iwan21 wrote:utk sayap putar, bukannya wing area = dish area om?, bukan blade area ?
kalo pake blade area iya pasti kecil dan wingloading gede banget, tapi kalo pake dish area kan jadi kecil wing loadingnya ?
mohon pencerahannya
sebenarnya tetap pake blade area om, karena bladenya kan yg berfungsi sebagai wing. cuman karena sudah berputar, jadi sudah punya kecepatan, meskipun pesawatnya masih diam.
setelah putaran mencapai rpm tertentu, stall speed nya sudah terlampaui, barulah dianggap sebagai disc, jadi bisa pake disc area. kalau pada gyroplane, ini sekitar 1000rpm (tergantung juga dg blade nya). perhitungan dg disc area ini cuman untuk memudahkan saja, karena pada gyroplane kan rotornya tidak pake power sendiri (seperti glider tanpa motor). ==> tidak bisa diterapkan pada multi copter karena bladenya berputar dengan power sendiri ...
sederhananya begini : gyroplane kan juga punya stall speed yg tidak nol. kalau terbang dibawah stall speed, ya bisa jatuh ... sedangkan multicopter bisa hover saja (speed pesawat = nol) karena airspeed pada sayap nya (blade) sudah diatas stall speed.
ini sebabnya multicopter cenderung pake pitch kecil, diameter besar, blade lebar atau malah 3-blade.
di sini pitch prop jadi seperti AoA pada sayap.
kalau pada gyro plane, pitch blade nya lebih di tujukan untuk menyerap airspeed menjadi putaran blade, bukan untuk sudut serang (AoA), jadi
boleh dianggap AoA nya nol. (blade tidak meniupkan angin ke bawah, ini terjadi karena blade tidak pake power dari motor).
mudah2an bisa diterima ... dan bolanya bisa masuk gawang, (mumpung kipernya lagi makan siang ...)
