Page 6 of 7

Re: Wingloading

Posted: 21 Sep 2011, 10:58
by deninabil
iwan21 wrote:iya, maksudnya 0,2 Watt/gr, keburu2 ngetik jadi salah..maap yaa :shy

terimakasih pak pencerahannya :thx :thx

Re: Wingloading

Posted: 21 Sep 2011, 11:27
by bayupbm
iwan21 wrote:
bayupbm wrote::thx :thx om iwan & pakde Toto yang sy hormati...
saya kok jadi bingung nih... trakir bikin peswt wing loading 25an gr/dm, saya bandingkan dengan cessna art-tec yg wing loadingnya skitaran 50an gr/dm, kok untuk takeof dan landingnya enakan cessna, motor yg semula saya pasang di PD-51 dngn trust 400gr enak banget buat ngangkat cessna 650gram, dengan landing gearnya saya tambah servo, jadi kemungkinan cesna-nya lebih dari 650gr, iseng lagi, saya tambahin satu servo buat flap, masih juga enak, memang sih takeoffnya skitaran 15 meter, tp kerasa kalemnya, enak di ajak nunggu buka.. yg menjadi pertanyaan, sebenernya peswt yg pling enak tu WLnya gede atau kecil (terlepas dari model peswat).., mohon pencerahan om dan pakde biar tidak terjadi kesalahan belajar kedepanya, klo menurut saya enak tapi enak belum tentu bener kan....


Haha,
kalo kasus kayak gini tentu gak bisa komparasi langsung om
1. apakah pesawat yg om buat airfoilnya sama dg si Cessna artech? karena beda bentuk airfoil tentu akan beda juga lift yg dihasilkan ( walau ada juga pendapat, flat plate airfoil juga gak masalah utk pesawat model). Nah si Cessna artech, dg airfoilnya, pada kecepatan rendah sudah menghasilkan lift walau dg wingloading yg om tulis 50 gr/dm2 ( bener nih ngitungnya?, karena ini sekelas wingloading pesawat engine kelas .40 ci tuh om, sementaar pesawat engine kelas 25 aja rata2 40 gr/dm2 seinget saya )
2. intinya dg wingloading rendah stall speed akan rendah juga, otomatis gak perlu power motor gede, jadi hemat di batere
3. maka itu, patokan umumnya kan utk slow flyer/trainer elektrik wingloading antara 20 sampe 30 gr/dm2 dan 30 sampe 40 gr/dm2 utk kelas sport
4. selian faktor wingloading, juga power loadingnya diperhatikan, 0,2 wtt/gr utk trainer/slow flyer udah lebih dari cukup, sedang utk sport/edf biasa dipake minimal 0,3 watt/gr
begitu om patokan saya selama ini, dan Alhamdulillah semua pesawat saya bisa terbang dg baik dg patokan ini ( gak pernah keberatan body, gak pernah pake motor dan batere yg oversize)


50gr/dm berdasar spesifikasi penjual di intrnt om... klo hitungan sikitar 38.xxxgr/dm(klo ga salah hitung) :thx ws=980mm lebar=180mm berat=650gr(spesifikasi), saya timbang+batre+LGear+elektronik part = 710gr (timbangan dapur)..,

Re: Wingloading

Posted: 21 Sep 2011, 21:09
by Rojotibo
Klo saya pernah baca di forum bule, dia bilang ngga usah terlalu kwatir soal wingloading, buatlah sayap se-ringan mungkin dengan bahan/kostruksi se-rigid mungkin. begitu kira2. moga2 aja ini ngebantu :pis

Re: Wingloading

Posted: 21 Sep 2011, 22:38
by christoffel
hmm ... hati2 om ... bule nggak selalu benar ...

Re: Wingloading

Posted: 21 Sep 2011, 23:43
by ariebudi
Rojotibo wrote:Klo saya pernah baca di forum bule, dia bilang ngga usah terlalu kwatir soal wingloading, buatlah sayap se-ringan mungkin dengan bahan/kostruksi se-rigid mungkin. begitu kira2. moga2 aja ini ngebantu :pis


:tlt :tlt :tlt ini yang susah...butuh material yang bagus...dan biasanya agak mahal... :pyg :pyg :pyg



christoffel wrote:hmm ... hati2 om ... bule nggak selalu benar ...

:ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3

Re: Wingloading

Posted: 22 Sep 2011, 15:33
by toto
Rojotibo wrote:Klo saya pernah baca di forum bule, dia bilang ngga usah terlalu kwatir soal wingloading, buatlah sayap se-ringan mungkin dengan bahan/kostruksi se-rigid mungkin. begitu kira2. moga2 aja ini ngebantu :pis


wah menarik juga ya nih penjelasan sang bule ............... kira2 apa ya yang dimaksud seperti yang saya bold dan garis bawahi di atas ................ pengen turut menyimak nih

salam

Re: Wingloading

Posted: 22 Sep 2011, 15:53
by iwan21
Kayaknya ada rancu antara wing loading dg " wing loading " yg sibule maksud tuh
yg kita lagi obrolin kan wing loading pesawat
nah yg dimaksud entu bule mungkin "wing loading " beban pada sayap, atau kita sebut umumnya sebagai wing load aja, kalo ini ia tentu aja perlu sayap yg kuat, makanya dia bilang gak perlu terlalu kuatir dg "beban pada sayap" selama kita bisa buat sayap seringan mungkin dan sekaku mungkin

kayaknya gitu deh mapsutnye

maap kalu salah

Re: Wingloading

Posted: 22 Sep 2011, 16:30
by toto
Terima kasih wak suhu iwan21 atas pencerahannya .......... semoga kerancuan istilah ini bisa terpecahkan ............ :ok

salam

Re: Wingloading

Posted: 22 Sep 2011, 19:57
by Rojotibo
iwan21 wrote:Kayaknya ada rancu antara wing loading dg " wing loading " yg sibule maksud tuh
yg kita lagi obrolin kan wing loading pesawat
nah yg dimaksud entu bule mungkin "wing loading " beban pada sayap, atau kita sebut umumnya sebagai wing load aja, kalo ini ia tentu aja perlu sayap yg kuat, makanya dia bilang gak perlu terlalu kuatir dg "beban pada sayap" selama kita bisa buat sayap seringan mungkin dan sekaku mungkin

kayaknya gitu deh mapsutnye

maap kalu salah


Kayanya bener maksudnya pak iwan21

Re: Wingloading

Posted: 22 Sep 2011, 22:59
by christoffel
mau nambahin dikit biar nggak rancu.
wing loading sama sekali bukan syarat untuk sebuah pesawat bisa terbang.
wing loading digunakan untuk memperkirakan stall speed pesawat, inipun hanya kira2 karena tidak memperhitungkan parameter lain nya seperti aspect ratio, airfoil, dll
pesawat yg di design untuk slow fly tentu seyogyanya kecil wing loadingnya, kalau besar ya nggak bisa slow lagi dong.
pesawat yg di design buat ngebut, seyogyanya akan besar wing loading nya, karena kalau kecil berarti wing area nya besar dan ini artinya drag juga besar.

sebagai contoh, coba hitung berapa wing loading quadcopter ? pasti akan besar ....
lalu kenapa bisa terbang pelan sekali atau malah berhenti (hover) ?
==> jangan lupa, prop yg berfungsi sebagai sayap kan sudah berputar dg kecepatan cukup tinggi ...

jadi meski wing loading nya besar (artinya stall speed nya tinggi), bisa saja pesawat nya terbang enak ...