iwan21 wrote:iya, maksudnya 0,2 Watt/gr, keburu2 ngetik jadi salah..maap yaa
terimakasih pak pencerahannya


iwan21 wrote:iya, maksudnya 0,2 Watt/gr, keburu2 ngetik jadi salah..maap yaa
iwan21 wrote:bayupbm wrote::thxom iwan & pakde Toto yang sy hormati...
saya kok jadi bingung nih... trakir bikin peswt wing loading 25an gr/dm, saya bandingkan dengan cessna art-tec yg wing loadingnya skitaran 50an gr/dm, kok untuk takeof dan landingnya enakan cessna, motor yg semula saya pasang di PD-51 dngn trust 400gr enak banget buat ngangkat cessna 650gram, dengan landing gearnya saya tambah servo, jadi kemungkinan cesna-nya lebih dari 650gr, iseng lagi, saya tambahin satu servo buat flap, masih juga enak, memang sih takeoffnya skitaran 15 meter, tp kerasa kalemnya, enak di ajak nunggu buka.. yg menjadi pertanyaan, sebenernya peswt yg pling enak tu WLnya gede atau kecil (terlepas dari model peswat).., mohon pencerahan om dan pakde biar tidak terjadi kesalahan belajar kedepanya, klo menurut saya enak tapi enak belum tentu bener kan....
Haha,
kalo kasus kayak gini tentu gak bisa komparasi langsung om
1. apakah pesawat yg om buat airfoilnya sama dg si Cessna artech? karena beda bentuk airfoil tentu akan beda juga lift yg dihasilkan ( walau ada juga pendapat, flat plate airfoil juga gak masalah utk pesawat model). Nah si Cessna artech, dg airfoilnya, pada kecepatan rendah sudah menghasilkan lift walau dg wingloading yg om tulis 50 gr/dm2 ( bener nih ngitungnya?, karena ini sekelas wingloading pesawat engine kelas .40 ci tuh om, sementaar pesawat engine kelas 25 aja rata2 40 gr/dm2 seinget saya )
2. intinya dg wingloading rendah stall speed akan rendah juga, otomatis gak perlu power motor gede, jadi hemat di batere
3. maka itu, patokan umumnya kan utk slow flyer/trainer elektrik wingloading antara 20 sampe 30 gr/dm2 dan 30 sampe 40 gr/dm2 utk kelas sport
4. selian faktor wingloading, juga power loadingnya diperhatikan, 0,2 wtt/gr utk trainer/slow flyer udah lebih dari cukup, sedang utk sport/edf biasa dipake minimal 0,3 watt/gr
begitu om patokan saya selama ini, dan Alhamdulillah semua pesawat saya bisa terbang dg baik dg patokan ini ( gak pernah keberatan body, gak pernah pake motor dan batere yg oversize)
Rojotibo wrote:Klo saya pernah baca di forum bule, dia bilang ngga usah terlalu kwatir soal wingloading, buatlah sayap se-ringan mungkin dengan bahan/kostruksi se-rigid mungkin. begitu kira2. moga2 aja ini ngebantu
christoffel wrote:hmm ... hati2 om ... bule nggak selalu benar ...
Rojotibo wrote:Klo saya pernah baca di forum bule, dia bilang ngga usah terlalu kwatir soal wingloading, buatlah sayap se-ringan mungkin dengan bahan/kostruksi se-rigid mungkin. begitu kira2. moga2 aja ini ngebantu
iwan21 wrote:Kayaknya ada rancu antara wing loading dg " wing loading " yg sibule maksud tuh
yg kita lagi obrolin kan wing loading pesawat
nah yg dimaksud entu bule mungkin "wing loading " beban pada sayap, atau kita sebut umumnya sebagai wing load aja, kalo ini ia tentu aja perlu sayap yg kuat, makanya dia bilang gak perlu terlalu kuatir dg "beban pada sayap" selama kita bisa buat sayap seringan mungkin dan sekaku mungkin
kayaknya gitu deh mapsutnye
maap kalu salah