu penyebabnya...entah BBM terlali lean atau justru terlalu rich..

mohon dibantu kenapa ya bisa begitu?? :thx :thx
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by flylow »

topankaltim wrote:
christoffel wrote:ini semua ber-awal dari kalimat om topan yg mengatakan "9 servo high current"
jadinya pada heboh ...
begini om topan, kalau melihat spec servo yg sekarang ini mau dipakai, itu sih bukan servo high current, jadi pake nya biasa aja, nggak perlu yg heboh2 ...
RX normal masih sanggup lah, cuman kalau mau pake kabel connector sendiri ya memang lebih baik.
yg jadi botle-neck arus nya itu di connector dari BEC ke RX, karena ke sembilan servo ngambil arus nya dari sini semua. jalur PCB nya masih mampu cuman konektor nya ini yg bakal kerja keras.


:thx
Berarti memang selayaknya memang konektor dari BEC ke RX diperhatikan lebih ya Om Chris...mengingat dari yang menyedot banyak servo (ada kemungkinan bekerja bareng, throtle, aileron, elevator, flap, rudder) saat take off maupun landing..

kesimpulan saya : selama konektor dari BEC ke RX masih cukup penampangnya (ukurannya) untuk dilewati arus yang dibutuhkan oleh servo servo, maka RX akan aman aman saja dilewati oleh masing masing arus ke servo..begitukah Om? :gg

salam


berbagi pengalaman

sy pernah punya pesawat serupa, pake servo 5kg, rudder 12kg, jungkir balik hover2 gak pernah brown-out, pake BEC 8A linear burst 15A.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by toto »

Karena saya orang konservatif sebagai jaga2 aja untuk baterai sebagai catu daya saya pasang 2 buah dengan power switch masing2 baru masuk ke powerbox dan untuk power switch saya gunakan yg heavy duty .... Mohon maaf kalau saran saya ini tidak sejalan dengan para suhu perakit pesawat kelas gajah ....



Salam
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by flylow »

toto wrote:Karena saya orang konservatif sebagai jaga2 aja untuk baterai sebagai catu daya saya pasang 2 buah dengan power switch masing2 baru masuk ke powerbox dan untuk power switch saya gunakan yg heavy duty .... Mohon maaf kalau saran saya ini tidak sejalan dengan para suhu perakit pesawat kelas gajah ....



Salam


oom toto
pengalaman saya punya odong2 30cc seingat saya total ada 11 buah, 3 udah saya hibahkan sehabis crash, yg 1 crash hancur banget karena diojekin temen, sisanya masih padad nungging di man cave.
tidak satupun pake powerbox, krn sebelum pake saya udah test semua servo digandulin pemberat atau dipasangin tarik2an supaya stall.
6 servo maximum narik 7 amper.
kemudian juga receiver futaba saya mampu continuous 10amper.
sayangnya test ini saya lakukan udah lama tahun kemarin gak saya dokumentasikan.
mungkin lain kali kalo ada waktu saya lakukan lagi dengan dokumentasi sekalian.
selain itu rekan2 di milis tetangga jauh flying giant dan rc-universe jg rata2 sama.
mereka pake powerbox kalo udah 50cc keatas.

saya juga punya TL-2000 60cc gak pake powerbox karena paling banter manuvernya cuma inverted, gak bisa hover atau harrier.

intinya powerbox adalah menghindari brown-out di receiver,
dimana arus yg sangat besar ditarik sama servo mengakibatkan bus power di receiver turun tegangan dan receiver jadi out of bound alias loss karena kekurangan tegangan.

kemudian bisa dilihat di posting SRAC ada pilot-rc sbach 50cc itu jg gak pake powerbox, pake servo 12kg maximum nyedotnya juga segituan sekitar 7 amper lebih.
bisa dilihat di fotonya itu sbach jungkir balik dll dll.
saya sempet ragu sm sbach itu tapi ternyata sampe hari ini selamat aja terus,
malah sbach ini pake smoke system segala, tapi power supplynya terpisah.

begitu ceritanya pengalaman saya ini

kalo nggak percaya mungkin nanti minggu saya fotoin radio setupnya :cling
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by flylow »

in case ada yg mau bikin power distributor untuk eliminate rx sama servo power,
ini saya bikin basic design, pcbnya pesen sama anak2 mahasiswa unsri,
etching dan sablon manual dimaklum aja kalo penampakannya kurang menggairahkan tapi fungsinya sesuai keinginan,
udah saya pake di 50cc pesawat 3D

Image
Image

2 BEC bisa dipisah masing2 sebelah rx sebelah servo
atau juga bisa spt ini misal BEC bus #1 rx + 2 servo, bus #2 4 servo.

powerbox harganya 3jt

pake ini plus 2 BEC gak sampe 400rb :cling
minimalis realistis
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: 1/3 TWM SUPERCUB SEBULU KALTIM

Post by toto »

Saya percaya kok sama om suhu flylow bahwa bisa aja enggak pakai power box, hal ini cuman suatu pilihan saja makanya ditulisan awal kan saya udah nyatakan saya ambil jurusan konservatif dan hanya mengikuti saja mengapa kok di ciptakan powerbox lepas dari mau dipakai terbang gaya apa .... Jadi itu aja kok dan saya tidak mengatakan menjadi wajib adanya hanya sekedar saran saja ... Disinipun ada juga kok yg enggak pakai powerbox pada pesawat kelas gaban juga enggak apa2 ... Jadi soal pakai atau tidak powerbox hanya suatu pilihan masing2 tentunya ada yg pro's dan con's ... Jadi sekali lagi saya tidak menyatakan wajib hanya saran saja ... Jadi namanya saran mau di pakai boleh enggak di pakai juga enggak apa2 kembali kepada keyakinan masing2 ... Gituh loh om saja saya mohon maaf apabila saran saya ini salah




Salam
Post Reply