Page 6 of 6

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 20 Jan 2012, 19:32
by Budiman
Menjawab pertanyaan Pak budi.santoso...
definisi "stabil" yang saya maksudkan pada sebuah heli dan menurut bahasa saya sendiri adalah karakter heli yang konsisten dengan sendirinya selama bergerak pada sebuah manuver aerobatic dengan frekwensi koreksi input kontrol se-minimal mungkin ,meskipun dalam kondisi diganggu oleh faktor cuaca seperti angin

Jadi "stabil" menurut saya, tentu tidak bisa disamakan dengan "stabil" yang Pak budi maksudkan..ini disebabkan oleh Pak budi menghadapi heli dengan disiplin jalur yang berbeda dengan heli yang saya miliki saat ini..ato bisa dikatakan singkatnya berbeda aplikasi..dan karena perbedaan aplikasi tersebut, maka pendapat saya dengan Anda , ya jelas tidak akan perna ketemu ...

Sekarang begini saja,Pak....pendapat saya soal "stabil" ini akan saya hentikan sampai di sini saja deh, karena ada beberapa keterbatasan saya secara pribadi dalam mengemukakan apa yang ada pada benak saya melalui tulisan, daripada saya makin keluar jalur ...silahkan mengamati link di bawah ini...

http://www.helifreak.com/showthread.php?t=102496


silahkan Pak budi mengambil kesimpulan sendiri setelah itu... :pis

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 20 Jan 2012, 20:59
by mamatpirlo
jstnt wrote:@mamatpirlo; cuma berbagi om, untuk setting engine sebaiknya governor off dulu om, kalau setting engine saya biasanya membiarkan medium pada settingan standar dulu, yang pertama kali dimainkan high neddlenya om, ketika throtle up coba heli diterbangkan fast forward full throtle, jika rpm stabil dan asap yang keluar stabil bisa dikatakan setting high neddle sudah 80 persen.

Lalu pada heli 3d, manuver 3d lebih memerlukan torsi pada medium throtle, setelah high nedle ok, coba heli diterbangkan 3d, tic toc terutama, jika tenaga kurang mainkan medium nedle, jika tic toc sudah ok dicek engine, jika engine panas yang dibuka itu high nedle sampai suhu engine ok om. setelah semua ok barulah governor diaktifkan.

Untuk engine heli perlu diingat bahwa engine heli kelas 50 atau 55 pada engine os, sewaktu rpm engine mencapai 18000-18500 itu disaat engine memberikan torsi terbesar, jadi rpm head heli sebisa mungkin disesuaikan kemampuan engine supaya nggak overspeed om

Cuma berusaha membantu om


wahhh....inilah jawaban yg saya tunggu-tunggu pak jonhson... :mwr :mwr
sampai2 saya download video tentang cara setting engin, tapi karena baru di dunia engin jadi kurang begitu paham pak...hehehe :pyg
ok besok pagi saya setting engin navarosinya lagi pak.
terima kasih pak....hehehe

@pak budiman: pak tolong dong sharing ilmunya tetang trotelMix pada TX pak. :thx :thx
sapa tau bisa dicoba2 ma temen2 yg laen pak.... :ok

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 20 Jan 2012, 21:04
by jstnt
hmmm setelah dibaca thread dr pak budiman, saya jadi lebih jelas, disana dijelaskan tentang rotor head system dan pengaruhnya terhadap input yang diberikan. Heli f3c/fAI mixing ratio kalau disimpulkan respon servo memiliki resolusi lebih tinggi. Untuk heli 3d jika mau lebih presisi disarankan penggunaan servo horn lebih kecil yang berpengaruh pada full travel. Misalkan pada velo 50 jika panjang servo standart diperoleh cyclic 10, jika digunakan servo horn pendek maka full travel servo bisa diperoleh cyclic lebih rendah tapi resolusi gerakan cyclic lebih smooth.

Menurut saya setelah baca, heli f3c/FAI lebih mengutamakan resolusi tinggi yang berkaitan dengan smoothnya gerakan heli, sedangkan heli 3D mengutamakan responsifnya heli dengan cyclic dan pitch besar tapi mengorbankan resolusi heli sehingga gerakan menjadi terkesan kasar.

Maaf kalau saya kurang setuju dengan om Budiman soal stabilitas heli, ada yang didesain stabil dan ada yang sengaja tidak stabil. Yang saya tangkap dr bahasan diatas kembali pada settingan heli saja om. jadi heli bisa disetting lebih kalem ataupun responsif tergantung dari si empunya heli. Salut dengan Blitz Avro, heli 3D tp menjadi juara F3C di UK.

@mamatpirlo, kalo pake governor jangan pake throtle mix ya pak, bisa mabok ntar helinya pak :mwr :mwr

Mohon maaf kalo salah

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 20 Jan 2012, 21:24
by mamatpirlo
jstnt wrote:Menurut saya setelah baca, heli f3c/FAI lebih mengutamakan resolusi tinggi yang berkaitan dengan smoothnya gerakan heli, sedangkan heli 3D mengutamakan responsifnya heli dengan cyclic dan pitch besar tapi mengorbankan resolusi heli sehingga gerakan menjadi terkesan kasar.

Maaf kalau saya kurang setuju dengan om Budiman soal stabilitas heli, ada yang didesain stabil dan ada yang sengaja tidak stabil. Yang saya tangkap dr bahasan diatas kembali pada settingan heli saja om. jadi heli bisa disetting lebih kalem ataupun responsif tergantung dari si empunya heli. Salut dengan Blitz Avro, heli 3D tp menjadi juara F3C di UK.

@mamatpirlo, kalo pake governor jangan pake throtle mix ya pak, bisa mabok ntar helinya pak :mwr :mwr

Mohon maaf kalo salah


ooo...berarti memang cuma salah satu aj ya pak hehehe, governor aj ato pake trotelMix klo tanpa governor :shy :shy
saya juga sependapat dengan bapak yg satu ini, jadi memang heli bisa disetting lebih kalem ataupun responsif tergantung dari si empunya heli pak.
seperti trex600EFL saya klo dipegang ma mas jarot dengan cycle degre 12 wat dia heli wuenak banget bahkan bisa diside Tic-Tok ampe 30cm dari aspal lawong dia satu aliran ma si tareh :hah .
tapi klo giliran saya yg pegang.....weleh-weleh....ni heli kayak setan aj....responsif banget....
sampe2 tangan gemeteran aj..... :kgt
kalo saya lebih suka yg setelan kalem aj pak, heli jd lebih enak gerakanya tidak terlalu cepat ama penyebab utamanya soalnya jempolnya masih lemot pak :ha3 :ha3 :ha3 .

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 20 Jan 2012, 22:56
by andreansyah
mamatpirlo wrote:
jstnt wrote:Menurut saya setelah baca, heli f3c/FAI lebih mengutamakan resolusi tinggi yang berkaitan dengan smoothnya gerakan heli, sedangkan heli 3D mengutamakan responsifnya heli dengan cyclic dan pitch besar tapi mengorbankan resolusi heli sehingga gerakan menjadi terkesan kasar.

Maaf kalau saya kurang setuju dengan om Budiman soal stabilitas heli, ada yang didesain stabil dan ada yang sengaja tidak stabil. Yang saya tangkap dr bahasan diatas kembali pada settingan heli saja om. jadi heli bisa disetting lebih kalem ataupun responsif tergantung dari si empunya heli. Salut dengan Blitz Avro, heli 3D tp menjadi juara F3C di UK.

@mamatpirlo, kalo pake governor jangan pake throtle mix ya pak, bisa mabok ntar helinya pak :mwr :mwr

Mohon maaf kalo salah


ooo...berarti memang cuma salah satu aj ya pak hehehe, governor aj ato pake trotelMix klo tanpa governor :shy :shy
saya juga sependapat dengan bapak yg satu ini, jadi memang heli bisa disetting lebih kalem ataupun responsif tergantung dari si empunya heli pak.
seperti trex600EFL saya klo dipegang ma mas jarot dengan cycle degre 12 wat dia heli wuenak banget bahkan bisa diside Tic-Tok ampe 30cm dari aspal lawong dia satu aliran ma si tareh :hah .
tapi klo giliran saya yg pegang.....weleh-weleh....ni heli kayak setan aj....responsif banget....
sampe2 tangan gemeteran aj..... :kgt
kalo saya lebih suka yg setelan kalem aj pak, heli jd lebih enak gerakanya tidak terlalu cepat ama penyebab utamanya soalnya jempolnya masih lemot pak :ha3 :ha3 :ha3 .


aduh juragan satu ini kalo pake governoor ya ga throtlle mix kecuali ga pake governoor tapi camat :wek ,ngemeng2 velo kenapa lg mas anto blum rampung juga yaaaaak

Re: Bagaimanakah cara menentukan swash degree?

Posted: 21 Jan 2012, 06:34
by Budiman
jstnt wrote:hmmm setelah dibaca thread dr pak budiman, saya jadi lebih jelas, disana dijelaskan tentang rotor head system dan pengaruhnya terhadap input yang diberikan. Heli f3c/fAI mixing ratio kalau disimpulkan respon servo memiliki resolusi lebih tinggi. Untuk heli 3d jika mau lebih presisi disarankan penggunaan servo horn lebih kecil yang berpengaruh pada full travel. Misalkan pada velo 50 jika panjang servo standart diperoleh cyclic 10, jika digunakan servo horn pendek maka full travel servo bisa diperoleh cyclic lebih rendah tapi resolusi gerakan cyclic lebih smooth.

Menurut saya setelah baca, heli f3c/FAI lebih mengutamakan resolusi tinggi yang berkaitan dengan smoothnya gerakan heli, sedangkan heli 3D mengutamakan responsifnya heli dengan cyclic dan pitch besar tapi mengorbankan resolusi heli sehingga gerakan menjadi terkesan kasar.

Maaf kalau saya kurang setuju dengan om Budiman soal stabilitas heli, ada yang didesain stabil dan ada yang sengaja tidak stabil. Yang saya tangkap dr bahasan diatas kembali pada settingan heli saja om. jadi heli bisa disetting lebih kalem ataupun responsif tergantung dari si empunya heli. Salut dengan Blitz Avro, heli 3D tp menjadi juara F3C di UK.

@mamatpirlo, kalo pake governor jangan pake throtle mix ya pak, bisa mabok ntar helinya pak :mwr :mwr

Mohon maaf kalo salah


Tidak ada masalah buat saya,Pak Johnson...memang disinilah letak perbedaan pendapat soal "stabilitas" dipandang dari 2 sisi...yaitu F3C dan 3D....Karena yang saya ungkapkan sebelumnya adalah pada heli yang menggunakan rotor head assy yang benar2 murni 3D atopun murni F3C, yang masing2 tidak memiliki fasilitas untuk melakukan perubahan karakter agar heli dapat diterbangkan dengan 2 gaya...Blitz Avro 90, merupakan salah satu contoh design heli yang dapat diubah karakternya, dengan adanya option setting pada Rotor Head Assy..jadi sebenarnya tidak bisa dimasukkan dengan apa yang saya bahas sebelumnya, ...



Sama saja jika dalam 3D...misalkan Anda menggunakan heli 450...kemudian menggunakan T-Rex 600 ..atopun menggunakan T-Rex 700...dari ketiga heli tersebut Anda dapat menentukan mana yang benar2 "stabil" untuk aplikasi 3D...

Tapi akan berbeda jika Anda menggunakan T-Rex700 Nitro(pure 3D design) untuk aplikasi F3C ..lalu Anda coba T-Rex 700 eF3C (dengan setting F3C) untuk aplikasi yang sama...Mungkin,suatu saat nanti Anda akan paham dengan pendapat saya mengenai "stabilitas" yang saya maksudkan...karena dari sudut pandang saya pribadi , heli 3D tetaplah ber-design untuk "nimble"...dengan "nimble" inilah diperoleh sebuah agility...

Link yang saya sebutkan , jika Anda jeli melihatnya dari berbagai aspek, sebenarnya bukan hanya soal heli hendak diubah smooth atopun tidak, dari sudut pandang saya..justru saya memperoleh alasan kenapa heli 3D berkarakter "nimble" dan kenapa heli F3C tidak "nimble"...Modifikasi T-Rex 600 yg disebutkan dalam link tersebut, karena saya sudah coba sendiri beberapa item nya sih...tidak memberikan perubahan yang significant...untuk hover..iya sedikit lebih "forgiving", namun tidak saat heli kita gerakkan untuk Fast Forward Flight secara "in line"...tetap susah, terlalu banyak koreksi setelah "banking" dan tidak selaju serta selurus terbangnya Sceadu Evo 50 yang saya punya, apalagi untuk manuver Rolling in line(axial-rolls), heli sering melorot secara gradual saat Rolling ...karena design awal dari pabrik untuk T-Rex 600(punya saya seri "Nitro Pro) tetaplah untuk 3D...dan ini susah untuk diubah...ini yang tidak saya sadari sebelumnya..


@ Mas Anto (mamatpirlo)
Silahkan dibaca lagi pada posting saya di "RC electronic : Cyclic-Throttle Mixing pada helikopter"...jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan diungkapkan di sana..akan saya monitor ..seperti biasa... :thx

Sekali lagi..saya akan berhenti di sini dulu deh,mengenai "stabilitas"... :thx